5 Investasi Wajib Untuk Pro – Blogger

5 investasi untuk calon pro blogger

Jadi blogger enak yah bisa kemana – mana gratis, dibayar pula!

Kalau ada yang bilang begitu, saya bakal senyam – senyum aja. Soalnya apa yang mereka lihat enak, kenyatannya semua yang saya dan teman – teman blogger lainnya dapat sekarang nggak dateng gitu aja. Ada proses bahkan sampai berdarah – darah di belakangnya. Bersyukurnya, nggak sampai 6 bulan aktif ngeblog, eh blog saya yang waktu itu masih ada embel – embel dot wordpress dot com sudah dilirik dan diajak kerjasama sebuah perusahaan telco. Alhamdulillah.

Dulu sih buat saya ngeblog itu yang penting nulis. Mau ada yang baca atau nggak ya nggak peduli. Yang penting udah ngeluapin perasaan atau nyebar informasi yang menurut saya penting buat orang lain. Nggak kepikiran deh yang namanya Google Analytic, Alexa Rank (yang sekarang for free-nya udah nggak update lagi hiks), DA / PA sampai engagement social media dan SEO. Pokoknya 2 tahunan lalu, ngeblog itu ya nulis. Titik.

Sampai akhirnya setahun belakangan ini saya melihat perkembangan blogger yang pesat banget. Mulai dari seleblog yang punya foto – foto kece dan berubah jadi selebgram, sampai ada yang rela beli kamera mahal dan jadi vlogger berpengaruh di Youtube. Sejujurnya, saya pengen banget bisa sekeren mereka. Dengan segala usaha saya lakukan pelan – pelan, supaya bisa menikmati setiap proses dan hasilnya. Percaya atau nggak, kalau saya tetep kekeuh bertahan dengan style saya yang gitu – gitu aja, lama kelamaan saya bakalan kalah saing dengan blogger – blogger baru yang serba total.

5 investasi untuk calon pro blogger

Salah satu resolusi saya yang sejak tahun 2016 lalu pengen saya wujudkan itu, pengen jadi pro-blogger yang memang konsisten dan selalu total sama apa yang saya lakukan. Saya sadar, untuk mencapai dititik itu emang nggak segampang asal nulis. Ada effort dan investasi yang emang nggak murah. Tapi, demi totalitas, saya berinvestasi pada 5 hal yang menurut saya teman – teman blogger lainnya juga perlu investasi hal ini supaya bisa jadi pro – blogger yang bisa tetep eksis diantara ribuan blogger baru yang hadir tiap tahunnya.

*****

Hardware

PC, laptop, tablet bahkan ponsel jadi investasi penting buat blogger loh. Makanya tahun lalu saya sampai jual hp samsung android murah dan upgrade ke hp android seri terbaru. Saya rela nabung berbulan – bulan demi punya ponsel yang kameranya jernih. Minimal upload foto di instagram nggak ngeblur lah. Masa iya blogger ngeshare foto yang gambarnya ngeblur. Huft. Kalau sekarang sih saya cukup puas dengan ponsel iOs saya. Performa dan hasil foto plus videonya lumayan bikin hepi karena jernih.

5 investasi untuk calon pro blogger

Sayangnya, laptop saya masih yang lama. Belum upgrade karena belum ada uangnya hahahah. Laptop yang mumpuni juga jadi investasi supaya bisa diinstal aplikasi – aplikasi penunjang kegiatan ngeblog kayak Adobe Photoshop sampai Filmora dan Adobe Premiere yang saya pakai untuk edit video make up tutorial saya.

Baca: One Brand Make Up Tutorial Silkygirl X Hermo Indonesia

Selain itu, kamera juga jadi investasi paling penting. Salah pilih kamera, bisa – bisa hasil foto nggak oke dan nggak ada yang mau baca postingan blog kita atau sekedar like di Instagram. Pertama kali ngeblog, saya ngandelin kamera saku yang saya beli untuk keperluan fotografi di kampus. Masih inget banget harganya cuma Rp 1.1 juta dan belinya di Pasar Baru. Tapi lama kelamaan saya mulai nggak puas dengan hasil fotonya. Terus akhirnya nabung dan beli dslr yang sekarang saya punya.

Emang sih sekarang banyak banget ponsel yang kameranya udah persis mirip sama mirrorless atau dslr. Cuma ya tetep aja, menurut saya berinvestasi kamera bakalan banyak manfaatnya. Kebayang nggak sih berapa harga kamera untuk blogger sekelas Andra Alodita ataupun Clara ‘lucedale’? Duh kamera mereka tuh impian banget!

Software Editing

Ngedit foto dan video kurang oke kalau pakai software editing bawaan laptop atau ponsel. That’s why saya investasi beberapa software seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Photoscape dan Filmora untuk editing video. Semuanya yang asli nggak pakai crack alias bajakan. Lumayan pricey sih, tapi kan demi jadi blogger professional menurut saya semuanya bakalan paid off kok. Bahkan di ponsel saya juga instal VSCO yang pro alias berbayar supaya bisa unlock semua filternya. Jadi untuk yang nanya saya pakai software editing apa untuk blog dan media sosial sudah terjawab yah!

5 investasi untuk calon pro blogger
VSCO Cam

Accessories

Ring light, LED light, background, tripod, monopod, gorillapod dan masih banyak lagi aksesoris yang jadi investasi wajib untuk yang mau serius ngeblog. Saya memang belum punya ring light dan LED light, itu kenapa saya selalu syuting vlog pas siang – siang atau di luar ruangan supaya cahayanya bagus. Kalau di dalem kamar, hasilnya pasti jelek parah 🙁

Untuk tripod saya beneran investasi yang beneran bagus. Beli di e-commerce dengan harga 200an ribu hasilnya bagus. Hasil foto dan video nggak goyang karena emang kuat banget kaki – kakinya. Wish list saya tahun ini beli gorillapod dan ring light. Semoga segera tercapai. Aamiin!

Content

Selain barang, salah satu investasi terbaik untuk yang niat ngeblog sih emang konten – konten viral yang bermanfaat. Saya pernah dapat ilmu dari Shintaries, kalau kita minimal punya 2 atau lebih konten viral yang bermanfaat setiap bulannya, pasti traffic ke blog bakalan stabil. Kalau traffic sudah stabil, percayalah kalau tawaran kerjasama bakalan datang terus menerus kayak air terjun. Jadi, yuk buruan nulis jangan ditunda – tunda siapa tahu postingan yang kita buat bisa viral dan bikin traffic blog stabil.

Attitude

Percayalah, sebagus apapun hardware dan software yang dipunyai seorang blogger nggak akan bikin orang – orang aware kalau attitudenya nol. Makanya saya super benci sama blogger yang bisanya cuma duplicate content terus diubah sedikit lalu posting diblog. Dan bahkan konten duplicatenya itu buat sponsored post pula. Ewh, so disgusting! Sorry, tapi tindakan kalian itu nggak lebih dari koruptor yang mengambil hak orang lain.

5 investasi untuk calon pro blogger

Beberapa bulan juga lagi heboh sama blogger valak alias blogger yang nggak diundang atau namanya nggak ada dalam list peserta eh tiba – tiba nongol di acara dan dapat doorprize pula! Wuih canggih ya? Tapi sejujurnya, nama si Blogger Valak ini udah jelek banget diantara blogger lainnya. Plis atuh lah, nggak usah maksain untuk datang ke suatu acara kalau nggak diundang. Pernah lho dia diusir dari sebuah event karena maksa masuk padahal nggak ada namanya. Gila, nekat banget sih?

Intinya, kelima investasi tersebut wajib banget dimiliki sama kalian – kalian (termasuk saya) yang mau jadi pro – blogger. Emang sih, ngeblog itu sekarang jadi pekerjaan, tapi tetep utamain professionalisme diatas segalanya. Jadi kalau masih ada yang nanya, jadi blogger enak apa enggak, karena saya enjoy menjalaninya saya bakalan selalu bilang enak. Nggak pernah ngerasa terbebani karena yang namanya investasi itu hasilnya selalu sepadan sama perjuangannya.

Percaya deh, apa yang kita usahakan pasti akan sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Jadi, investasi apa saja yang sudah kamu miliki, guys? See you on my next post!

putrikpm-footer

Baca Juga:

41 Comments

  1. Nhaaaaa ini nih aku baru mau upgrade RAM biar makin lancar buat cari data. Pas cari data kan biasanya buka tab buwanyak banget. Tiba-tiba lemot dan crash kalau RAMnya pas-pasan #sedih

    Btw, ada ya ternyata blogger valak!? Ampun… Demi eksis aja segitunya sis .-.

  2. Wawawaw postingan yang begini ni yang cocok banget buat aku yang masih merangkak. Tapi memang ya dunia blogging ini menarik banget, walau banyak cerita2nya tanda kutip ah aku malah makin betah nih ngeblog… makasih sharingnya Put

  3. mbak putri tulisannya selalu inpiratif, saya juga termasuk ngeblog krn hobby aja sebenarnya ngak niat eksis banget, tapi banyak blogger keren yang inspiratif saya jadi membangun blog saya biar lebih kece. bener saya juga setuju, bahwa terlepas dari seberapa keren blog kita kalau ngak ada attitude, hasilnya nol besar juga 😉

  4. Makasi sharingnya mba Putri, aku masih belajar semoga ntar sekeren mba.
    Btw itu Valak baru tau aku mba ckckck..keknya Valak gini tuh tebal muka, kepotong urat malu yak hahaha…
    dan sepakat mba mau blognya keren attitude minus Say Goodbye aja lah :/

  5. Salam kenal mbak
    Aku lagi belajar ni jd pro blogger pengenya terjun full tp msh harus bagi waktu ama ngajar sambil nabung2 buat beli hape baru yg menunjang proses ngeblog termasuk utk live tweet foto2 n bikin video

  6. Huhuhuu, aku laptop masih nebeng suami, kamera juga masih pake hengpong xD

    Semangat nabung ya Put, sembari terus memperbaiki konten ;).
    Thank you for sharing *kiss

  7. Masih belajar dan terus belajar nih Ka, teruslah menulis agar terbiasa ya harusnya. Nah ini belum bisa fokus masalahnya jadi ya gitu deh 🙁

    Anyway postingannya bermanfaat banget nih buat saya yang baru belajar ngeblog hehe. Jadilah blogger yang ngehits, dan berattitude baik…gitu ya! Thanks ya 🙂

  8. Setuju dengan semua poinnya! Emang untuk jadi pro butuh effort lebih. Setahun ini kerasa banget. Padahal dulu bertahun-tahun ngeblog kemana aja ya hihi. Kalau aku lg ikhtiar beli kamera biar bisa vlog hehe

  9. Modal utamaku buat jadi blogger pro, baru ada ada laptop, attitude sama content aja..hihi
    kamera, sementara ini masih mengandalkan hape
    semoga kebeli semua perangkat yang dibutuhkan bloger pro

  10. Cita-cita menuju pro pinginnya ganti laptop kalo aku siy. Udah ngga mendukung banget yang ada sekarang. Nabung dululah secara harganya mayan mahal. Hehehe. Dan konten kreatif itu peer seumur hidup kali, yah.

  11. Waaa ada blogger ajaib bgitu Mba Put? Baru tauuu.. Terus aku jadi kepo.. 😀 Mau jd blogger pro emang butuh pengorbanan ya mba. Tapi pasti puas kalo hasilnya bagus. Blogmu kece mba Put.. 😀 Aku pingin jg nih upgrade laptop jadulku. Skrg lbh suka d pc kantor yg lebih oke. Jadi ngeblog lbh puas pas abis jam kantor beres.. muahaha 😀

  12. Tfs puutt. Aku nih skrg jd jarang ngeblog krn sok sibuk sm bayi. Pdhl bs sih klo bayi tdr emak nulism tp emak malah ngikut tedoorr.. duh blogger valak ituh nyebelin. Ada jg blogger ambil produk display, blogger bungkusin makanan, blogger haha higi sm kelompoknya.. aahh banyakk. Intinya? Attitude ituh penting syekalii..

  13. Salut dgn semangatnya untuk menjadi pro blogger. Semangatnya telah diwujudkan dgn beberapa investasi yg dilakukan.
    Sukses dgn proyek pro blogger-nya…

    Salam dari saya di sukabumi,

  14. setuju banget klo attitude emang paling penting.. setidak nya itu yg membuat para blogger mmenjadi lebih profesional dan mempunyai nilai tinggi… saya suka sama tulisannya mba putri selalu memberikan inspirasi 🙂

  15. Quote pertama itu sempat terlintas juga di aku. hehehhe. Dulu sering lihat blogger enak banget dapat produk ini itu, jalan kesana kemari. Eh ternyata setelah nyemplung dan niat jadi blogger pro, emang harus punya modal dan bener Put, attitude penting juga. Thank you for sharing Put, semoga aku bisa juga kayak kamu ya jadi blogger profesional 😀

  16. Halo kak Putri salam kenal 🙂

    Aku suka banget sama postingan ini apalagi point “Percaya atau nggak, kalau saya tetep kekeuh bertahan dengan style saya yang gitu – gitu aja, lama kelamaan saya bakalan kalah saing dengan blogger – blogger baru yang serba total”

    Aku pun sekarang udah mulai invest dari laptop yang prosesornya tinggi (supaya bisa multitasking), next sih lagi nabung buat beli kamera… Dulu puas cuma pake kamera HP, tapi kepengen juga hasil fotonya jernih kayak selebgram :p

    Thanksss buat postingannya yang jadi motivasi aku kak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *