Tips Nyaman Belanja Online Tanpa Galau

TIPS NYAMAN BELANJA ONLINE

Buat yang sering baca blog saya, pasti paham kalau saya suka banget belanja online. Padahal dulunya mah saya termasuk nggak mau belanja online. Takut ketipu lah, takut barangnya nggak cocok lah, sebel sama prosesnya yang ribet lah, dan masih banyak lagi ketakutan – ketakutan sebelum akhirnya beneran suka belanja online. Buat saya, belanja online ibarat ngebahagiain diri sendiri tanpa bikin capek. Cukup buka laptop, browsing yang jadi wishlist saya, pilih, transfer dan tunggu paket sampai ke rumah. Emang sih, kebanyakan denger berita atau hal – hal negatif tentang belanja online membuat saya memutuskan tanpa pernah mencoba. Sampai akhirnya mulai mencoba beli barang – barang yang termasuk ‘murah’ via online. Setelah puas, akhirnya saya coba – coba beli barang sekian ratus ribu sampai jutaan. Awalnya sih ya gitu deg – degan banget pas paketnya nggak sampai – sampai atau proses konfirmasi pembayarannya nggak berubah sampai berhari – hari. Trial and error berkali – kali hingga saya nemuin beberapa tips belanja online tanpa galau.

(Baca: Merayakan Patah Hati, Cara Sederhana Untuk Membahagiakan Diri Sendiri)

Pilih E-Commerce Terkenal

Saking banyaknya E-Commerce, kadang suka bingung kan mau belanja dimana. Kalau saya sih selalu pakai e-commerce yang sudah punya nama. Misalnya kalau beli baju atau aksesoris pilihnya Zalora. Kalau butuh elektronik atau gadget pilihnya Blibli. Kalau mau beli kado yang uptodate saya pasti lihat – lihat di Tokopedia, Lazada dan Matahari Mall. Dan kadang kalau misalnya habis nonton TV terus ada demo produk di MNC Shop, saya juga ikutan belanja disana. Dengan semakin terkenalnya sebuah brand, biasanya kualitas produk dan pelayanannya nggak akan mengecewakan. Kalau masih galau juga, coba aja gugling reviewnya di gugel. Emang sih ada review negatif, saran saya selalu cari review yang berimbang alias nggak berat sebelah.

Oh ya, biasanya e-commerce yang sudah punya brand juga punya tim customer service yang selalu siap ngebantuin apapun kesulitan kita. Jadi nggak akan panik atau heboh sendiri kalau misalnya barangnya nggak sampai – sampai padahal udah lewat waktu estimasi pengiriman. Cukup tanyakan via media social atau chatbox sama CSnya aja. Gampang kan?

happy

Cari Referensi Sebelum Membeli

Sadar nggak sadar kalau lagi window shopping di e-commerce suka laper mata. Kalau ngeliat sesuatu yang lucu langsung heboh pengen beli, padahal sih belom compare sama e-commerce lain. Makanya sering banget nyesel karena setelah beli terus nemuin barang yang sama di e-commerce lain harganya lebih murah atau pilihan warnanya lebih beragam. Jadi sebelum memutuskan membeli, baiknya cari referensi sebanyak – banyaknya. Supaya puas aja gitu dan nggak nyesel setelahnya.

Pilih Metode Pembayaran Sesuai Kebutuhan

Belakangan ini banyak banget kasus kartu kredit kebobolan dan dipake belanja di beberapa e-commerce. Makanya saya anti banget menyimpan data kartu kredit di akun e-commerce. Saya sih lebih prefer pakai metode transfer antar bank. Emang sih lebih takes time dibanding pakai cc, tapi menurut saya metode transfer lebih nyaman aja. Kalau misalnya setelah order terus ngerasa nggak cocok sama barangnya kan nggak perlu transfer. Biasanya akan ada batas waktu transfer, nah biasanya saya memanfaatkan waktu tersebut untuk memikirkan kembali apakah saya benar – benar butuh barangnya atau nggak. Biasa lah namanya juga cewek, masih suka galau gitu hahaha.

Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Banyak kasus saat beli barang via online terus paketnya sampai dalam bentuk yang udah nggak karuan. Ada yang paketnya dibanting – banting, ada yang rusak bahkan sampai barang pecah belahnya beneran pecah. Nggak pengen kan ngalamin hal yang nyebelin kayak gitu? Kalau saya sih selalu pilih pengiriman via PT. Pos Indonesia. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, pengiriman melalui PT. Pos selalu bikin saya puas dengan pelayanannya. Apalagi sekarang e-commerce favorit saya seperti Tokopedia, Zalora, Blibli dan Lazada sudah bekerjasama dengan PT. Pos. Jadinya saya nggak perlu worry dengan barang pesanan saya. Nggak pernah ngerasa nggak puas sih sama pelayanan jasa kirim – antar barangnya PT. Pos. Bahkan ketika saya masih berstatus owner online shop dulu, saya selalu kirim barang melalui PT. Pos Indonesia. I am a satisfied customer!

(Baca: 5 Tips Sederhana Membuka Usaha Online Shop)

happy 2

Untuk melacak kiriman pun gampang, cukup buka website resmi PT. Pos Indonesia dan masukkan nomer resi di kolom yang disediakan. Customer Service 24 jam-nya juga ngebantu banget. Pernah dulu Nenek ngirim barang eh salah alamat. Jadilah CSnya kudu ngebantu ngelacak kiriman dan Alhamdulillah paketnya sampai di tujuan.

Dengan 4 tips di atas, saya udah nggak pernah galau lagi sebelum belanja online. Malahan jadi semakin belanja online dibanding jalan sendiri ke tokonya. Lebih mudah, praktis dan nggak pakai banyak tenaga. Teman – teman ada yang suka belanja online juga kayak saya? Punya tips belanja online yang nggak ribet? Share your thoughts!

putrikpm

Baca Juga:

24 Comments

  1. Setuju, Mbak Put, lebih baik belanja di e commerce yang sudah terkenal. Bisa lebih tenang kalo mau order barang. Jasa pengirimannya juga harus yang terpercaya ya…Karena saya juga pernah ilang barang di pengiriman, dan harganya itu loh, buat pengen nangis…hiks…hiks…

  2. Alhamdulillah saya selalu nyaman belanja secara online mbak. Waktu itu alasan utamanya krn bhan craft belum ada yg jual di kota saya tinggal. Ke luar kota biayanya banyak sekali. Jadi… belanja online juga akhirnya. Alhamdulillah selalu bagus da seoga begitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *