INSPIRASI KADO ULTAH BUAT IBU

inspirasi kado ulang tahun untuk ibu di tokopedia

Di bulan April ini banyak banget anggota keluarga saya yang berulang tahun. Mulai dari Nenek, Bunda CAMER alias Calon Mertua, adik saya sekaligus sepupu. Tanggal ulang tahunnya pun berdekatan, bahkan Nenek dan adik saya sama tanggalnya. Saking banyaknya yang ulang tahun, saya sampai kebingungan sendiri mau kasih kado apa karena hampir setiap tahun kami nggak absen saling memberikan kado setiap ada yang ulang tahun. Paling repot sih beli kado untuk Nenek dan Bunda CAMER karena ya namanya juga perempuan, jadi banyak mau dan kepengenannya hahaha. Mau kasih barang A, takut nggak suka warnanya, mau kasih barang B, takut nggak cocok modelnya. Terus daripada pusing sendiri mendingan online shopping aja deh. Iseng scrolling Instagram pakai hestek #kadobuatibu dan ternyata banyak banget online shop yang menjual barang-barang yang bisa dijadikan kado buat para ibu.

Baca: Rekomendasi Online Shop + Fashion Store Buat Si Curvy Size

Pencarian kado buat ibu mulai menemukan titik terang, halah bahasa saya nggak banget ya hahaha. Intinya, saya mulai nemuin berbagai pilihan kado yang menurut saya cocok untuk Nenek dan Bunda CAMER jadi sekalian aja saya tulis di sini ya siapa tahu ada yang lagi butuh referensi kado buat ibunya yang mau ulang tahun. Eh tapi kadonya juga acceptable buat para perempuan yang belum menikah atau punya anak lho, jadi ya bisa lah nanti bulan Agustus beliin saya salah satu inspirasinya hahaha.

TOP 5 INSPIRASI KADO UNTUK IBU

 Bunga (Hand bouquet)

…yang akhirnya saya pilih buat kado pertama untuk Nenek dan Bunda CAMER. Iya kado pertama, karena ada kado keduanya yang barang bisa dipakai. Ada banyak online shop yang menjual hand bouquet super cantik yang pastinya bakalan diterima dengan sepenuh hati sama para ibu yang berulang tahun. Saya sendiri aja jatuh cinta sama hand bouquet yang saya kasih ke Bunda Mertua.

INSPIRASI KADO ULTAH BUAT IBU

 Pashmina atau Scarf

Kalau yang berulang tahun berhijab, hadiah yang satu ini bisa jadi pilihan paling favorit. Tapi nggak hanya buat yang berhijab sih, karena pashmina bisa jadi kain penutup kepala saat pakai helm ojek atau mix & match sama baju kondangan. Multifungsi kan?

via GIPHY

 Fashion Thing

Tas, sepatu, baju endebre-endebre (sebenernya sih Pashmina sama Scarfnya bisa masuk di sini ya hahaha) ini jadi kado paling sering dipilih sama sebagian orang. Asal pastikan lagi jenis bahan, bentuk dan ukuran yang cocok atau minimal sesuai style yang dikasih hadiah ya. Kan sayang kalau udah mahal-mahal beli kado eh nggak kepake.

‍ Karikatur

Kado yang lagi nge-hits karena ya gemes aja pajangan rumah isinya foto kita tapi bentuk karikatur dan diwarna-warniin gitu. Tapi berhubung Odi udah terbiasa ngegambarin Nenek dan Bunda, jadi opsi yang satu ini nggak kepakai buat saya.

 Makanan Favorit

Kalau misalnya bingung mau beliin apa, beliin aja makanan favorit. Kemarin saya beliin Nenek martabak telor + daging sapi favoritnya beliau dan langsung ludes dimakan berdua sama Kakek. Antara so sweet dan lapar sih mereka hahaha. Kalau Bunda sih akhirnya saya dan Odi beliin kue cokelat di toko kue langganan. Nasib si kue mirip-mirip lah sama si martabak, ludes tak bersisa. Mereka bahagia, saya juga bahagia ngeliat mereka bahagia. Sungguh kalimat yang muter-muter diantara kebahagiaan.

via GIPHY

PS: Gif di atas ini nyenenngin amat yak? HAHAHA. Begitu pertama kali ngeliat saya ngakak sejadi-jadinya *lol*.

Kelima barang di atas ini sebenernya gampang banget ditemuin di online shop yang jualan di Instagram, tapi menurut saya kurang sreg aja jual-beli nggak pakai platform marketplace. Kemarin sebelum menemukan toko bunga yang oke di Tokopedia, saya sampai berkali-kali gagal pesan karena online shopnya hanya punya akun Instagram aja. Kan kalau di Instagram gitu nggak jelas terpecaya atau nggak ya, beda kalau di Tokopedia yang sudah pasti ada rating dan review dari si pembeli selanjutnya yang bikin calon pembeli kayak saya jadi percaya. Padahal sih cara buka toko online di Tokopedia itu super mudah. Saya bilang mudah karena saya juga punya akunnya dan ramai loh interaksinya. Satu jam setelah dipasang aja langsung ada yang nanya-nanya dan beberapa hari kemudian langsung deal, padahal harga barang yang saya jual itu berjuta-juta.

inspirasi kado ulang tahun untuk ibu di tokopedia

Buat yang penasaran gimana cara berjualan di Tokopedia, saya detailin di sini aja ya sekalian:

  • Buat Account di Tokopedia

Buka dulu website Tokopedia di desktop atau melalui aplikasi mobilenya, lalu daftarkan akun menggunakan email ataupun facebook.

  • Buka Toko

Setelah memiliki akun Tokopedia, klik tulisan BUKA TOKO yang ada di pojok kanan atas tampilan home.

  • Isi Informasi Toko

Isi semua form yang tersedia dengan informasi soal toko, mulai dari nama toko, domain toko (btw, nama dan domain toko harus benar ya gengs karena nggak bisa diubah-ubah), lalu slogan toko, deskripsi toko dan agen kurir pengiriman. Setelah langkah awal pembukaan toko telah selesai dilakukan, selanjutnya tinggal ditulis deh apa aja barang yang dijual, lokasi toko atau domisilinya, nomer telepon (in case butuh fast response) terus yang terakhir upload avatar toko yang biasanya cuma pakai logo aja – kayak punya saya btw.

Terus kalau soal agen kurir pengiriman itu kudu bener-bener dipertanggungjawabkan ya gengs, duh bahasanya sok banget hahaha. Soalnya kan kalau ternyata nggak bisa stand by untuk kirim paket via Go-Send atau Grab Parcel, kan kasian calon pembeli yang mau beli buru-buru. Soalnya saya pernah ngalamin tuh, udah butuh cepet-cepet dan di informasi tokonya tertulis kalau dia bisa via Go-Jek Instant Courier, eh ternyata dia nggak ready di rumah. Jadinya saya nunggu barang dikirim pakai kurir pengiriman biasa. Sebel! 🙁

Baca: Pengalaman Jadi Pengguna Go-Jek

  • Kalau semuanya sudah diisi, baru deh klik BUKA TOKO dan bisa langsung jualan deh.

Memulai jualan online di Tokopedia juga mudah banget sih. Cukup pilih menu TAMBAH PRODUK, lalu isi informasi produk yang mau dijual. Kalau misalnya nggak punya barang dan cuma mau jadi reseller, bisa juga tinggal pilih menu PELUANG dan kita bisa nemuin berbagai toko yang siap di-dropship-in sama kita.

Kenapa saya nyaranin banget para online shop ini punya akun di Tokopedia? Karena ya biar semakin terpecaya aja dimata konsumen. Biar sama-sama enak gitu, alias nggak saling was-was takut ketipu atau hal-hal yang nggak enak lainnya. By the way, kalau mau cari info seputar tips jualan online, bisa banget baca-baca blognya Tokopedia yang menurut saya mudah dimengerti dan berguna banget buat yang baru mau mulai punya toko online sendiri.

Semoga informasinya berguna buat teman-teman yang mau cari kado sekaligus mau coba usaha dan ngedapetin uang dari hasil jualan online ya. Thanks for reading! xoxo

 

 

 

 

 

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *