Now You Know – Membuat Header Postingan Dengan PSD

now you know vol 2 putrikpm

Karena minggu lalu di postingan Now You Know Vol. 1 saya udah ngebahas lettering fonts wajib punya, kelanjutannya di minggu ini mau bikin tutorial ala – ala dengan font yang sudah didownload. Kebetulan kali ini saya mau kasih tutorial sederhana plus tips & trick untuk membuat hearder postingan yang cantik. Ini header postingan ya bukan header blog. Tapi bisa juga sih kalau mau membuat header blog dengan tutorial yang sama.

Di tutorial ini saya menggunakan Photoshop CS3. Kenapa pake photoshop? Karena gampang hahaha. Dan sepengalamanku, di PSD ini lebih mudah digunakan. That’s why saya selalu mendewakan PSD dibanding dengan aplikasi lain sejenis. Sebelumnya, saya download dulu 2 jenis warna yang akan saya gunakan sebagai background header dan gambar warna yang akan digunakan jadi warna fontnya.

  • Buka aplikasi PSD, terus pilih File > Open > Pilih gambar background yang sudah didownload dan sebut saya ia background 1.

Photoshop now you know - putrikpm step 1

  • Pilih Font > tulis judul postingan atau kutipan yang diinginkan > pilih font yang diinginkan. Saran saya, pilih font yang besar dan lebar sehingga gambar background yang nanti akan dibuat terlihat jelas.

Photoshop now you know - putrikpm 4

  • Kemudian, pilih File > Open > Pilih gambar background warna yang sudah didownload (sebut saja ia background 2) > Drag background 2 ke background 1.

Photoshop now you know - putrikpm 5

  • Terus pilih Magic Wand Tool > Klik / select huruf – huruf. Selama pake Magic Wand Tool, jangan lupa pencet tombol Shift di keyboard yah.

Photoshop now you know - putrikpm 7

  • Pastikan Layer Font ada di atas layer background 2 ya. Dengan keadaan kalimat masih ter-select, klik kanan mouse terus pilih Select Inverse.

Photoshop now you know - putrikpm 9

  • Selanjutnya, pastikan layer yang aktif adalah layer background 2, terus pencet tombol Backspace atau Delete di keyboard.
  • Yang terakhir, arahkan mouse ke menu Layers dan hilangkan gambar mata alias Indicates Layer Visibility dari layer font / kalimat.
  • And you are done!

Photoshop now you know - putrikpm 8

Saya punya beberapa tips supaya hasil desain header postingan bisa makin cantik:

  • Pilih background atau gambar latar dengan ukuran high resolution. Kalau mau download usahakan jangan di gugel, tapi di website penyedia gambar gratisan yang legal yah.
  • Pilih jenis font yang hurunya besar – besar. Kalau butuh beberapa lettering fonts bisa baca postingan Now You Know minggu lalu.
  • Pilih background font dengan warna terang. Kalau saya biasaya pakai warna – warna pastel atau water color yang banyak bertebaran dimana – mana.
  • Sering – sering di save ya! Karena PSD lumayan berat jadi kalau laptop / PC-nya nggak pake ram yang lumayan gede bakalan sering nge-hang.

So far sih itu aja, gampang kan? Jadi sekian Now You Know di minggu ini. Minggu depan kayaknya saya mau ngebahas soal social media. Ada saran?

See you on my next post!

footer putrikpm copy

14 thoughts on “Now You Know – Membuat Header Postingan Dengan PSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *