Hackathon, Rangkaian Kompetisi IWIC Kegiatan CSR Indosat

Pernah kepikiran nggak bagaimana rasanya menciptakan aplikasi selama kurang lebih 24 jam alias seharian saja? Satu kata yang terlontar dari saya adalah WOW! Dan ternyata itu bukan omong kosong belaka, Indosat sudah melakukan sebuah inovasi dengan mengadakan IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest). Program CSR (Corporate Social Responsibility) ini adalah tahun ke 8 namun baru kali ini perlombaan membuat aplikasi marathon dalam waktu 24 jam diadakan, kompetisi ini dinamai Hackathon.

Kompetisi bergengsi Hackathon ini diikuti oleh kurang lebih 130 peserta yang terbagi dalam beberapa tim. Tiap tim diisi oleh 1 hingga 4 orang peserta. Para penerus bangsa ini diwajibkan untuk memilih salah satu dan 3 kategori aplikasi yaitu: kategori komunikasi, lifestyle dan edukasi; kategori multimedia, games; kategori utilities (tools dan security). Hackathon dimulai dari hari Jumat 3 Oktober 2014 pada jam 16.30 dan berakhir pada hari Sabtu 4 Oktober 2014 di jam yang sama. Seluruh hasil aplikasi yang diciptakan oleh para start up muda Indonesia ini dinilai oleh para juri yang terdiri dari Tim Indosat yang diwakili oleh Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communication Indosat; Founder Institute; Harukaedu serta tim dari Kompas Gramedia.

Setelah dilakukan serangkaian proses penjurian,akhirnya terpilih 3 tim yang terpilih sebagai pemenang Hackathon di tahun ini. Juara pertama dimenangkan oleh pasanganFirman Azhari dan Tera Harsa dari Bandung dengan judul aplikasi Light Me Up. Aplikasi ini dapat digunakan saat konser dan akan mewarnai tempat konser sesuai dengan warna yang diinginkan penggunanya. Juara kedua dimenangkan oleh Herdian Prakasa, Hendrawan dan Peterleon dengan judul aplikasi V Lens. Dan juara ketiga berjudul Helping Nurse yang dibuat oleh Gino dantimnya. Kriteria penjurian diantaranya adalah orisinilitas karya dan seberapa bermanfaatnya aplikasi tersebut bagi masyarakat.

20141004_194834sumber : dokumentasi pribadi

20141004_194740sumber : dokumentasi pribadi

20141004_194631sumber: dokumentasi pribadi

Jadi, berniat mengikuti kompetisi IWIC? Saat ini IWIC masih membuka pendaftaran ide – ide menarik seputar aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Informasi lebih lanjut bisa di cek di twitter @IndosatIWIC

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *