Lari Mengelilingi Candi Prambanan Bareng Teh Javana

Jpeg

Jogja memang selalu ngebuat kangen dan betah berlama – lama disana. Salah satu daya tarik yang paling memikat adalah keberadaan beberapa candi – candi yang indah plus berlokasi di tempat yang emang mendukung banget. Buktinya selama sudah 5 tahun pacaran sama Odi, saya masih sering ke kompleks Candi Prambanan berkali – kali loh. Selain karena memang suka dengan suasananya yang instagram-able, suasananya juga masih asri banget. Dulu, sempet kepikiran pengen jogging di sekitar Candi Prambanan, karena udaranya kalau pagi beneran sejuk loh. Cuma idenya dari dulu nggak pernah terealisasi, selain karena jauh dari rumah Odi, saya juga nggak bisa lari hahaha. Makanya pas Teh Javana menggembar – gemborkan kampanye Mana Indonesiamu dengan menyelenggarakan Teh Javana Candi ke Candi 10K, saya jadi excited sendiri!

Bertempat di fX Lifestyle Center hari Sabtu (21/11) lalu, saya menghadiri press conference Teh Javana Candi ke Candi 10K. Acara ini dihadiri oleh Aristo Kristandyo (Group Head of Marketing Beverages Wings Food), Tito Prabowo (Race Director Tempo Impresario), Dese Yusubrata (Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia), dan Rudi Rohmansyah (perwakilan dari Komunitas lari deBrads). Ternyata, kampanye Mana Indonesiamu adalah gerakan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan cerita, tulisan, kutipan, foto, video atau segala bentuk ungkapan positif lainnya mengenai potensi Indonesia yang dijalankan oleh Teh Javana. Tujuannya, supaya potensi serta kekayaan budaya, komoditas, ilmu pengetahuan sampai potensi SDM yang dimiliki Indonesia mendunia. Salah satu kegiatan dari rangkaian kampanye Mana Indonesiamu adalah Teh Javana Candi ke Candi 10K dan 5K.

Jpeg
Penyerahan Persembahan dari Teh Javana ke pihak Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

“Perhelatan lari wisata Teh Javana Candi ke Candi 10K dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat kekayaan Indonesia yang sudah dikenal di dunia.” – Aristo Kristandyo.

Untuk menyelenggarakan event ini, Teh Javana bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Tempo Impresario dan didukung oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Kementrian Pariwisata, Taman Wisata Candi (TWC), PB PASI, Personil Kepolisian dan TNI dari Klaten serta Sleman. Pemilihan kompleks Candi Prambanan untuk menjadi lokasi acara ini pun benar – benar dipikirkan matang – matang. Salah satunya adalah karena Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

Ada 2 jenis jarak yang bisa dipilih para peserta, mulai dari 5K sampai 10K. Jalur larinya pun menurut saya lumayan menantang. Jadi para pelari akan melewati beberapa candi di kompleks Candi Prambanan seperti Candi Bubrah, Candi Sewu, Candi Lumbung dan Candi Plaosan. Event lari yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini ternyata banyak peminat. Sekitar 2000 pelari sudah mendaftar di acara yang menurut saya bakalan seru banget. Gimana nggak seru, kebayang nggak gimana paslari rame – rame terus jalurnya mengitari bangunan candi – candi dan arca – arca yang ada di kompleks Candi Prambanan? Duh, saya jadi mupeng dan pengen terbang ke Jogja sekarang juga huhuhu.

Salah satu faktor yang menarik menurut saya adalah peraturan yang dibuat oleh tim penyelenggara bahwa event lari ini khusus untuk masyarakat Indonesia. Soalnya tim penyelenggara memang berharap masyarakat bisa membudayakan lari sebagai olahraga murah meriah sekalian mengenal candi – candi yang ada di dalam kompleks Candi Prambanan. Asyik banget kan lari – larian sambil menengok warisan budaya yang emang udah dikenal di seluruh dunia ini?

Event lari ini rencananya bakalan diadakan hari Minggu, 29 Nopember 2015 (Minggu ini loh) mulai dari jam 6 pagi buat yang 10K dan 5 menit setelahnya buat yang 5K. Perbedaan waktu mulai sih kayaknya biar nggak bikin bingung para pelari. Soalnya jalurnya kan sama, cuma bedanya kalau yang 10K larinya agak lebih meluas keluar.

Selain event lari, ternyata masih banyak rangkaian acara Mana Indonesiamu. Soalnya, Teh Javana juga bikin Festival Kuliner dan Festival Musik di Lapangan Brahma Candi Prambanan. Salah satu pengisi acaranya itu Shaggy Dog, band favorit saya pas jaman SMA hahaha. Ah, jadi kebayang gimana serunya acara – acara Mana Indonesiamu-nya Teh Javana weekend ini di Jogja. *mendadak galau*

Selain event yang bakalan bikin heboh kompleks Candi Prambanan weekend ini, ternyata Teh Javana sudah sejak awal mengangkat hal – hal yang Indonesia banget untuk menjadi bagian dari dirinya. Terbukti saat terpilihnya saya eh maksudnya Maudy Ayunda sebagai brand ambassador karena Maudy sudah membuktikan kecintaannya terhadap Indonesia. Masih inget kan berita waktu Maudy jadi tourguide-nya PM Inggris waktu mampir ke Indonesia? Maudy dengan bangga memperkenalkan batik dan bermacam – macam kebudayaan Indonesia. Ini adalah salah satu alasan mengapa Teh Javana memilih Maudy. Nggak sampai disitu aja ternyata, Teh Javana bahkan bekerjasama dengan Tohpati buat merubah lagu Zamrud Khatulistiwa untuk dijadikan jingle Teh Javana. Keren ya?

Jpeg

Jadi buruan gih beli tiket buat ke Jogja dan selamat lari – larian sambil mengelilingi Candi Prambanan ya!

Baca Juga:

9 Comments

  1. Baca ini jadi kangen Jogjaaaa…..rencana minggu ini mau pulkam.Tapj gak jadi.Hiks…Wiih keren ya Teh Javana jadi sponsor acara keren gini.

  2. Bagusnya, penyelenggaranya juga sampai menyediakan titik untuk selfie. Memang sebaiknya diatur seperti itu karena pelari yang suka selfie katanya sih suka mengganggu pelari yang sebenarnya. Tapi kalau disediakan area tertentu kan semoga aja jadi lebih lancar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *