Step by Step Membersihkan Make-Up untuk Wajah Berminyak dan Berpori Besar

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Semenjak suka dandan, saya suka bereksperimen mencoba produk ini dan itu. Bahkan hampir setiap hari, saya menggunakan makeup walau hanya natural tanpa pakai foundation tebal – tebal. Setelah make-up seharian, kadang saya ngerasa muka saya berminyak banget. Maklum, kondisi kulit saya memang kombinasi dan cenderung berminyak dengan pori – pori besar. Saat malam hari, saya dulunya hanya membersihkan wajah dengan cleansing water lalu dilanjut dengan cleansing foam. Tapi beberapa hari setelahnya, jerawat dan komedo mulai berdatangan ke wajah saya. Gemes banget kan jadinya? Akhirnya setelah saya cek, kedua cleansing  di atas belum mampu membersihkan makeup secara sempurna, sehingga kulit wajah saya bereaksi dan timbul deh si jerawat dan komedo. Setelah trial and error berkali – kali, akhirnya saya menemukan step by step yang cocok untuk membersihkan make-up bagi yang memiliki kulit wajah berminyak dan berpori besar seperti saya.

Ada 5 barang yang saya butuhkan untuk membersihkan makeup sehari – hari. Kesemuanya menggunakan brand – brand yang banyak dijual di supermarket dan harganya dijamin bikin kantong aman. Alasan saya memilih produk – produk ini selain karena murah, hasilnya juga nggak kalah sama brand yang harganya bikin geleng – geleng hihihi. Buat saya harga emang jadi masalah banget, masa iya rela pakai miscellar water yang harganya ratusan ribu setiap hari? Saya sih nggak hihihi sayang banget kalau habis agak nyesek beli lagi hahaha.

Selection Round Cotton

Alasan saya menggunakan kapas bulat dibanding kapas persegi pada umumnya karena lebih mudah digenggam. Selain itu, kapas bulat dari Selection ini bahannya lebih solid jadi nggak ada drama kapas ketinggalan di wajah saat membersihkan makeup. Harganya lumayan murah kok, saya lupa isi berapa tapi satu paket kapas ini harganya nggak sampai 20ribuan. Saya biasa beli di Guardian atau Hypermart. Dan satu paketnya bisa dipakai sampai 2-3 bulan. Irit kan? Hihihi.

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Cleansing Cream by Viva

Saat mengadakan giveaway beberapa bulan lalu, saya membeli banyak produk di website-nya VIVA, salah satunya ya Cleansing Cream ini. Pertama kali beli karena kepincut sama harganya yang muraaaah banget! Nggak sampai 10ribuan untuk ukuran 30gramnya. Dan saat saya gunakan ke wajah saya yang berminyak, makeup saya bisa terhapus bersih. Sebelumnya saya pernah mengguanakan PIXY Cleansing Milk dan hasilnya nggak se-oke Cleansing Cream dari Viva ini sih. Juara!

(Read more: PIXY Cleansing Milk Review)

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Cussons Baby Oil Mild & Gentle – Chamomile Oil

Pernah denger kabar kalau Dian Sastro pakai baby oil untuk bersihin make-up? Akhirnya saya mengikuti kebiasaan Mbak DiSas untuk membersihkan eye makeup dan lipstick menggunakan baby oil. Soalnya, mata dan bibir adalah bagian – bagian tubuh yang sensitif. Saya pernah coba bersihin pakai Bioderma Sebium H20 dan rasanya pahit banget. Pernah coba pakai cleansing cream Viva juga dan ternyata sama. Kalau pakai baby oil yang dituangkan ke kapas, Alhamdulillah nggak ada rasa apa – apa sih. Jadi sekarang setiap membersihkan eye makeup dan lipstick saya selalu pakai baby oil. Who knows nantinya wajah saya mirip sama Dian Sastro hahahaha.

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Sariayu Pembersih All in One White Aromatic

Saya membeli cleansing water ini di Yogyakarta, waktu itu iseng main ke Hartono Mall dan nemuin store-nya Sariayu. Saat iseng window shopping, saya malah kepincut sama pembersih ini karena direkomen sama beauty consultant-nya. Katanya sih, produk ini salah satu best selling mereka. Dan akhirnya saya beli dengan harga 12ribuan aja. Murah banget kan? Saya selalu menggunakan pembersih ini dengan dituangkan ke kapas dan membersihkan wajah saya yang sudah dipakaikan Cleansing Cream dari Viva terlebih dahulu. Sekali swipe, hasilnya langsung bersih. Wajah saya juga jadi keset tapi nggak kering banget. Cocok lah untuk yang kulitnya jadi tambang minyak kayak saya.

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Berkat ikutan kontesnya beberapa minggu lalu, saya dikirim 1 botol Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Formulanya yang melembabkan bisa membantu kekenyalan kulit setelah proses cleansing yang saya lakukan. Saya selalu membilas wajah dengan air dingin setelah menggunakan Cetaphil ini. Tujuannya supaya mengeluarkan pori dan mengecilkan pori. Saya pernah mereview produk ini dan emang recommended banget sih.

(Read more: Cetaphil Gentle Skin Cleanser Review)

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Step by Step Membersihkan Make-Up untuk Wajah Berminyak dan Berpori Besar

First step, saya menggunakan cleansing cream dari Viva untuk membersihkan seluruh area wajah kecuali mata dan bibir. Dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam, oleskan krim ke seluruh wajah. Lakukan step ini selama kurang lebih 3 – 5 menit agar sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah keluar seluruhnya. Second step, tuangkan Sariayu Pembersih All in One ke kapas bulat lalu bersihkan wajah secara merata kecuali bagian mata dan bibir. Ulangi tahap kedua sampai wajah benar – benar bersih dan sisa – sisa cleansing cream terangkat semua. Third step, tuangkan baby oil ke kapas bulat dan usapkan ke daerah mata dan bibir. Lakukan perlahan hingga semua makeup terangkat. Fourth step, cuci wajah dengan menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Cuci wajah dengan gerakan memutar agar semua kotoran keluar dan bilas dengan air dingin agar pori – pori kembali mengecil. Last step, keringkan wajah dengan handuk atau tisu.

Step by Step Membersihkan MakeUp untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

And you’re done! Ritual ini selalu saya lakukan setiap malam sebelum tidur atau sehabis beraktifitas. Hasilnya Alhamdulillah saya udah jarang jerawatan, kecuali kalau lagi mau datang bulan aja sih hihihi. Pori – pori saya juga agak mengecil padahal tadinya gede – gede banget kayak kawah gunung huhuhu. Semoga postingan ini bisa dijadikan referensi untuk membersihkan wajah dari makeup dengan produk murah yang berkualitas, terutama untuk yang punya kulit berminyak dan berpori besar seperti saya. Selamat mencoba! Anyway kalau teman – teman punya tips seputar membersihkan wajah, boleh loh share di kolom komentar di bawah. See you!

delapankata by putrikpm

13 thoughts on “Step by Step Membersihkan Make-Up untuk Wajah Berminyak dan Berpori Besar

  1. Saya baru tahu kalau viva punya cleansing cream, saya malah seringnya pakai yg buat pijet muka. Kemasannya mirip ya

  2. Wah! Must-try ini. Cleansing cream Viva dan Baby oil bakal jadi wishlist. Anyway, setelah dikirimin Cetaphil, aku jadi kepincut. Tapiii, masih bingung repurchase nggak yah, penasaran sama yang Oily Cleanser-nya. Tahan sebulan sih.

  3. haloo Putrii, salam kenal ya 😀
    Step stepnya lengkap banget yaaa, aku juga punya wajah berminyak dan pori-pori besar tapi stepnya ga sebanyak kamu, karena aku malas jadi cuma pake make up remover, nivea make up clear facial wash, sama toner aja -.-
    nice post!

    1. Saya juga sama, Mbak. Kadang kalo ke kampus juga jadi ga makeup apa-apa karena males bersihinnya.

      Tapi saya tetap bookmark ini ah! Saya tetap butuh ini buat bersihin makeup kondangan. Makasih tipsnya, Mbak Putri!

  4. Kirain cewek-cewek kalau ngebersihin makeup gitu cuma asal dilap aja ._. ternyata ada caranya wkwkw

    Aku sih sebagai cowok nggak pernah pake make up wkwk kalau ngebersihin muka asal ngebasuh muka pake air dan… ya begini aja mukanya wkwk 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *