Hello I am Mozillian, Volunteer Mozilla Kopdar Di Jakarta

Jum’at, 29 Agustus lalu gue dapet undangan dari Mozilla Community Indonesia. Sebagai cewek yang pengen banget melek perkembangan IT dan socmed di Indonesia, gue nggak sia – siain kesempatan emas itu (beuh dramatisir abis). Dan bener aja, kesempatan yang nggak datang dua kali itu ternyata didatengin sama Gen Kanai, Director of Asia Community Engagement Mozilla. Pria tampan asal Jepang ini membagi – bagikan ilmu seputar Mozilla Community. Selain Gen, ada juga si cantik Michelle Thorne yang merupakan Global Strategist nya Mozilla Webmaker Mentor Team. Doi juga dateng langsung dari Jerman untuk bagi – bagi ilmu seputar Mozilla.

10645048_10202635272624798_6477499222831776624_n

Michelle Thorne lagi ngasih materi seputar Webmaker

 

10351385_10202635255104360_7171312798189767425_n

Gen Kanai, lagi say hello sama Volunteer asal Indonesia

Malam itu suasana Cafe Eatology di daerah Sabang Jakarta Pusat berubah riuh saat para Mozilla Volunteers asal Indonesia mengadakan mini games. Mungkin sebenarnya bukan games, tapi pengetahuan dasar tentang aplikasi kepunyaan Mozilla dan cara ikutan jadi volunteer di Mozilla. FYI, ternyata Mozilla belum ada kantor di Jakarta dan para volunteer dengan suka rela membagikan ilmu seputar Mozilla. Biasanya para volunteer ini punya visi misi dan kepedulian yang sama. Mereka peduli sama kondisi internet dan segala yang berhubungan dengan dunia maya di Indonesia.

Apa aja sih yang dipunyain sama Mozilla? Organisas non profit ini ternyata punya segudang aplikasi yang memudahkan kita dalam mengerjakan hal – hal yang berhubungan dengan internet! Nih gue kasih jelasnya ya!

  1. Mozilla Webmaker

Webmaker adalah aplikasi buatan Mozilla yang gunanya mempermudah kita untuk memahami apa yang ada dalam sebuah website. Sayangnya, gue nggak sempat foto webmaker yang diajarin sama Michelle karena terlalu fokus ngedengerin step by step penjelasannya. Intinya, dengan webmaker kita bisa mengubah tampilan sebuah web sederhana sesuai dengan keinginan kita. Webmaker sering dipakai para remaja di luar negeri untuk memudahkan para orang tuanya mengakses internet. Lo bisa pelajari aplikasi berguna ini dengan mengunduhnya di https://webmaker.org/

 

  1. Mozilla Student Ambassadors

Nah buat para mahasiswa atau alumni atau siapapun yang mau berkontribusi untuk kampusnya bisa menjadi Mozilla Student Ambassadors! Kegunaannya, lo bisa jadi wakil Mozilla di kampus lo dan kemungkinan lo diikutsertakan di setiap meeting atau event2 seru yang diadain Mozilla di Indonesia atau di luar negeri. Tertarik? Baca info lebih lanjutnya di https://wiki.mozilla.org/StudentAmbassadors

 

  1. Mozilla Add Ons

Bosen sama iklan yang ada di halaman web favorit lo? Pake add ons ajaaaaa! Ini ilmu penting banget yang baru gue tahu. Jadi, klik https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/ dan klik Adblock Plus di bagian MOST POPULAR. Apps ini bakal ngebantu lo membasmi iklan – iklan menyebalkan di web yang lo buka.

 add on 1add ons 2

Contoh tampilan browser yang nggak pakai apps block ads

add ons 3

Tampilan browser setelah dipakaikan apps block ads

Dengan memakai apps block ads, lo bisa mengurangi pemakaian kuota akibat iklan yang sifatnya animasi/flash.

 

  1. SUMO a.k.a Support Mozilla

Jangan ngaku lo jago IT kalau belum join SUMO. Why? Dengan bergabung di komunitas SUMO lo bisa ngebantuin orang yang mengalami kesulitan menggunakan Mozilla. Sekalian nambah teman sekalian nambah pahala kan? Caranya lo buka link https://support.mozilla.org/en-US/ dan klik Volunteer For Mozilla Support. Lo bisa jadi Army di twitter, forum atau menulis artikel seputar masalah – masalah yang sering jadi kendala selama menggunakan Mozilla. Atau kalau lo bisa menggunakan berbagai macam bahasa, lo bisa membantu men-translate berbagai macam keluhan seputar Mozilla ke dalam bahasa yang lo kuasai.

 sumo

  1. WOMOZ a.k.a Woman and Mozilla

Komunitas ini dibuat karena Mozilla peduli terhadap wanita di seluruh dunia. Gunanya komunitas ini para wanita pengguna Mozilla bisa saling berinteraksi, bertukar pikiran atau sekedar diskusi serta sharing seputar Mozilla atau seputar wanita. Buat lo yang concern di dunia kewanitaan, lo mesti join karena komunitas ini seru banget lho! Isinya para wanita yang berasal dari berbagai latar belakang, suku dan budaya. Penasaran? Mungkin bisa baca – baca https://wiki.mozilla.org/WoMoz untuk info lebih lengkapnya.

 

  1. Mozilla Firefox OS

Mozilla Firefox kayaknya udah jadi salah satu web browser wajib dipunyai di PC ya? Karena mudah digunakan dan banyak fitur yang helpful banget nggak heran Firefox di Indonesia berkembang pesat. Sekitar 80% pengguna internet menggunakan Firefox sebagai browsernya. Dan kabar baiknya sebentar lagi akan ada Mozilla Firefox OS. Firefox OS ini akan ditanam di dalam sebuah smartphone. Bedanya OS ini dengan yang lain adalah bahasa pemrogragamannya menggunakan HTML. Jadi, buat yang suka utak – atik web atau HTML pasti excited banget nungguin launchingnya OS ini. Gue juga sih 😛 sayangnya kita kudu agak sabar karena belum ada waktu pasti kapan mulai launching di Indonesia.

os

 

Sebenernya masih ada segudang aplikasi berguna dari Mozilla yang ngebantu kita banget lho! Sayangnya dalam sesi yang cuma sekitar 2 jam itu kita belum bisa mengupas lebih jauh. Tapi so far ilmunya berguna banget bagi para internet user. Oh ya, di event itu para blogger dan tamu undangan juga dapet souvenir khas dari Mozilla lho! Gue dapet handband dan KUMI! Kumi itu berupa paper toy yang harus kita susun supaya menjadi bentuk utuhnya Kumi. Sayangnya, gue belum sempet ngebuat sampai selesai. Hiks T_T

Processed with VSCOcam

Pokoknya event #MozKopdarJKT malam itu memberikan banyak informasi dan ilmu yang berguna banget buat gue. Semoga ada kopdar lainnya yang materinya jauh lebih banyak dan lebih seru. Anyway, I’m Putri and I’m Mozillian 🙂

10524668_10202635812598297_8166705914819509653_n

 

 

Baca Juga:

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *