Malem Mingguan Bareng #DigitalCommunity dan Forum ICITY

Sabtu, 7 Februari 2015. Bertempat di Auditorium Lt. 4 Kantor Pusat Indosat, para blogger dan anggota komunitas online ngumpul bareng dalam acara #DigitalCommunity Hangout with Forum ICITY. Saat di meja registrasi, saya mendapatkan goodie bag berisi buku Srikandi Merah Putih dan run pack plus dapat pulsa 50K karena saya adalah pelanggan Indosat. Sebelum acara dimulai, para blogger dan onliners sibuk di area photobooth yang diadakan secara gratis. Para blogger juga asyik meracik sendiri minuman di area coffee break. Sayang, saya datang agak telat sehingga kehabisan camilan akhirnya saya malah keasyikan foto – foto di photobooth.

foto gudibegGoodie Bag dari Indosat^^

foto gueNggak afdol kalau nggak narsis^^

Acara dimulai dengan mini games dipandu oleh MC yang saya lupa namanya. Ada beberapa voucher Indosat yang dibagikan bagi para bloggers yang bisa menjawab pertanyaan ataupun tantangan yang diberikan. Saya kalah cepat menunjuk tangan sehingga gagal mendapatkan voucher tambahan dari Indosat. Selama acara berlangsung, saya dan beberapa teman lain sibuk ber-twitter­-an ria karena ada live tweet yang juga berhadiah pulsa. Setelah games, giliran narasumber utama hadir untuk memberikan informasi seputar ICITY.

foto narsum

Kiri ke kanan: Mbak Ghina, Mbak Devi dan Mas MC

Ada Mbak Ghina dari tim ICITY yang bersuara merdu (dan ternyata beliau mantan penyiar, bhok!) dan aktif sebagai mom-blogger. Mbak Ghina mengenalkan ICITY kepada para blogger. Jujur, sebelumnya saya sama sekali nggak paham dengan ICITY, saya pikir itu adalah forum diskusi biasa seperti forum diskusi yang lain. Ternyata, ICITY sendiri sudah ada sejak tahun 2012 dan dilahirkan dengan nama Forum Ngobrol Bareng. ICITY memiliki url www.icity.indosat.com ini adalah forum berbasis solusi komunitas pertama di Indonesia, lho. Dan ternyata forum ini sudah dapat award dari Telecom ASIA Award 2014 untuk kategori Most Advance Approached to CEM (Customer Experience Management). Jadi, sistemnya Forum ICITY itu nggak cuma berisi keluhan – keluhan seputar IT atau gadget, tapi juga ada solusi yang ditampung di Bank Solusi Komunitas. Saat ini, ICITY sudah punya 18.000 lebih member dan sudah punya lebih dari 8 juta hits alias pengunjung. Selain sharing dan ikutan komunitas, di ICITY kamu juga bisa membranding blog kamu disini. Daripada penasaran, nih saya kasih lihat bagaimana tampilan ICITY yang baru.

foto icity

Tampilan ICITY via web.

Di ICITY ada beberapa pilihan tab seru yang bisa kita kepoin. Ada Bank Solusi yang saat ini sudah punya lebih dari 2000 solusi terverifikasi, Blog yang isinya ide dan cerita komunitas Indosat. Ada juga forum Gadget dan Tekno. Kalau Layanan Indosat isinya adalah info dan promosi tentang Indosat. Di tab Komunitas, kita bisa gabung bareng bro and sist-nya ICITY. Oh ya saya lupa kasih tahu, bro dan sist adalah sapaan pengguna ICITY. Buat kamu yang suka nulis dan ngobrolin dunia film, kuliner, olahraga, travel dan segala macam hobi, mending kamu join di tab Groups.

Setelah Mbak Ghina menjelaskan panjang lebar tentang ICITY, Mas MC kembali mengajak para blogger main games. Lagi – lagi saya gagal ikutan dan dapet pulsanya karena saya nggak bisa ikutan games-nya. Acara kemudian dilanjut dengan pemaparan Mba Devi dari Divisi Digitalnya Indosat. Ada beberapa point informasi dari Mbak Devi yang menurut saya sangat informatif. Salah satunya, blogger sudah dianggap influencer paling berpengaruh di internet. Percaya nggak kalau ternyata 80% dari populasi online percaya pada informasi yang ditulis oleh blogger. Dan 61% dari populasi online juga melakukan pembelian sebuah barang atau jasa karena tulisan para blogger. Jadi blogger emang bikin bangga, euy!

Oh ya, sebenernya visi Indosat itu hampir sama dengan blogger yaitu Enriching People’s Life. Para blogger menulis untuk berbagi dengan orang lain, baik berupa informasi, ilmu ataupun pengetahuan yang tidak dialami orang lain. Nah kalau Indosat cara berbagi dan mengubah hidup orang lainnya dengan mengadakan berbagai macam campaign baik yang sosial maupun yang buat senang – senang. Salah satu diantaranya adalah #SemangatPemuda yang diadakan pada Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Campaign ini berhasil mengumpulkan pundi – pundi uang dan langsung dibagikan kepada para veteran. Kalau campaign senang – senangnya ada #AduGokilz yang mengajak Chelsea Islan dan Al sebagai ambassador-nya.

foto super userKiri ke kanan: Mas MC, Mbak Ghina, Mbak Devi, Mas Fandi dan Om Dok.

Ternyata, setelah Mbak Devi memberikan informasi seputar kegiatan digital Indosat, giliran para Super User di Forum ICITY. Di Forum ICITY ternyata ada level – level penggunanya, mulai dari Newbie sampai Super User. Mas Fandi dari Semarang dan Om Dok (maksudnya Om Dokter) dari Malang diundang khusus oleh Indosat untuk bercerita seputar pengalamannya bersama Forum ICITY. Saking serunya acara sore itu, kami semua nggak sadar kalau sudah hampir maghrib. Ternyata acara #DigitalCommunity belum selesai, ada penampilan stand up comedy oleh Mas Luqman Baehaqi. Keadaan sore itu makin riuh dengan suara cekakak – cekikik dari para bloggers karena Mas Luqman berhasil membuat kami tertawa terbahak – bahak. Akhirnya malem Minggu para blogger kali ini lebih berwarna daripada sebelumnya ya :’)

foto luqmanMas Lukemanaaja seru banget stand up comedy-nya.

Pas jam setengah 7 malam, kami dijamu dengan makanan yang yummy abis. Antrean mengular di dekat meja yang berisi makanan karena perut kami semua kayaknya serentak demo. Sambil menunggu saya dan beberapa teman bloggers sibuk mengobrol. Sambil ngobrol, saya jadi kepikiran kalau mau join di Forum ICITY. Dan kayaknya emang niat banget buat nambah ilmu, sharing info dan nambah temen, akhirnya saya sukses jadi anggota Forum ICITY 😀

foto gue 2Username saya di Forum ICITY: PutriKPM

Nah buat kamu yang kepo dan masih penasaran seputar Forum ICITY ini, kamu tinggal klik aja www.icity.indosat.com. Forum ini terbuka buat siapa aja yang mau join, lho. Tapi pastinya bagi pengguna Indosat akan mendapatkan privilege. Yuk buruan join dan menjadi salah satu bro or sist!

Baca Juga:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *