Nyari Ilmu Sambil Kopdar Bareng Warung Blogger Di Outback Steakhouse

Sabtu pagi, saya bangun jam 8 pagi. Cukup pagi bagi saya karena semalem begadang setelah mati lampu hampir 4 jam. Maklumlah, saya nggak sanggup tidur tanpa diterangi lampu sama sekali, hiks. Bangun pagi di hari libur sebenernya susah banget, tapi karena pagi ini saya harus dateng ke acara #KopiSusuWB bareng @Warung_Blogger dan @accesstradeID, saya bela – belain mandi dengan air yang lumayan bikin saya menggigil di kamar mandi. Kata #KopiSusuWB sebenernya singkatan dari Kopdar Mini Suka – Suka Warung Blogger. Setelah menggigil ria, saya sudah ready untuk on the way ke Outback Steakhouse di Kuningan City.

Jam setengah 10 pagi, saya sudah ada di Stasiun Klender Baru, dan harus naik KRL ke Manggarai lalu transit dan kembali naik KRL ke arah Bogor, lalu turun di Stasiun Tebet. Setelah naik angkot 44 ke arah Karet, setelah 10an menit, akhirnya saya tiba di Kuningan City. Ternyata, tadi saya seangkot bareng Mbak Lidya, blogger yang saya kenal dari acara Fun Blogging bulan lalu.

Sampai di Outback Steakhouse, saya dan teman – teman blogger yang baru datang harus registrasi ulang dengan mencari nama kami masing – masing di daftar nama peserta #KopiSusuWB. Pada saat registrasi, tim dari Warung Blogger memberitahu kami tentang livetweet berhadiah yang diadakan selama acara. Sebelum milih tempat duduk, goodie bag dari Access Trade dibagi – bagiin ke peserta. Lumayan dapet Tumbler, pas banget saya lagi butuh Tumbler. Maklumlah, anak rocker alias rombongan kereta, kudu bawa minuman biar nggak dehidrasi selama di perjalanan.

20150124_120431

Suasana registrasi sambil bagi – bagi goodie bag (Dok. Pribadi)

postingan blog

Saya mencari tempat duduk yang deket colokan agak depan supaya nggak kelewatan materinya. Setelah ngobrol ngalur ngidul sama temen – temen blogger, akhirnya acara di mulai juga. Mbak MCnya yang saya lupa namanya siapa langsung membuka acara sambil mengenalkan 11 admin – admin Warung Blogger. Ternyata, adminnya Warung Blogger ada sekitar 18 orang tapi hanya 11 orang yang hadir saat ini. Mulai dari admin twitter yang kerjanya ganti – gentian, admin facebook sampai admin webnya. Selesai acara kenalan sama adminnya, acara selanjutnya adalah mengisi perut yang mulai keroncongan dengan daging – daging enak dari Outback Steakhouse!

20150124_113837

MC memulai acara sambil mengenalkan para admin WB. (Dok. Pribadi)

Saya pernah beberapa kali makan siang sama temen – temen di Outback Steakhouse, dan biasanya saya bakal mesen Salmon Grillednya.Walaupun kali ini nggak bisa milih makanan semaunya, ternyata Salmon Grilled favorit saya juga ada di daftar makanan yang bisa saya icip – icip siang ini. Sebelum ngambil makanan, kita kudu antri bareng temen – temen blogger lainnya. Menu makan siang kali ini lumayan beragam dan bikin laper mata, ada Cream Sup Jamur, Salmon and Chicken Grilled, Salad and Fried Potato dan nasi putih. Biasanya perut Indonesia sukanya makan nasi putih, cuma berhubung saya orang bule nggak mau terlalu kenyang, jadilah saya cuma ngambil kentang goreng tanpa nasi putih.

postingan 2

Makan siang ala bule saya, enyaaak! (Dok. Pribadi)

20150124_120510

Krim Sup Jamurnya enak! Mak Fadlun sampai ketagihan. (Dok. Pribadi)

Setelah kenyang dan sempet shalat Dzuhur bareng Mak Fadlun, akhirnya saya kembali ke tempat duduk saya dan siap nerima ilmu yang akan disharing di siang yang nggak mendung tapi nggak panas ini. Materi dibuka oleh tim Access Trade yang merupakan salah satu Marketing Affiliate yang bisa jadi lahan  menghasilkan bagi blogger. Kebetulan, saya sudah menjadi salah satu publisher, cuma belom ada hasilnya. Nah tim Access Trade ini juga ngasih tips cara sukses menghasilkan uang dari Marketing Affiliate. Sebenernya cara – caranya sederhana, kita harus punya Target Traffic atau target jumlah pengunjung blog kita. Lalu, kita langsung posting affiliate link yang sudah kita dapet dari affiliate kita. Terakhir, kita harus ada engagement dengan pembaca kita. Kalau sudah melakukan step – step diatas dengan rutin dan khusyuk, insya allah ada hasilnya. Dalam sesi pengenalan Access Trade, salah satu publisher yang sudah sukses memberikan sedikit sharing. Namanya Mas Elmail Clinton, dia sudah menghasilkan 10juta dari hasil marketing affiliate ini.

Materi selanjutnya diisi oleh Mak Shinta Ries yang juga menjadi pembicara dalam acara Fun Blogging yang saya ikuti beberapa minggu lalu. Mak Shinta Ries kebagian jatah memberikan materi seputar creative content. Pada dasarnya, blogger itu dikenal karena kontennya alias content is a king. Namun ternyata, konten nggak cuma tulisan aja lho! Ada beberapa isi konten yang dijamin bakalan bisa bikin pembaca kamu betah ngebaca isi – isi postingan kamu. Seperti yang dibilang Mak Shinta Ries, berikut adalah tips – tips agar kita bisa membuat konten yang kreatif di blog kita.

  • VLOG alias Video Blogging, salah satu konten yang bakal happening di tahun 2015 ini adalah VLOG. Misalnya bikin review produk, nggak cuma tulisan yang menarik, kita juga bisa menambahkan tutorial atau review dalam bentuk video yang dishare ke youtube.
  • Image atau gambar. Selain gambar milik pribadi, alangkah lebih okenya kalau gambar yang akan dishare itu kita edit sedikit biar lebih enak dilihat. Misalnya memanfaatkan aplikasi bawaan di henpon atau photoshop di PC.
  • Informasi, karena content is a king maka pencarian informasi terhadap hal – hal yang mau kita posting itu penting banget! Kita bisa cari di gugel, lalu diolah dengan bahasa kita sendiri. jangan copy-paste ya!
  • Sudut Pandang, karena setiap orang pasti punya persepsi berbeda, maka sebisamungkin kita cari sudut pandang yang berbeda dari orang lain.
  • Pengalaman pribadi juga menjadi salah satu nilai tambah menariknya postingan blog kita.
  • Pemecahan Masalah juga harus dimasukkan ke dalam blog kita.

Setelah Mak Shinta Ries bagi – bagi ilmu, giliran Dewa SEO yang cuap – cuap ngebagiin ilmu seputar Search Engine Optimizationnya. Kata Mas Argun, si dewa SEO, postingan kita yang penting harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lazim digunakan, biar gugelnya gampang ngedeteksi tulisan kita. Selain itu, social media juga bisa kita gunakan sebagai wadah untuk kita nyebar link postingan kita supaya ada yang baca.

Buat temen – temen yang mau tahu gimana serunya #KopiSusuWB, bisa lihat di twitter saya @PutriKPM dengan hastag #KopiSusuWB 🙂

8 thoughts on “Nyari Ilmu Sambil Kopdar Bareng Warung Blogger Di Outback Steakhouse

  1. Ihhhh kan acaranya sabtu put, knapa berubah jadi Minggu pagi? 😉

    Btw, aku ga kebagian semua makanan ituuu, udah keabisaann 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *