SETELAH 2 TAHUN, AKHIRNYA GANTI KACAMATA JUGA!

Optik KMN Kemayoran

[SPONSORED POST]

Iya, kacamata yang sering kalian lihat di foto-foto instagram plus blog saya ini umurnya udah 2 tahun. Tua juga ya hahaha.

Biasanya sih saya rutin ganti kacamata setahun sekali atau kalau mulai nggak nyaman langsung buru-buru ke optik untuk ngecek lalu ganti lensanya aja, framenya sih tetep karena sayang kalau ganti semua-muanya mahal banget. Tapi kacamata hitam yang lensanya lumayan lebar ini ternyata cukup awet buat mata saya. Tahun 2015 akhir lalu ganti kacamata karena ukuran silinder mata saya ternyata turun, bahagia banget dengernya! Ya walaupun minusnya masih sama aja, tapi tetep ada kebahagiaan karena bisa juga ukuran silindernya turun setelah bertahun-tahun selalu naik secara bertahap. Dan semenjak itu sampai sekarang nggak pernah ganti kacamata lagi karena ya buat apa ganti kalau yang lama aja masih nyaman dan pas dengan kebutuhan mata saya.

Walaupun saya juga punya stok kontak lensa yang sering saya pakai untuk foto-foto atau liburan, tapi buat saya kacamata itu segala-galanya. Selain nggak ngeribetin (karena proses pakai kontak lensa itu kadang jadi drama tak berkesudahan buat saya), pakai kacamata juga simpel banget karena tinggal pakai aja gitu ahahaha. Makanya saya cinta banget sama kacamata ini.

Baca: Pengalaman Pertama Si Mata Empat Berubah Jadi Si Normal

Tapi beberapa minggu ini saya ngerasa kacamata yang umurnya sudah lebih dari 2 tahun ini mulai nggak nyaman dipakai. Nggak ngerti kenapa saya ngerasa jadi gampang pusing dan mata gampang banget lelah kalau dipakai melihat laptop berjam-jam. Rasanya pengen buru-buru ke optik buat periksa ukuran minus dan silinder mata deh. Sayang kebanyakan optik bukanya pas jam kerja, kalau mau ke optik yang ada di mall-mall kok males karena pasti jajan di mallnya lebih mahal daripada beli kacamatanya huhuhu.

Sampai akhirnya saya dapat kesempatan untuk memeriksakan mata di Optik KMN setelah dipilih langsung oleh tim Clozette Indonesia. Yeay, Alhamdulillah rezeki emang nggak kemana ya?

Optik KMN sendiri adalah fasilitas yang disediakan oleh Klinik Mata Nusantara (KMN) yang tersebar di berbagai lokasi di Jakarta dan cabang Kemayoran yang menjadi pilihan saya karena dekat dengan rumah. Untuk memeriksakan mata atau membeli produk-produk yang dijual di Optik KMN nggak harus buat reservasi dulu melainkan datang langsung ke optiknya. Tadinya saya sempat bingung dan ingin membuat jadwal bertemu dengan dokter sebelum ke optik, namun staf CS Klinik Mata Nusantara yang saya hubungi melalui telepon menyarankan saya untuk datang langsung dan membawa detail ukuran mata ke bagian optik untuk diperiksa ulang.

Oh ya, Optik KMN yang berlokasi di Kemayoran ini hari Sabtu buka loh! Jadi cocok untuk karyawan kantoran yang susah izin pas jam kerja kayak saya hahaha.

Baca: 5 Hal Penting Agar Traveling Tetap Hemat Ala Karyawan Kantoran

Sabtu pagi saya sudah tiba di Tower Fontana apartemen The Mansion Bougenville. Setelah bertanya pada security yang bertugas di lobby apartemen, saya diarahkan untuk langsung ke lantai 19. Ternyata lokasi optiknya jadi satu dengan Klinik Mata Nusantara itu sendiri. Setelah keluar lift, saya hanya perlu berjalan ke area belakang tempat pembayaran klinik. Lokasi optiknya sendiri memang nggak terlalu besar sehingga nggak terlihat dari arah depan lift. Kalau bingung, tinggal tanya pada staf yang bertugas di KMN dan nanti akan diarahkan langsung ke optiknya.

Optik KMN Kemayoran

Optik KMN Kemayoran

+1 karena staf kliniknya ramah-ramah, bahkan cenderung lebih ramah dibanding saat saya menghubungi melalui telepon. Jadi sehari sebelumnya saya iseng telepon ke Klinik Mata Nusantara dan bertanya soal jadwal buka optik. Si mbak penerima telepon kekeuh menyuruh saya untuk cek mata melalui dokter sebelum ke optik. Padahal saya sudah bilang berkali-kali kalau nggak mau ke dokter tapi mau langsung ke optik dan si mbak ini tetep nyuruh saya buat ke dokter dengan nada suara agak tinggi. Akhirnya saya memilih untuk menghubungi hotline KMN dan menurut mbak CS saya bisa langsung ke optik tanya harus cek ke dokter dulu. Whatthe… lalu saya sebel sendiri hahaha. Untung mba-mba yang menyambut para pasien di bagian paling depan klinik ramah banget menyapa dan menunjukkan lokasi optiknya tanpa memaksa saya daftar konsultasi dokter.

Begitu sampai di optik, saya langsung curhat sama Mas Achmad, salah satu staf optik KMN yang sabar banget menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dari awal sampai akhir. Sebelum mata saya diperiksa, Mas Achmad ini meminta kacamata yang sedang saya pakai untuk dicek dan disamakan ukurannya dengan kartu ukuran mata yang saya punya. Setelah menunggu sekitar 5 menit, giliran saya yang diperiksa dengan 2 alat berbeda.

Alat pertama yang digunakan adalah alat cek mata elektronik yang biasa ditemukan di optik-optik. Saya hanya perlu menaruh dagu di tempat yang disediakan serta mendekatkan dahi ke bagian atas alat. Mata saya menatap lurus ke dalam kaca yang menampilkan gambar rumah berwarna merah. Lama pengecekan masing-masing mata berbeda, tergantung ketajaman atau ukuran minus masing-masing mata.

Optik KMN Kemayoran

Optik KMN Kemayoran

Optik KMN Kemayoran

Setelah selesai, selanjutnya saya menggunakan alat cek mata berupa kacamata khusus yang nantinya akan dipasang lensa sesuai kebutuhan. Beberapa kali saya harus mengganti lensa karena nggak bisa membaca huruf-huruf yang tertera di layar khusus mirip televisi yang jaraknya terasa jauh. Berkali-kali juga saya diketawain Odi karena nggak bisa baca huruf yang kata dia sebenernya itu hurufnya gede banget. Ya maklum lah minus saya kan gede banget huhuhu.

Nggak sampai 15 menit, proses pengecekan mata selesai. Alhamdulillah ukuran minus dan silinder saya sama semua, nggak berkurang pun bertambah. Tapi karena pengen ganti frame kacamata sekaligus mau punya kacamata berlensa khusus yang bisa menangkal radiasi, jadilah saya pilah-pilih frame mata dan nemuin frame yang gemes banget.

Optik KMN Kemayoran

Tahun baru, kacamata baru . Semenjak pakai kacamata dari kelas 4 SD, hampir tiap tahun selalu ganti kacamata karena tiap tahun juga minusku naik . Karena udah keseringan gonta-ganti kacamata, jadi picky sendiri kalau milih optik. Selalu nyari yg stafnya ramah, bisa kasih pilihan dan teliti. Dan happy banget akhirnya bisa nemuin optik seasyik dan selengkap @optik_kmn Kemayoran. Lokasinya di The Mansion Bougenville Apartment Tower Fontana lantai 18-19. Iyes, optiknya di apartment, kurang kece apa cobak . Stafnya super ramah banget! Tadi sama Mas Achmad dan doi kasih saran ini itu, informatif dan sabar banget ngadepin aku yang nanya mulu Akhirnya nemu deh frame kacamata yang lucu bin gemes banget. Tapi karena minus plus silinder mataku lumayan gede jadi kudu nunggu beberapa hari. Bakalan aku post kalau kacamatanya udah jadi yes . Btw gengs, ada yang pake kacamata juga? Biasanya suka ganti kacamata berapa tahun sekali? . #optikkmn #klinikmatanusantara #Clozetteid #ClozetteidReview #clozetteidxklinikmatanusantara

A post shared by PUTRIKPM (@kpmputri) on

Framenya simpel sih, tapi mirip-mirip cat eye ala-ala dengan lis masih berwarna hitam. Entah kenapa buat saya kacamata berwarna hitam itu lebih use-able dibanding kalau warna-warni gonjreng. Sekalian biar nggak ribet pas milih bajunya juga biar match haha.

Karena saya pengennya lensa khusus anti radiasi, maka proses pembuatan kacamata saya memakan waktu kurang lebih 4 hari kerja. Kalau misalnya mau lensa yang standar juga bisa dan jadinya justru lebih cepet alias bisa ditunggu hari itu juga. Keren!

Selama menunggu lensa saya diukur, saya sempat duduk-duduk santai di sofa dekat pintu lift. Sebenarnya Klinik Mata Nusantara ini lumayan besar, seukuran satu lantai apartemen. Tapi karena lumayan banyak pasien yang periksa di klinik serta optik hari itu, saya nggak banyak ambil foto-foto demi kenyamanan dan privasi para pasien.

**

Seminggu setelah jadwal periksa, akhirnya kacamata saya jadi juga! Asli, hasilnya bagus dan rapih banget, ukurannya pun langsung pas dengan ukuran mata saya. Nyaman dipakai dan lensanya terasa lebih ‘clean’ dibanding kacamata-kacamata punya saya terdahulu. Puas banget sama pelayanan dan hasil dari Optik KMN Kemayoran.

Optik KMN Kemayoran

Optik KMN Kemayoran

Optik KMN Kemayoran

Sejauh ini, Optik KMN Kemayoran jadi optik terfavorit saya karena:

  • Stafnya ramah luar biasa dan murah senyum.
  • Pasien atau konsumen diberikan minuman dan camilan selama menunggu .
  • Pilihan bentuk dan merek kacamata lumayan beragam. Staf pun nggak sungkan untuk memberikan referensi frame yang sesuai dengan bentuk wajah atau kebutuhan konsumen.
  • Harga kompetitif, bahkan kalau saya boleh jujur nggak jauh beda dengan optik-optik yang ada di pusat perbelanjaan tapi dengan hasil yang lebih memuaskan.
  • Lensa bergaransi selama 2 tahun (nggak tau ya apakah hanya lensa khusus yang bergaransi atau semua lensa bergaransi). Jadi selama masa garansi kalau lensa saya tergores, kotor atau terkelupas, tinggal dibawa langsung ke optiknya dan nanti direparasi sama mereka. Yeay!
  • Dapat bonus, lap untuk penghilang fog alias embun atau uap yang ditimbulkan karena cuaca dingin atau panas.

Oh ya, saran saya kalau mau ke Optik KMN Kemayoran sepertinya lebih baik pas hari kerja Senin – Jumat supaya nggak terlalu ramai. Kalau pun terpaksa harus hari Sabtu, usahakan datang lebih pagi karena optik buka dari jam 9 pagi. Soalnya semakin siang, semakin ramai optiknya. Atau boleh loh cek dulu Instagramnya Optik KMN serta websitenya untuk tanya-tanya lebih lanjut sebelum datang ke optiknya.

Semoga informasinya membantu teman-teman yang sedang mencari kacamata baru ya. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya!

 

Baca Juga:

22 Comments

  1. Huft, udah lama aku mau beli kacamata. Baca postingan ini jadi inget lagi……..dan terinspirasi mau belinya di mana. Hahaha. Thanks for sharing, Put!

  2. Aku suka penasaran kenapa ya ada orang yang bisa minus/silindernya turun. Mau jugaaa. Aku udah kurleb 9 tahun pakai kacamata, tapi minusku belum pernah turun *curcol. Awalnya kupikir cuman anak-anak dalam masa pertumbuhan aja yang minus/silindernya bisa turun. Ternyata enggak ya, Mba, hehe.
    Oh ya, aku baru tahu kalau ada optik yang menyediakan minuman dan camilan buat costumernya ^^

  3. kacamata sama lipstiknya cakep Put ;p

    Btw, jadi pengen meriksa mata juga, soalnya akhir2 ini kayaknya udah mulai plus hahaha, ktauan bgt faktor U nih…

  4. Mataku sebenernya gak minus mba, tapi dari dulu suka mupeng klo nganter ortu ke optik. Sampe akhirnya ak beli kacamata yang kacanya normal. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *