MixRadio Bikin Streaming Musik Jadi Makin Asyik!

Siapa yang nggak suka dengerin musik? Kalau aku, hampir di setiap aktivitas selalu dikerjakan sambil denger musik. Mulai dari dengerin musik di radio konvensional dengan frekuensi AM atau FM, sampai streaming online dengan menggunakan berbagai macam aplikasi. Kalau lagi di perjalanan, radio di mobil selalu aktif dan aku sudah punya beberapa channel radio favorit. Kalau di kantor, PCku otomatis kesambung ke beberapa saluran streaming yang sudah ter-bookmark. Aku termasuk tipe orang yang nggak bisa hidup tanpa musik, serius deh! Cuma ada beberapa problem kalau lagi streaming lagu, aku ribet kalau harus skip lagu yang aku kurang suka. Kalau streaming radio, udah pasti nggak bisa diskip, ujung – ujungnya aku kudu kecilin volumenya dulu baru kalau lagunya udah selesai aku gedein lagi. Kalau streaming di situs penyedia jasa berbagi video yang terkenal itu, kadang lagunya yang ke-play itu – itu lagi. Udah gitu, aku kadang diomelin temen kantor karena gara – gara aku streaming, yang lain jadi buffering hahaha. Dan masih banyak hal – hal sepele yang bikin aku bete pas dengerin musik. Sampai akhirnya temanku menyarankanku untuk download aplikasi yang namanya MixRadio. Namanya cukup familiar sih, seingatku dulu di henpon lamaku, aku pernah punya aplikasi ini.

Asyik banget dengerin musiknya, Cah Ayu? :))))
Asyik banget dengerin musiknya, Cah Ayu? :))))

“MixRadio adalah layanan streaming music paling mudah digunakan dan paling personal di dunia.”

Dengan satu sentuhan tombol merah jambu (aku menyebutnya si pinky), MixRadio menghadirkan suatu mix lagu unik yang disesuaikan dengan selera pribadi bagi para pecinta musik. Seingatku, aplikasi ini buat streaming musik, lupa – lupa inget sih. Soalnya si MixRadio ini lahir di tahun 1999 dan diakuisisi oleh Nokia di tahun 2004 – 2006 dan diberi nama Nokia Music. Barulah di tahun 2012 Nokia Music berubah menjadi Mix Radio. Dan di tahun 2014 sampai saat ini, MixRadio melepaskan diri (dari Nokia) dan menjadi sebuah bagian LINE Corporation.

Tampilan MixRadio di androidku. Klik untuk memperbesar.
Tampilan MixRadio di androidku. Klik untuk memperbesar.

MixRadio nggak cuma bisa didownload di android loh, bisa di iOs, Windows Phone dan Player Web. Aku download aplikasi ini di androidku. Baru download sebentar, eh aku langsung keasyikan streaming abis – abisan. Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa aku pilih MixRadio sebagai layanan streaming musik kesayangan aku:

Si Pinky kesayangan aku
Si Pinky kesayangan aku

Warna Temanya dan Iconnya Lucu!

Percaya nggak percaya, aku termasuk tipe orang yang judge something by it look. Mungkin kedengerannya klise, tapi jujur deh nggak mungkin kan kita memasang sebuah aplikasi di ponsel pintar kalau nggak karena temanya lucu atau minimal icon-nya eye catching. MixRadio hadir dengan warna pink fushia yang lucu – lucu emesh gimana gitu. Selain salah satu warna favoritku, menurutku dengan pemilihan warna terang ngebuat MixRadio jadi terlihat ceria sekaligus humble. Seolah pengen bilang, “Gue temen baru kalau lo pengen dengerin musik dan lo bakalan jatuh cinta sama gue!” dan dia bener, aku jatuh cinta sama si pinky ini hahaha. Selain itu, iconnya yang melambangkan emot tersenyum – sebenernya gambar headphone dibalik sih hahaha – kesannya friendly. Lucu – lucu emesh minta dimainin gitu deh. (((dimainin)))

wpid-2015-07-12-04.27.44-1.jpg.jpeg

Mudah Digunakan!

Kalau dari tampilan luarnya udah memikat, gimana bagian dalemnya? Aku bisa bilang aplikasi streaming musik ini emang easy to use and friendly! Sebelum masuk ke menu utama, aku sarankan kamu untuk sign-in terlebih dahulu. Gunanya, kalau sewaktu – waktu hpmu ke reboot atau hilang (amit – amit), kamu masih buka mix kamu di hp lainnya. Kamu bisa sign-in pakai email atau akun social media milikmu. Kalau aku sih lebih prefer menggunakan email aja. Soalnya gampang diinget dan aku emang sering banget lupa password social mediaku hahaha.

Setelah log-in, kamu bakal ngeliat 4 menu yaitu My Mix (icon love), Themes dan Genres (icon headphone), Add Mix atau Recent Mix (icon plus) dan Downloaded Mix (icon download). Sesuai nama dan iconnya, keempat menu ini emang ngebuat streaming musik kamu nggak ribet. Iconnya yang familiar, ngebuat aku jadi gampang nyaman menggunakan aplikasi ini. Untuk pemula, aku mulai dari icon love (My Mix) dengan memilih artis atau playlist yang aku suka. Ini sama aja kayak ngebuat Mix aku dari awal, jadi aku pilih artis atau jenis playlist yang pengen aku dengerin. Nah kalau sudah ke save, aku bisa utak – atik atau menambahkan artis favoritku di icon headphone (Genres). Oh ya, kita bisa bikin banyak Mix loh, tinggal buka icon plus dan tambahin Mix as much as you want! Di icon headphone ini juga kita bisa dengerin Mix – Mix yang udah kita buat. By the way, kita bisa mainin Mix kita secara offline loh! Iya, nggak pakai kuota sama sekali. Caranya gampang, buka icon download dan kamu bisa download Mix kamu supaya bisa didengerin secara offline. Aku saranin kalau mau download koneksimu pakai wifi biar lancar jaya ngedownloadnya : ))

Menurutku, dengan adanya 4 menu ini ngebuat MixRadio sebagai aplikasi yang simple tapi banyak lebihnya. Ibarat beli paket murah meriah di restoran fast food, eh dapet dessertnya banyak terus bisa nambah berkali – kali tanpa bayar lagi. Asyik ya?

wpid-2015-07-12-04.27.49-3.jpg.jpeg
Tampilan di homescreen yang terlock. Klik untuk memperbesar.

wpid-screenshot_2015-07-22-09-20-24.png

Banyak Pilihan Lagunya!

Namanya aplikasi streaming musik, yang diharapkan pengguna pasti banyaknya pilihan lagu, genre dan penyanyi. MixRadio ngerti banget nih kemauan penggunanya. Dengan menghadirkan 36 juta lagu, seluruh genre musik mulai pop sampai underground ada semua di aplikasi yang jadi sahabatku ini. Bahkan dangdut yang menjadi kebanggaan Indonesia pun juga hadir di MixRadio. Aku kan anaknya banyak maunya, jadi di MixRadio aku nge-likes beberapa penyanyi dan memilih genre musik yang beda – beda. Dan kayaknya makin lama aku bakalan punya banyak Mix yang aku download biar bisa puas dengerin via offline. *nggak mau rugi*

Dengan memiliki katalog 36 juta lagu dan 10ribu kurasi mix lagu, ngebuat MixRadio menjadi layanan streaming musik yang mudah digunakan dan paling personal di dunia. Yaiyalah, secara MixRadio kan menyimpan Mix milik penggunanya. Jadi si pengguna berasa punya temen dengerin musik yang ngerti kemauannya. Bahkan MixRadio saat ini sudah tersedia di 31 negara dan salah satunya adalah Indonesia. *bangga*

Banyak ya pilihan jenis musik, kurasi playlist dan penyanyinya. Bikin betah streamingnya :)))
Banyak ya pilihan jenis musik, kurasi playlist dan penyanyinya. Bikin betah streamingnya :)))

Dukung Musisi Indonesia Dengan Nggak Beli Bajakan!

Salah satu cara mendukung musisi Indonesia ya dengan nggak beli kaset atau cd bajakan. MixRadio ngerti banget caranya melindungi hak cipta para musisi. Seluruh lagu yang ada di dalam aplikasi ini didapatkan dengan cara legal dengan bekerjasama dengan labelnya. Dengan begitu, para pengguna MixRadio masuk ke dalam golongan manusia baik karena mendukung musisi Indonesia tanpa ngerugiin mereka. Keren deh si pinky ini. Salut!

Jangan Cuma Denger Musiknya, Kenalan Dengan Profil Penyanyi dan Hargai Lagunya Dong!

Kebanyakan sebagian dari kita hobinya skip lagu yang intronya kurang pas di telinga. Padahal kalau kita sabar sedikit, siapa tahu ternyata lagu itu bisa jadi favorit kita. Nah MixRadio kayak pengen penggunanya menghargai karya orang lain. Soalnya, kita nggak bisa seenaknya skip lagu. Kalau sudah 6 kali skip, akan muncul notifikasi dan menyuruh kita membuat Mix baru biar wawasan musik kita makin luas. Selain itu, pengguna juga bisa kenalan lebih dekat dengan mengetahui profil artist saat MixRadio sedang memutarkan lagunya. Simpelnya, MixRadio bikin pengalaman denger musik makin asyik sambil belajar mengenal penyanyinya kan? Coba deh!

wpid-2015-07-12-04.27.47-1.jpg.jpeg

Profil artist
Profil artist

Dari semua keunggulan MixRadio, yang paling penting ini GRATIS book! Jadi, menurut info yang aku dapat pas acara Buka Puasa Bersama MixRadio (Juli 2015) di MidTown Bistro & Bar, MixRadio saat ini masih menggratiskan seluruh layanannya. Walaupun, nantinya sih kayaknya bakalan ada premiumnya dan pastinya dengan banyak layanan tambahan yang bikin pengguna nggak bisa move on dari si pinky unyu – unyu emesh ini. Bahkan, waktu bulan Ramadhan lalu, MixRadio meluncurkan Mix Ramadhan Selera Indonesia. Berisi kompilasi lagu – lagu lama dan baru yang disatukan ke dalam beberapa playlist seperti: Pop Ramadhan, Sambut Ramadhan, Religi Islam, Ramadhan & Cinta serta Islam Pilihan.

“Kami berharap Mix Ramadhan bisa menjadi teman di segala aktivitas pengguna MixRadio. Mulai dari di saat sahur, berbuka, di perjalanan atau bajkan ketika menunggu waktu buka puasa.” Ujar Mbak Upik Muditya, Country Manager MixRadio Indonesia.

 Ada beberapa hal yang membedakan MixRadio dengan aplikasi sejenis:

  • MixRadio ngebuat pengguna serasa punya asisten streaming musik pribadi. Mesin rekomendasi yang ditanamkan pad aplikasi ini ngebuat pengguna nyaman karena kalau kita skip sebuah lagu, MixRadio menyimpan perintah bahwa pengguna nggak mau dengerin lagu itu lagi. Jadi lagu itu nggak bakal keputar lagi loh. Asyik kan?
  • MixRadio memiliki tim ahli musik yang antusiasnya tinggi serta berpengetahuan luas dalam dunia musik di seluruh dunia. Jadinya, seluruh lagu yang ada di dalamnya sudah melalui tahap seleksi ketat dan dikelola dengan baik sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • MixRadio berhubungan langsung dengan industri hiburan dan music di lingkup lokal bahkan hingga skala global. Hal ini ngebuat MixRadio selalu up to date dalam seluruh lagu yang disimpannya.
  • MixRadio paham banget kalau nggak semua pengguna bisa selalu terkoneksi jaringan internet. Dengan adanya fasilitas offline, MixRadio selalu hadir dimanapun dibutuhkan. Pengguna bisa tetap asyik mendengarkan Mix-nya tanpa khawatir saat tak dapat sinyal.

Buat yang penasaran, buruan deh download aplikasi MixRadio di android, ios ataupun windows phone kamu dan nikmati cara asyik streaming musik favorit kamu. Happy listening!^^

wpid-2015-07-12-04.27.49-2.jpg.jpeg

 Thanks for reading!

thanks for readingTwitter // Instagram // Facebook

Baca Juga:

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *