Adaro Grup Gelar Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim

“Kalau mau bikin acara ramadhan, saya mikirin. Mikirin gimana kalau saya jadi mereka.” – Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy.

Beberapa hari lalu tepatnya hari Senin, 22 Juni 2015, aku mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam acara Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim yang diadakan oleh Adaro Energy. Acara yang diselenggarakan di Hall A GOR Soemantri Brojonegoro ini dimulai dari jam 5 sore. Sayangnya aku sempat kejebak macet, perjalanan Warung Buncit – Kuningan yang biasanya cuma 45menit sore itu sampai 70 menit! Aku hampir hopeless, padahal sudah naik ojek tapi tetap kejebak. Sampai di Pasar Festival sudah jam 6 kurang, akhirnya dengan setengah berlari langsung menuju ke Hall A yang letaknya ada di lantai 2.

Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim Grup Adaro 2015
Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim
Grup Adaro 2015

Acara yang diisi dengan kegiatan menarik dan edukatif ini ternyata memang spesial bagi 1000 anak yatim yang menjadi tamu spesial pada acara tersebut. Acara “bukber” (Buka Bersama) ini sudah menjadi yang ke-5 (lima) kalinya diadakan oleh Adaro grup. Dan keseluruh acara adalah berkat ide dan hasil diskusi tim panitia dengan bapak Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa bapak Boy Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy. Satu hal yang membuatku salut adalah dengan jabatan yang beliau pegang, beliau masih mau berbagi dan masih ingat kepada mereka yang membutuhkan. Terbukti saat acara Buka Bersama 1000 Anak Yatim yang aku ikuti kali ini, mulai dari tema, menu makanan sampai agenda acara seolah dikhususkan bagi para anak – anak tersebut.

1... 2... 3... Cheers!
1… 2… 3… Cheers!

Acara dimulai dengan pembacaan Qur’an, dilanjutkan dengan ceramah yang kocak namun bermanfaat oleh Ustadz Cepot. Selesai shalat maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama. Seperti yang sudah aku ceritakan di awal, untuk menu buka puasanya pun disesuaikan dengan selera anak – anak. Seporsi chesse burger lengkap dengan kentang goreng dan ayam goreng tepung plus minuman jus buah kesukaan anak – anak dibagikan ke seluruh peserta bukber. Keriuhan malam itu makin larut saat Adaro Band menemani kami sambil membawakan beberapa lagu. Aku dan beberapa teman blogger sempat ikut – ikutan nyanyi lho hahaha. Setelah makan malam, Pak Boy Thohir sempat memberikan speech.

 Bapak Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy

Bapak Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy

“Saya terharu hari ini.” Tak banyak kata yang diungkapkan oleh Pak Boy Thohir. Beliau hanya meminta doa untuk kesembuhan ayah beliau yang sedang sakit. Nggak lama setelah Pak Boy Thohir menutup sambutannya, 2 orang MC langsung mengumumkan ada acara seru yang ditunggu anak – anak. Sesuai dengan tema acara kali ini yaitu SuperHero, penampilan terakhir malam itu adalah teater musikal yang diperankan oleh Iron Man, Captain America, Hulk, Joker, Batman serta Si Pitung yang khusus dihadirkan untuk merayakan ulang tahun Jakarta. Selama kabaret ini berlangsung, para adik – adik dari berbagai panti asuhan ini menontonnya dengan serius. Sesekali mereka tertawa dan teriak saat para superhero beraksi. Acara malam itu berakhir dengan pembagian santunan dan perlengkapan sekolah bagi para anak yatim. Senyum dan tawa dari para anak yatim ini membekas buatku, semoga kalian selalu bahagia ya, Dek!

Kabaret SuperHero
Kabaret SuperHero
Para karyawan Adaro plus Iron Man :3
Para karyawan Adaro plus Iron Man :3

“Waktu bukan segala – galanya. Tapi nama baik dan reputasi itu yang utama.” – Garibaldi Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy

Setelah selesai semua acara, para blogger berkesempatan ngobrol bareng dengan kakak dari pengusaha terkenal Erick Thohir. Para blogger (yang mayoritas adalah perempuan) antusias mendengarkan cerita dan kesan dari Pak Boy Thohir tentang acara hari itu. Awalnya beliau sudah menyiapkan kata sambutan yang ditulis di sebuah kertas. Namun sebelum maju untuk memberikan sambutan, Pak Boy Thohir sempat ngobrol dengan dua orang anak laki – laki. Anak laki – laki itu sedang asyik memakan chesse burger-nya namun membungkus rapih ayam dan kentang gorengnya. Saat ditanya, anak tersebut berkata dengan polosnya bahwa ayam dan kentang gorengnya akan diberikan untuk ibunya di rumah. Mendengar pengakuan sang anak, bapak Boy Thohir langsung terenyuh dan kehilangan kata – kata, itu mengapa pada saat memberikan speech beliau hanya berbicara kurang lebih 5 menit. Beliau mengaku kehabisan kata – kata setelah mendengar jawaban anak tersebut.

Ngobrol santai bareng blogger
Ngobrol santai bareng blogger

Ngobrol santai sehabis acara buka bersama ini terasa istimewa. Sambil diselingi dengan candaan yang ringan, Pak Boy Thohir memberikan tips suksesnya kepada para blogger. Berikut aku berikan tips – tips sukses dari beliau yang aku kutip dari quote – quote yang beliau ucapkan selama ngobrol santai bersama blogger.

“Karena ini (blogger) mayoritas pada perempuan, mungkin kalian bisa setuju atau nggak. Harus belajar setinggi – tingginya, tapi yang paling penting yang kita bentuk bukan hanya kepandaiannya tapi juga kepribadiannya. Untuk perempuan yang paling penting adalah, cari suami yang baik.”

Bagi Pak Boy Thohir, kesuksesan itu berawal dari nol. Namun saat seseorang punya nama baik, jujur dan bisa dipercaya, maka orang tersebut bisa menjadi orang yang sukses. Baginya, menjaga reputasi dan nama baik adalah yang utama dalam melakukan bisnis. Nggak ada kesuksesan yang instan, harus ada prosesnya. Bagaimana mendapatkan klien lalu menjaga klien tersebut agar tetap percaya. Menurut beliau, bisnis itu sama seperti keluarga. Harus dibangun pelan – pelan. Selama mendengarkan Pak Boy Thohir bercerita, aku jadi mencerna pelan – pelan. Hidup itu harus balance, harus selalu happy dan harus selalu menjaga kepercayaan. Terima kasih untuk ilmu tentang kehidupannya, Pak. Semoga makin berkah dan makin sukses!

Selfie bareng temen - temen blogger
Selfie bareng temen – temen blogger

 Thanks for reading!

thanks for reading

11 thoughts on “Adaro Grup Gelar Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim

  1. Beruntung kita, ya, bisa mendapat wejangan-wejangan dari Bapak Boy Thohir. Yang paling membekas di aku itu: harus menjaga kepercayaan dan nama baik. Gajah mati meninggalkan gading. Harimau mati meninggalkan belang. Manusia mati meninggalkan nama. Apalah artinya hidup di dunia kalo nantinya kita dikenang sebagai manusia tak berbudi ya, Put. 🙂

  2. ya saya setuju dengan pendapat pak boy thohir bahwa bisnis di mulai dari hal terkecil bukan kecil langsung menjadi besar dalam sekejab mata..

    itu adalah harapan pebisnis yg pengen langsung sukses tanpa memperhatikan situasi dan kondisi..

    iya ngga ya? atau ada masukan?

  3. Baru sekali ini, ketemu dengan petinggi yang humble dan seru.. Wejangannya membuktikan kalau pengalamannya udah banyak banyak bangeet… Kita beruntung yaaa, Alhamdulillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *