About My Life

Merayakan Patah Hati, Cara Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri.

“Bagian tersulit dari mencintai adalah harus merelakan saat dia bukan jodoh yang tepat, lalu ia akan memilih hati yang lain. Meninggalkan semua kenangan yang pernah ada. Dan di akhir, kita harus belajar merelakan dengan cara merayakan kepergiannya dan berjuang menyenangkan diri sendiri.”

Pasti setiap orang di dunia ini pernah ngerasain yang namanya patah hati dan kecewa. Dua hal tersebut emang kayaknya ditakdirkan untuk datengnya berbarengan, sepaket komplit. Nggak bisa ditunda dan diprediksi kapan patah hati itu dateng. Bahkan lebih sering datengnya pas hati lagi nggak kepengen dibuat sedih, alias pas lagi jatuh cinta. Aku pun sering ngalamin yang namanya kecewa dan akhirnya patah hati, ancur lebur sejadi – jadinya. Tapi kadang hati kayaknya bandel banget, udah tau retak tapi masih rela buat dihancur-leburin sampai nggak berbentuk lagi.

Aku paham banget, saat patah hati, dunia seakan mau runtuh. Mau makan nggak nafsu, mau kerja nggak konsen, mau pergi bingung mau kemana, ujung – ujungnya cuma bisa guling – gulingan di kasur dan menutup muka pakai bantal – sampai bantalnya basah terkena tetesan air bening yang jatuh dari sudut – sudut mata. Udah bisa ketebak ending-nya bakalan ada suara sesenggukkan dan ngedumel sendiri. Wajar nggak sih kayak gitu? WAJAR BANGET! Semua orang – dan bahkan aku sendiri – emang butuh waktu sendiri buat meredakan rasa sesak di dalem hati karena kecewa. Tapi mau sampai kapan terus menerus menyalahkan diri sendiri? Sampai kapan mau larut dari perasaan yang bikin air mata mengalir deras sederas – derasnya dan bikin bad mood terus – terusan? Oh come on, hidup nggak cuma buat nangis lebay bombay jijay dan terus – terusan meratapi diri sendiri. Life must go on!

Dan finally, aku bisa menemukan beberapa tips untuk merayakan patah hati dan kembali membahagiakan diri sendiri. Lho kenapa patah hati harus dirayakan? For me, itu tanda bahwa Tuhan masih sayang dan masih menjaga perasaan dan badan kita dari orang yang nggak seharusnya kita pilih. Tips berikut udah lumayan berhasil aku lakukan, hasil buat tiap orang berbeda – beda tergantung dengan niat dan keinginan ya.

  • Stop Stalking, Start Doing

Aku nggak bisa menyalahkan siapapun kalau pas habis patah hati masih sibuk stalking social media mantan pacar atau mantan gebetan. Aku pernah melakukannya sampai kira – kira beberapa bulan setelah putus. Hasilnya? Aku malah makin merasa cemas, khawatir, semakin cemburu dan sifat – sifat negatif mulai muncul dengan sendirinya. Bahkan aku kadang mengutuk diri sendiri karena terlalu sibuk mikirin hubungan orang lain sampai lupa kalau aku juga sedang sibuk menyakiti perasaanku sendiri. Sampai akhirnya aku sadar, harusnya aku berhenti “kepo” dan mulai melakukan sesuatu – yang tentunya lebih bermanfaat. Menulis blog salah satunya, aku mulai sibuk nulis tentang apapun. Pokoknya lebih menyibukkan diri sendiri supaya rasa patah hati dan kecewanya hilang gitu aja. Ya walaupun nggak sebentar, setelah berhenti kepo, hati juga rasanya lebih sedikit lega. Fyuh….

  • I’m busy, not dizzy!

Kadang kalau lagi patah hati suka lupa makan dan akhirnya sakit. Percaya atau nggak, saat kita mencoba menyibukkan diri sendiri, pas lagi laper ya pasti kita bakalan makan. Jadi stop ngeluhin soal sakit hati. Mulailah membuat tubuh dan pikiran kita sibuk dengan pekerjaan atau jalan – jalan.

  • Shopping till die? YES!!!

Walaupun nggak doyan belanja, saat patah hati adalah waktu yang paling pas untuk memanjakan diri. Mungkin emang budget tak terduga bakalan agak membengkak, tapi buatku daripada harus terus – terusan ngerasain sakit yang nggak enak banget, pilih mana? Aku termasuk shopaholic, bahkan dalam keadaan lagi happy karena jatuh cinta pun tetap bakalan belanja hahahaha. Tapi saat lagi dimomen patah hati yang bikin jantung cenat – cenut, aku prefer belanja online. Selain bisa menimbang – nimbang apakah barang tersebut aku beli karena kebutuhan atau karena nafsu belaka, aku juga bisa compare dengan keuangan aku. Beberapa hari lalu, aku sempet beli jam tangan merek Swatch. Selain karena modelnya yang simpel tapi lucuk (karena perpaduan warnanya yang “aku” banget), kalau pake jam tangan merek ini aku ngerasa lebih fresh dan nyaman aja. Bersyukurlah aku saat Zalora ngejual jam Swatch yang aku incer, Nggak pake mikir langsung aja beli. Hakhakhak. Setelah beli, aku bahkan sempet lupa sama rasa sakit yang sebelumnya agak bikin dada sesak gimana gitu. Yeay!

  • Bersyukur bahwa jomblo adalah anugerah!

Kebanyakan dari kita nggak sadar dan ngerasa hina saat ngejomblo. Makanya pas putus langsung kayak ngerasa dunianya langsung ancur. Padahaaaal…. jomblo itu adalah anugerah! Nggak kudu laporan sana sini kalo mau pergi, nggak perlu takut ada yang marah kalau nongkrong sama temen – temen dan lupa waktu dan masih banyak anugerah – anugerah lainnya yang nggak pernah kita pikirkan. So please, stop complaining about your single status!

  • Buka Hati Buat Yang Baru

Sebenernya, ada orang lain yang lebih care, pengertian atau bahkan yang lebih ngertiin kamu dibanding dia yang tega ngebuat hati kamu terluka – tapi tak berdarah – begitu. Cuma kamunya nggak sadar ada, atau bahkan saking sibuknya mengasihani diri sendiri. Wake up, girls! Tuhan kan udah nyiptain pasangan buat umat-Nya. Nggak usah takut, jodoh nggak akan kemana, kok :’)

  • Friends are the best medicine!

Kalau pas kamu masih berhubungan sama doi dan kamu – tanpa sadar – mulai menjauh dari teman – teman kamu, sekarang saatnya kamu dateng dan balik lagi ke tempat asalmu. Teman yang baik bakalan menerima kamu kembali, walaupun awalnya bakalan nanya kamu kenapa. Dan siap – siap buat kembali seseruan sampai lupa waktu ya! :’)

Call it heaven, guys! Your friends are the best medicine ever for your heart!
Call it heaven, guys! Your friends are the best medicine ever for your heart! (Dok. Pribadi)
  • Traveling yuk!

Menjelajahi tempat – tempat baru yang seru juga menjadi obat mujarab patah hati. Selain bisa lupa sama sakit hati, kita juga bisa nambah pengalaman seru dan teman – teman baru. Aku saranin, mending ikut travel agent dan ambil paket ke tempat baru yang belum pernah kamu datangi. Dengan begitu, kamu bakalan lupa sama rasa sakitnya dan lebih sibuk berjelajah! Salah satu destinasi wisata yang aku saranin adalah, Pulau Belitung (dibaca: Belitong). Panorama pantai dan lautnya yang biru bakalan bikin kamu relax. Kamu bisa sekedar jalan – jalan menyusuri pantai berpasir putih atau bisa juga snorkeling.

Me in Belitong island!
Snorkeling :3
Snorkeling :3

Mungkin segitu dulu kali ya tips sederhana untuk merayakan patah hati. Kalau bukan kita yang membahagiakan diri sendiri, lalu siapa lagi? Semoga setelah ini, kamu semakin bisa mencintai dirimu sendiri dan berhenti menyalahkan keadaan. Semoga luka hatinya segera kering dan selamat merayakan patah hati!

With love, PutriKPM 🙂

26 Comments

  1. Kadang, kalau udah pacaran kita tergantung sama orang lain. Mamah aku pernah kasih nasehat, “Boleh pacaran tapi kasih perhatian kamu cukup 10% aja, selebihnya adalah buat diri sendiri.” Kenapa? Biar kalau putus kita tetap punya kendali atas diri kita sendiri.

    1. Setuju, Mbak^^ Justru kita harus pinter membahagiakan diri sendiri. Sekalipun putus nggak akan ngerasa sedih – sedih banget 😛

  2. Ahaaaiii, selalu SUKAAAA cara Putri mengemas isu apapun 🙂

    1. Hai, Mbak. Terima kasih sudah berkunjung^^

  3. cara piknik lebih seru ya mbak…

  4. @ranselahok

    Hahaha… begitulah hidup mbak.. Keep moving.. do the best..

    With love,

    @ranselahok
    http://www.husinpeng.com

    1. Hihihi iya, Koh. Ada saatnya untuk membahagiakan diri sendiri saat sedang patah hati^^

  5. Mbaaaak, aku pengen bgt lhooo ke Belitong ^^
    Tisp2 di atas emang obat paling mujarab kok buat obat patah hati 😀

    Aku salah satunya curhat di blog 😀

    1. emang melly lagi patah hati? 😀

      1. Waktu itu mbak 😀
        Nanti deh aku curhat soal patah hati ini ya wkwkwkw *puas? 😀

      2. aku no komen ah :3

    2. Tips ku, kalau ke Belitong pakai travel agent Bella. Dan minta dipandu sama Ryan / Obi. Mereka helpful banget. Bilang aja rekomendasi dari Putri – Agrakom ^^

  6. Travel heals all wounds 😀

  7. Awan

    Ahaiiii Tips moveon-nya keren… apalagi yang bagian jalan-jalan itu kudu bin wajib untuk merefrehing hati dan otak… heheheh

    Waaah Mba Putri ke Beleitung ya… sempat ke pulau pasir ga Mba? disana bagus bangat foto sama bintang2 laut… jadi pengen ke Belitung lagi 🙂

    1. Iyaaa aku ke pulau pasir juga kok 😛

  8. Laki-laki ga cuma dia, dunia juga ga selebar daun kelor hihihih

  9. Hakhakhak… Iya ibu hijabers! Maaci :*

  10. hehehe setuju. Kalau bukan kita lagi yang membahagiakan diri sendiri, siapa lagi? 🙂

    1. Yes! Setuju Mak ^^

  11. hihihi shoping till die nya itu loh mba T_T bikin mau nangis lihat dompet oleng

    1. Muahahahahaha gpp laaah demi kebahagiaan diri sendiri :p

  12. [REVIEW MAKE UP] Lipstick and Lipgloss Under 50K by Zoya | Delapan Kata

    […] minggu lalu aku sempat berantem sama pacar, dan salah satu obat penyembuh rasa kesel yang mujarab adalah dengan belanja. Entah kenapa langsung kepikiran buat belanja lipstick. Sebenernya kalau […]

Leave a Reply

Required fields are marked*