Mudahnya Beli Mobil dan Motor dengan Carmudi

Cuaca Jakarta hari ini bener – bener gloomy – gloomy mager yang ngebuat saya telat datang ke kantor. Hujan deras yang nggak berhenti dari semalem ngebuat jalanan di depan komplek rumah saya tergenang sekitar 10 senti, dan karena nggak ada yang nganterin, saya jadi agak siangan berangkat ke kantornya. Naik metromini 42 jurusan Pulogadung – Pondok Kopi, saya dengan PD duduk manis tanpa bawa buku atau novel yang biasa saya bawa. Maklum, naik metromini itu mesti sabar karena ngetemnya luama buanget! Bener aja, sampai stasiun sudah jam setengah 10, padahal saya jalan dari rumah jam setengah 9. Kalau naik motor atau mobil sendiri, harusnya dari rumah ke stasiun cuma butuh waktu 15 menit aja. Kesel banget sih, cuma ya mau gimana nggak mungkin saya naik ojek karena hujan masih cukup deras untuk membuat saya basah kuyub kayak abis nyemplung ke got. Udah gitu, KRL yang setia nganterin saya pulang dan pergi tiap harinya telat. Akhirnya setelah 3 jam bertempur dengan hujan, saya baru sampai kantor. Pas banget meeting pagi yang tadinya mau diadain jam 11 molor sampai jam setengah 1.
Ngerasain capek karena tua di jalan bagi saya bukan hal yang baru, tapi lama kelamaan rasanya jenuh juga. Saya jadi kepikiran buat beli motor sendiri. Sebenernya di rumah ada motor saya, tapi lebih sering dipake Kakek buat ngunjungin cucu – cucu dan anak – anaknya yang sudah ‘misah’, saya jadi nggak tega kalau make motor itu juga. Tiba – tiba saya keingetan pacar saya yang lagi jual mobilnya di salah satu situs jual beli kendaraan yang kata dia lagi happening banget. Saya juga ingat saat saya ikut acara Fun Blogging beberapa minggu lalu, Carmudi jadi sponsornya.

Saya langsung mengakses www.carmudi.co.id dan nyari tahu apa saya bisa dapetin motor sesuai yang dengan dompet tipis saya mau. Di home page situs yang melabelkan dirinya sebagai “Situs jual beli kendaraan no. 1” ini memudahkan para calon membeli untuk menentukan jenis dan merek kendaraan yang ingin dilirik. Ternyata, Carmudi nggak cuma ngejual mobil dan motor, tapi juga ngejual truk yang mungkin dibeli sama individu atau perusahaan. Selain itu, ada kolom testimoni dari para pengguna Carmudi yang puas dengan hasilnya. Di bagian bawahnya, ada kolom listing pilihan dan rekanan pilihan. Untuk rekanan pilihan isinya adalah dealer – dealer penjual kendaraan yang mungkin sudah bekerjasama dengan Carmudi. Selain menjadi wadah jual beli kendaraan, ternyata Carmudi juga mengisi websitenya dengan informasi menarik seputar kendaraan dan menjadikannya dalam berbagai artikel. Okay, setelah saya klik kolom range harga dan lokasi, saya langsung klik tombol cari.

carmudi 1
Ternyata pencarian saya membuahkan 3083 hasil. Berbagai jenis motor dijual dengan harga dan deskripsi yang bervariatif. Saya langsung tertarik pada sebuah motor matic yang dijual dengan harga 11juta ini.

carmudi 2Satu poin untuk Carmudi yang membuat saya kagum, lengkap! Banyak kolom – kolom penjelasan tentang spesifikasi barang yang dijual yang membuat calon pembeli seperti saya mudah mengetahui kondisi asli dari barangnya. Contohnya motor yang satu ini, persis di bagian bawah foto terdapat penjelasan tentang tanggal keluaran motor, jenis bahan bakar, keadaan pakai (baru atau bekas), lokasi si pembeli dan ID pembeli. Untuk deskripsi lebih jelasnya kondisi kendaraan yang dijual ditaruh di bawah deskripsi dasarnya. Yang paling penting, nomer telepon penjualnya juga dipajang, jadi pembeli bisa langsung nelepon ke si penjual dan nego pun dimulai. Atau buat yang mau nanya – nanya dulu juga bisa, tinggal isi nama dan email serta pertanyaan buat si penjual. Kira – kira kalau nanya penjualnya masih jomblo boleh nggak, ya? digetok

carmudi 3carmudi 4 Highlight kuning untuk berinteraksi dengan penjualnya langsung.

Melihat kemudahan yang ditawarkan Carmudi, saya jadi penasaran apakah aplikasinya juga mudah seperti webnya. Karena di awal web ada info kalau Carmudi punya aplikasi yang bisa didownload di smartphone (google play), saya jadi download dan nyoba buat cari – cari motor idaman saya.

Screenshot_2015-01-22-15-04-25

Screenshot_2015-01-22-17-18-56Screenshot_2015-01-22-17-19-32Screenshot_2015-01-22-17-19-38
Ternyata, aplikasi Carmudi nggak hanya bisa cek penjual kendaraan di Indonesia aja, ada juga negara – negara lain seperti Filipina, Qatar, Ghana, Congo, dan masih banyak lagi. Setelah memilih negara, akan ada pilihan bahasa. Karena bahasa Inggris yang pas – pasan cinta tanah air, saya memilih bahasa Indonesia.
Berbeda dengan versi webnya, ternyata versi aplikasinya menawarkan beberapa kolom filter yang memudahkan proses pencarian barang yang diidam – idamkan pembeli. Adanya filter model, tahun, dan kondisi ini saya yakin juga dibutuhkan oleh beberapa konsumen, atau mungkin seluruh konsumen? Entahlah, tapi menurut saya tambahan filter – filter tersebut akan lebih membantu jika ada di webnya. Serta, tambahan filter cari baru atau bekas yang ada di aplikasi pasti useful kalau ditambahkan ke dalam versi web.

Screenshot_2015-01-22-17-28-36
Setelah mengisi kolom filter, barulah aplikasi ini bekerja sesuai keinginan saya. Dan ternyata saya ketemu pilihan lain, sama – sama matic sih cuma harganya lebih murah! keliatan nggak mau ruginya banget, ya. Di aplikasi ini nggak banyak berbeda dengan yang versi web, cuma kalau kita pencet tombol “hubungi sekarang”, nomer telepon si penjual langsung keluar di layar hp.

Screenshot_2015-01-22-17-34-48Screenshot_2015-01-22-17-37-00
Overall, saya suka dengan Carmudi yang memudahkan saya untuk mencari kendaraan yang saya butuhkan. Mungkin butuh sedikit perbaikan pada aplikasi di smartphone nya agar lebih cepat dan nggak sering force stop 🙁
Nah sekarang, saya pengen ngehubungin penjual motor yang saya suka. Bukan penjualnya, motornya lho ya. Di fotonya sih gambarnya masih lumayan oke, makanya saya mau nelpon buat liat keadaan motornya langsung. Kalau jodoh, besok – besok saya nggak harus telat ngantor karena bawa kendaraan sendiri deh.

Baca Juga:

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *