Fight Never Ending Ala Ani Berta

Fight Never Ending.

Hidup emang penuh perjuangan. Dan kita emang nggak boleh berhenti buat berjuang.

Jpeg

Pertama kali saya kenal dengan slogan itu saat saya mampir ke blognya Ani Berta. Saya kenal beliau sejak 2014, tepatnya saat Teh Ani (sapaan akrab dan hormat saya ke beliau) membuat acara Sunday Sharing. Pembawaannya yang lucu dan terlihat ramah, membuat saya yang tadinya ogah – ogahan ikutan Sunday Sharing jadi kebawa suasana. Saya mengikuti seluruh materinya sejak awal hingga akhir. Seluruh slide yang beliau presentasikan tak luput dari pandangan saya. Iya, saya jatuh cinta dengan beliau sejak pandangan pertama.

Teh Ani Mengenalkan Sisi Lain Blogging

Saya memang kenal dunia blog dari tahun 2009, saat jaman – jamannya Friendster. HAHAHA. Jadul banget yah. Tapi entah kenapa baru kepikiran bikin blog di tahun 2011. Setelah berkali – kali ganti nama dan platform, akhirnya saya resmi punya delapankata sejak akhir tahun 2013. Dan di awal 2014, Teh Ani mengenalkan saya dengan sisi lain dari manfaat ngeblog.

“Put, aku ada job review nih. Mau nggak?”

Saya masih inget banget waktu Teh Ani tiba – tiba message saya untuk menawari pekerjaan ngereview sebuah brand provider telekomunikasi. Saya langsung mengiyakan tanpa mikir panjang HAHAHA ketauan banget matrenyah. Maklum, itu adalah penghasilan pertama blog saya. Makanya saya antusias banget sampai sering nanya ini itu. Setelah itu, mengalirlah berbagai tawaran kerjasama untuk blog gratisan saya yang isinya apalah – apalah ini.

Selain mengenalkan sekaligus mempromosikan saya dan teman – teman blogger lain ke brand atau agency, Teh Ani juga nggak pelit info. Selalu bagi – bagi informasi seputar pekerjaan yang bisa dilakukan di blog atau akun social media lainnya.

“Aku nggak mau kaya sendiri, kalau ada pekerjaan sebisa mungkin aku ajak teman – teman biar merasakan juga. Biar belajar bareng – bareng dan sukses rame – rame.” Kata Teh Ani beberapa bulan lalu saat saya dan beberapa blogger lain diundang untuk menjadi reviewer sebuah website yang membahas seputar dunia hukum.

Ani Berta Dan Ilmu Berbagi

Selain ramah dan suka bagi – bagi job, Teh Ani termasuk ringan tangan. Ternyata sebelum memutuskan jadi full time blogger, di tahun 2013 Teh Ani sering mengisi waktu luangnya untuk mengajar di sebuah SMP Terbuka di kawasan Tangerang. Di sekolah itu, Teh Ani mengisi mata pelajaran tambahan tentang manfaat internet dan juga blogging. Tanpa dibayar sepeser pun, beliau rela menggunakan laptop pribadi satu – satunya sebagai alat praktek murid – muridnya. Bahkan ada salah satu muridnya yang akhirnya memiliki blog dan menerapkan ilmu yang diajarkannya hingga akhirnya murid tersebut bisa berjualan online melalui blognya.

Berbagi dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja
Berbagi dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja

Tak hanya membagikan ilmu bloggingnya lewat kelas, Teh Ani sering berbagi dan menolong sesama melalui tulisan. Terbukti saat salah satu tulisannya bahkan bisa membuat Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, langsung turun ke lapangan untuk menyelesaikan masalah pengerukkan danau.

“Awalnya aku melakukan sesuatu dengan ikhlas, ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.”

Berkat blognya pun Ani Berta dikontak langsung oleh Wanda Hamidah. Tahun 2013 Teh Ani resmi menjadi staf media untuk Wanda Hamidah yang saat itu masih berkantor di DPR. Kesibukannya menjadi staf salah satu orang penting di pemerintahan tak lantas membuat Teh Ani lupa dengan hobi awalnya, menulis dan berbagi. Ia akhirnya bergabung di Komunitas Kami Anak Bangsa yang sudah membangun banyak rumah baca untuk anak Indonesia dan ikut berperan serta memberikan bantuan saat ada darurat tanggap bencana. Namun, karena keterbatasan waktu, akhirnya Teh Ani memutuskan untuk berbagi lewat tulisan dan social media. Berkat kontribusinya, komunitas ini memiliki banyak volunteer dan donatur baru.

Teh Ani pun berperan aktif menyebarkan ilmu blogging bagi para blogger pemula seperti saya. Bersama Mbak Shinta Ries dan Mbak Haya Aliya Zaki, Teh Ani berbagi seputar pengalaman dan tips mendapatkan pundi – pundi rupiah dari blog. Saya pernah menjadi muridnya saat Fun Blogging memasuki edisi ke-3. Sejak gabung di Fun Blogging, banyak acara dan pekerjaan yang menghasilkan untuk blog saya. Beruntung banget bisa masuk kelasnya Teh Ani. Buanyaaaak banget ilmu penting seputar blogging yang bikin saya jadi makin semangat nulis. Ciyus!

Selain itu, Teh Ani juga aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Topik pembicaraan yang sering disinggungnya adalah seputar parenting, social media dan dunia blogging tentunya.

DSC_0614

Antara Sifat Ringan Tangan Hingga Karier Yang Tak Terduga

Sifat ringan tangannya pun membawa Teh Ani menjadi salah satu tim pengisi konten TEATER ABNON, sebuah organisasi non-profit berbasis komunitas yang bergerak di bidang seni dan budaya khususnya seni pertunjukan budaya Betawi yang anggotanya berasal dari alumni maupun mereka yang menjabat sebagai Abang None Jakarta. Maudy Koesnaedi meminta bantuan Teh Ani untuk menulis konten – konten di website teater abnon. Meskipun nggak menghasilkan, Teh Ani tetap melakukan tugasnya dengan serius dan senang hati. Terbukti saat ini Teh Ani dan Mpok Maudy bersahabat dan akrab di berbagai kesempatan.

Berkat Teater Abnon, Teh Ani dihubungi oleh tim Serempak, sebuah portal berita untuk perempuan yang dinaungi oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA). Dirinya dipercaya sebagai tim inti dan menjadi pembicara saat launching Serempak.or.id. Di Serempak, Teh Ani dikenal sebagai blogger yang sering memberikan masukkan dan ringan tangan. Berkat kegigihannya, Teh Ani mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari KPPA sehingga ia resmi menjadi tim dari Serempak.

Jpeg
Saat menjadi pembicara di Serempak

JpegIa pun menjadi kontributor tetap sebuah portal berita khusus perempuan, DariPerempuan. Bersama dengan timnya, DP sering dipercaya menjadi media partner berbagai acara. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Teh Ani untuk mencari koneksi dengan para brand ataupun agency. Saya pernah kecipratan beberapa job dari DP loh. Makasih ya Teh Ani. *kecup*

Sifat ringan tangan yang selalu membantu tanpa pamrih membuat Teh Ani terpilih menjadi salah satu kontributor untuk AUSAID (Australia Agency for International Development). Teh Ani dipercaya untuk berkeliling ke 10 propinsi di Indonesia untuk turun langsung menjadi telinga sekaligus mulut AUSAID di hadapan para wonder woman dan anak – anak. Fokus utama pekerjaan Teh Ani adalah untuk memperjuangkan hak para perempuan dan anak – anak di daerah, berinteraksi dengan para perempuan pejuang perubahan di daerahnya dan mendengarkan keluhan serta masalah yang dialami para wanita dan anak – anak tersebut. Bukan Teh Ani namanya kalau disela – sela pekerjaan mulianya ia nggak berbagi ilmu seputar ilmu blogging. Dengan senang hati Teh Ani mengajarkan para perempuan dan anak – anak di suku – suku pedalaman Indonesia untuk menggunakan internet demi membantu memudahkan pekerjaan sehari – hari mereka.

DSC01483
Ani Berta saat bertugas menjadi kontributor AUSAID

Kebiasaan Teh Ani yang suka menyebarkan ilmu positif terhadap orang lain mengajarkan saya bahwa membantu orang lain nggak sulit. Selama ada kemauan dan usaha serta niat yang positif, kita bisa berbagi walaupun hanya lewat tulisan. Kalau ngomongin soal Teh Ani, saya jadi ingat dengan Made For Minds, slogan terbaru dari Deutsche Welle. Stasiun tv berbayar asal Jerman yang jadi favorit keluarga saya ini sekarang isi beritanya lebih beragam. Investigasinya lebih mendalam kayak Teh Ani yang suka turun ke lapangan untuk tahu info terbaru atau perkembangan dunia blog di masyarakat. Informasi beritanya pun berasal langsung dari sumbernya, alias nggak asal nyomot atau iseng bikin headline biar banyak yang nonton. Kalau sudah mengenal Teh Ani, rasanya kayak lagi nonton siaran berita DW, deh.

Blogger Super Sibuk, Tapi Keluarga Tetap Nomer Satu

Teh Ani resmi menyandang status full time blogger sejak 2015. Walaupun sudah nggak kerja 9 to 5, toh Teh Ani tetap sibuk datang ke berbagai acara dan memberikan materi di berbagai seminar. Namun itu semua nggak ngebuat Teh Ani lantas ngelupain keluarganya, utamanya anak satu – satunya, Sekar. Si tunggal yang saat ini berstatus sebagai pelajar SMP pun masih menjadi prioritas utama Teh Ani. Bagi Teh Ani, keluarga tetap nomer satu. Teh Ani punya waktu khusus dan peraturan khusus saat sedang bersama anak gadis.

Bersama Sekar, anak semata wayangnya. Sama cantiknya euy!
Bersama Sekar, anak semata wayangnya. Sama cantiknya euy!

“Biasanya kami (Teh Ani dan Sekar) menonton tv kabel bersama. Atau ngobrol bareng gitu tapi nggak boleh pegang hp. Jadi benar – benar fokus curhat berdua.”

Kadang Teh Ani pun menyempatkan waktu untuk masak berdua dengan Sekar. Semua dilakukannya agar tetap punya family time ditengah – tengah kesibukan keduanya. Saya salut dengan single parent yang satu ini. Teh Ani tetap bisa membagi waktu antara keluarga dan kariernya sebagai blogger professional.

Harapan Ani Berta Bagi Blogger Indonesia

“Aku pengen bikin satu basecamp buat blogger untuk jadi tempat menulis, atau menginap jika perlu. Tempat singgah yang dilengkapi dengan tv kabel dan internet yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh siapa saja. Dan pengen mengelilingi Indonesia untuk menyebarkan ilmu yang saya punya sekalipun menggunakan uang saya sendiri tanpa sponsor.”

Teh Ani sering cerita sama saya, dia pengen bisa sukses bareng blogger – blogger yang lain. Emang ya ibu yang satu ini teteup rendah hati dan nggak pengen bahagia sendiri. Makanya saya betah banget sahabatan sama beliau. Beliau juga nggak sungkan negor saya kalau saya lalai dalam tugas. *ya ampun bahasanya berat amat, seberat gue* *LOL*

Semoga Teh Ani selalu bisa menginspirasi para blogger wanita untuk tetap menulis dan berbagi lewat tulisan. Semoga Teh Ani selalu sehat dan terus bisa menyebarkan virus – virus positif ya, Teh. Bangga dan senang banget bisa berkenalan dengan dirimu. I’m your big fan, dearest My Local Heroes. *kecup*

Pengen berkenalan lebih dekat dengan Ani Berta? Silahkan klik profile beliau di berbagai social media di bawah ini ya…

Facebook // Instagram // Twitter // Blog

footer copy

Baca Juga:

25 Comments

  1. Allohu Akbar… luar biasa.. setiap perjuangan, setiap langkah dan disetiap detik yang diiringi oleh keikhlasan, disitulah sumber kekuatan dan sumber inspirasi baru yang selalu di tularkan oleh Teh Ani berta, jujur saya terpana dan tak bisa berkata ketika melihat foto teh ani yang di kelilingi oleh Ibu-ibu, sepertinya itu teh ani sedang mempresentasikan di ponselnya ya? luar biasa… mengenalkan tekhnologi hingga penjuru dunia…

    Barokalloh… salam sukses dan salam bahagia untuk teteh saya yang satu ini 🙂

  2. Ngga kenal dekat sama Teh Ani, tapi beberapa kali bertemu saya salut sama si teteh yang imut-imut ini. Orangnya ramah dan ngga pelit info… sayang, sampai sekarang belum sempat ikutan Fun Blogging 🙂
    Semoga Teh ni sehat selalu, biar bisa menyebarkan semangatnya ke banyak orang…

  3. Rasanya nama Ani sudah tidak asing lagi dikawasan para blogger. Kesederhanaan dan kerendahhatiannya membuat kita tak pernah jemu bila berjumpa. Salam hormat untuk Ani Berta.

  4. Terima kasih Putri dan teman2 semua atas support yang diberikan….saya benar2 spechless 🙂
    Hug semua……
    Semoga saya bisa menjadi lebih baik….

  5. Saya baru tah detil sosok Teh Ani lewat tulisan ini. Sering berkunjung ke blognya dan membaca tulisannya yg mengalir, bikin salut. Lebih salut lagi membaca track record-nya di dunia perbloggeran.
    Terima kasih Mbak Putri atas sharingnya ya…

    Salam dari saya di Sukabumi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *