Liburan Bareng Kakek Nenek Di Lombok

Saat menemani kakek yang dirawat di RS, tiba – tiba saya kepikiran untuk ajak beliau dan juga nenek untuk liburan. Selain untuk membantu proses penyembuhan kakek yang kata dokter harus sering – sering ngerasa bahagia, liburan kali ini sekaligue melepas rindu karena kami bertiga jarang sekali liburan bareng. Biasanya saya sama nenek aja yang kemana – mana harus berdua dan kakek hanya di rumah. Dan kadang juga nenek sama kakek yang liburan bareng, giliran deh saya yang jaga kandang.

Awalnya sih saya mau ajak mereka berdua liburan yang deket – deket aja, di sekitaran Jakarta atau ke Bandung. Tapi ternyata nenek malah punya permintaan khusus. Beliau pengennya saya ajak ke luar Pulau Jawa. Alasannya sih bosan karena pemandangan Jakarta dan sekitarnya ya begitu – gitu aja hahaha. Sombong banget lah si nenek. Padahal beliau terakhir liburan waktu menghadiri pernikahan ponakannya di Cirebon. Itu pun setahun lalu huhuhu makanya saya bener – bener kangen liburan bareng mereka :’)

Baca: Tips Traveling Dengan Orang Tua

Setelah menimbang – nimbang beberapa destinasi, akhirnya pilihan kami jatuh kepada Lombok. Ah, siapa sih yang nggak jatuh cinta sama pulau serba ada ini?

Walaupun rencana liburan ini baru bisa direalisasikan di tahun depan, tapi nggak ada salahnya saya catat destinasi apa saja yang aman dan bisa saya kunjungi bersama kedua orang tua saya. Sengaja saya tulis di blog biar kalau ada yang butuh bisa bermanfaat juga 🙂

Pantai Kuta

Nggak, bukan Kuta yang di Bali, tapi ini beneran Pantai Kuta di Lombok yang terkenal dengan pasir putihnya yang bikin gagal move on. Selain pasirnya yang kata orang – orang bagus banget, di Pantai Kuta versi Lombok juga memiliki air yang jernih dan tenang. Rencana saya sih nggak muluk – muluk, bisa duduk – duduk di tepi pantai sambil meminum es kelapa muda juga udah Alhamdulillah banget. Intinya kakek dan nenek bisa bahagia ngeliat pemandangan pantai yang cantik dan bisa menghabiskan waktu bareng – bareng sambil ngobrol ngalor – ngidul hahaha.

Liburan Ke Lombok Dengan Orang Tua

Sebelum memasuki area pantai, saya akan melewati Desa Sade, desa dengan produksi kain tenun terbaik di Lombok. Berhubung nenek suka dengan kain tenun, nggak ada salahnya kan kalau mampir dulu ke Desa Sade dan membeli beberapa kain sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta? Oh ya, setelah cari info di beberapa artikel, kebanyakan dari mereka menyarankan untuk menawar kain tenun sebelum membeli. Mungkin tip ini juga akan berguna untuk saya dan nenek saat kalap berburu kain hahaha.

Gili Trawangan

Lupakan soal mendaki Gunung Rinjani, liburan bareng orang tua apalagi yang udah melewati setengah abad itu harus dilalui dengan santai dan menyenangkan. Mengejar sunset di Gili Trawangan adalah pilihan yang tepat saat mengajak orang tua berlibur di Lombok. Laut yang tenang dan langit yang menjingga akan membuat liburan kali ini semakin romantis. Sudah terbayang di otak saya bagaimana bahagianya nenek bisa menikmati momen matahari terbenam di salah satu destinasi impiannya sejak lama. Pesona Gili Trawangan memang nggak perlu diragukan lah. Nenek dan kakek aja dibuat jatuh cinta, apalagi saya ya hahaha.

Liburan Ke Lombok Dengan Orang Tua

Desa Sembalun

Berhubung dokter menyarankan kakek untuk lebih sering menghirup udara segar, akhirnya kami memilih Desa Sembalun menjadi destinasi yang akan kami kunjungi saat liburan di Lombok nanti. Berlokasi di kaki Gunung Rinjani, desa yang satu ini memiliki pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk. Nggak heran desa cantik yang satu ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menikmati indahnya Lombok dari ketinggian.

Baru kepikiran 3 destinasi di atas sih. To be honest saya juga masih galau mau kemana aja selama di Lombok karena saya pun belum pernah ke Lombok juga hahaha. Apalagi saya perginya cuma bertiga aja, otomatis saya juga nggak hanya mikirin destinasinya tapi juga tiket pesawat dan hotelnya.

Kebayang nggak sih ditengah segudang deadline dan rentetan meeting tanpa henti saya harus compare harga airlines dan villa – villa di Lombok buat liburan kali ini? Nggak kebayang karena ya ribetnya minta ampun. Saya harus memastikan keluarga saya merasa aman dan nyaman selama perjalanan tanpa harus pakai jasa travel agent karena budget yang terbatas hahaha. Sudah seminggu lebih hunting tiket dan villanya belum ada yang goal malahan semakin galau karena ribet ngurusnya. Lalu saya tanya ke teman – teman yang hobi jalan – jalan dan mereka menyarankan saya memilih paket tiket hotel Traveloka.

Liburan Ke Lombok Dengan Orang Tua

Fasilitas terbaru di Traveloka ini ngebuat saya nggak perlu buka banyak tab di browser yang ngeribetin. Cukup dengan 1 tab bisa sekaligus booking tiket pesawat dan hotelnya. Praktis dan hemat waktu banget kan? Ditambah lagi dengan tampilan websitenya yang mudah dipahami alias nggak ribet dan nggak neko – neko. Cukup tentukan destinasi, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang di kolom pencarian tiket pesawat, lalu isi hal yang sama di kolom pencarian hotel. Voila, nggak sampai semenit sudah keluar semua deh data airlines dan harga hotel atau villa yang ingin dipesan.

Liburan Ke Lombok Dengan Orang Tua

Setelah menemukan jadwal penerbangan milik maskapai favorit dan menentukan villa yang akan kami tempati selama liburan di Lombok, saya malahan kaget karena pas mau bayar ada diskon potongan paket. Jadi kalau memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus harganya bisa lebih hemat dibanding pesan terpisah. Enak banget ya? Lumayan sisa uangnya bisa dipakai buat kulineran selama liburan hahaha rejeki anak soleh banget!

Asyik ya, sekarang kalau pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode apapun. Canggih ya Traveloka, makin cinta deh hahaha. Apalagi pas mau bayar ternyata metode pembayaran yang digunakan cukup banyak. Mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, ATM, CIMB Clicks, BCA Klikpay, Mandiri Debit, Indomaret dan Alfamart. Kalau saya sih tetep memilih transfer antar bank karena uang buat liburannya ada di tabungan cash saya alias di dalam celengan hahaha.

Baca: Cara Mengelola Keuangan Ala Nenek Saya

Seneng banget deh, semenjak ada menu Pesawat + Hotel membuat saya jadi semakin mudah mengatur perjalanan sendiri. Nggak perlu repot lagi buka banyak website jadi hemat waktu, hemat tenaga dan yang penting hemat biaya karena banyak promonya.

Mentemen ada yang sudah pernah coba pesan tiket + hotel di Traveloka atau ada yang punya masukkan destinasi liburan di Lombok yang harus saya datengin? Saya nggak sabar nih mau buru – buru ke Lombok. Doakan perjalanannya lancar dan bisa nyenengin kakek plus nenek selama liburan ya 🙂

See you on my next post!

Baca Juga:

3 Comments

  1. Kalau mau nyebrang ke Gili, ada baiknya perhatikan musim mengingat ombaknya lumayan mengayun isi perut walaupun jarak tempuhnya ngga sampai 30 menit.

    Kedua, ada 2 rute menuju tempat penyebrangan. Lewat Senggigi atau jalur Pusuk. View Senggigi cantik tapi jalannya berkelok. Sedangkan Pusuk viewnya gunung dan jalanan nanjak curam.

    Tempat penyebrangan umum adanya di Bangsal (tiket 15rb/orang). Untuk yang sewa perahu sendiri biasanya di Teluk Nare. Harga sewa perahu tergantung jenis boat dan tawar-menawar on locationn.

    Itu yang bisa kubagi based on pengalaman ke Lombok & Gili.

    Have a fun holiday, Put!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *