IBX581FD685E3292

5 Perawatan Wajah Untuk Si Oily Skin

5 Perawatan Wajah Untuk Si Oily Skin

Memiliki jenis kulit berminyak, terutama di area wajah, bisa menjadi mimpi buruk siapapun. Termasuk saya. si pemilik wajah berpori besar dan berminyak yang levelnya sudah parah banget. Kalau kata Odi, bisa deh wajah saya dipake buat goreng telor hahaha. Jahat banget!

Sebenarnya wajah berminyak dan berpori besar bukan akhir dari dunia. Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengkontrol jumlah produksi minyak serta mengecilkan pori – pori secara perlahan. Saya punya 5 perawatan yang rutin saya lakukan dan mungkin bakalan berguna untuk teman – teman yang punya permasalahan kulit yang sama.

  • Bersihkan make-up di wajah dengan minyak

Bukan sembarang minyak, saya pakai minyak zaitun untuk menjadi make-up remover. Jenis minyak yang lebih pekat dibanding facial cleanser biasa ternyata bagus untuk mengangkat kotoran hingga make-up yang waterproof sekalipun. Selain bisa membersihkan wajah, minyak zaitun juga berfungsi sebagai pelembab alami untuk kulit dan mengandung kandungan Vitamin E yang cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

Minyak Zaitun Untuk Membersihkan Makeup

Untuk membersihkan wajah dengan minyak zaitun pun caranya sama seperti membersihkan dengan facial cleanser atau miscellar water lainnya. Cukup tuangkan minyak zaitun di kapas lalu usap perlahan ke area wajah hingga kotoran dan make-upnya terangkat.

Biasanya, saya menggunakan minyak zaitun yang memang diperuntukkan untuk kulit area wajah. Bisa beli online atau beli di toko – toko kosmetik pasti ada deh.

Baca: Minyak Zaitun Bisa Untuk Membersihkan Make-Up Di Kulit Berminyak?

  • Gunakan es batu setelah membersihkan wajah

Setelah menggunakan minyak zaitun, biasanya saya akan mencuci bersih wajah menggunakan facial foam khusus kulit berminyak. Kalau wajah sudah benar – benar bersih, langkah selanjutnya adalah menggunakan es batu yang sudah dibalut dengan kain tipis lalu ditepuk – tepukkan ke wajah. Gunanya adalah untuk memperkecil ukuran pori – pori wajah dan menekan produksi minyak di wajah.

  • Rutin scrubbing dan maskeran

Awalnya saya nggak paham scrubbing itu apa, lalu dikasih tahu sama mba yang biasa bantuin saya nge-facial kalau ternyata manfaat perawatan yang satu ini lumayan bisa menekan jumlah minyak. Scrubbing adalah proses pengangkatan sel – sel kulit mati dan kotoran di wajah dengan menggunakan krim khusus yang bisa dibuat sendiri ataupun beli jadi. Karena saya anaknya pemalas jadi lebih memilih beli aja scrubbing cream-nya dan tinggal pijat – pijat di area wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Proses scrubbing cepet kok, nggak sampai 15 menit juga wajah sudah terasa lebih bersih dan halus mulus kayak pipi bayi hahaha.

Baca: Review Masker Rempah Hitam Whitening

Selesai scrubbing, saya cuci bersih wajah dengan air hangat kuku lalu dilanjut dengan maskeran yang menjadi perawatan favorit saya. Proses maskeran biasanya berfungsi untuk menenangkan kulit dan juga untuk mengurangi minyak pada wajah. Biasanya saya rutin maskeran seminggu 2x atau kadang sebulan 2x, tergantung kebutuhan dan kadar kepengennya aja hahaha.

Masker Rempah Hitam Roro Mendut

Banyak banget jenis – jenis masker yang ada di pasaran saat ini. Favorit saya sih peel off mask (untuk mengangkat komedo dan kotoran di wajah) dan wash off mask yang diakhiri dengan mencuci wajah dengan air hangat. Biasanya setelah maskeran wajah jadi terasa lembab dan rileks.

Beberapa produk masker favorit saya adalah The Body Shop Himalayan Charcoal Mask dan Roro Mendut Masker Rempah Hitam. Keduanya cocok untuk kulit berminyak dan nggak membuat iritasi di kulit saya.

Baca: The Body Shop Himalayan Charcoal Mask

  • Gunakan serum dan day cream

Terkesan sederhana sih, tapi serum dan krim pagi membantu melembabkan wajah serta menghindari paparan sinar UV sebelum beraktifitas. Soalnya kalau kulitnya cenderung kering justru akan mempercepat proses reproduksi minyak berlebih. Proses memilih serum dan day cream tentunya harus melewati fase trial and error karena saya sendiri nggak langsung cocok dengan 1 merek. Beberapa day cream ber-SPF justru membuat kulit terasa lebih berminyak dan lengket. Jadi kudu sabar dan telaten memilih krim pagi sekaligus sunblock bagi si kulit berminyak ya.

CARING BY BIOKOS AUTOMATIC EYELINER

Baca: Wajah Lebih Cerah Berkat Rangkaian White Perfect Clinical

  • Jangan lupa bawa kertas minyak

Kalau semua perawatan sudah dilakukan dan wajah masih berminyak juga, mau nggak mau kudu punya pertolongan pertama, kertas minyak! Saya punya 1 merek yang sudah jadi teman hidup saya bertahun – tahun, kertas minyak dari Clean & Clear yang warnanya pink atau biru. Kertas minyak ini selalu ampuh langsung menghilangkan minyak yang muncul di area T-Zone yaitu di dahi hingga hidung. Barang yang satu ini wajib ada di tas saya deh pokoknya hahaha.

Kelima perawatan untuk kulit berminyak ini sudah menjadi perawatan rutin yang saya lakukan sehari – hari. Hasilnya memang nggak bisa instan, kudu sabar, telaten dan rutin sih. Kalau yang suka malas – malasan (kayak saya hahaha) biasanya justru lebih lama lagi untuk kelihatan hasilnya huhuhu.

Punya wajah berminyak nggak berarti nggak bisa tampil kece loh, asal perawatan yang dipakai sesuai dengan kebutuhan kulitnya. Ditambah, rajin – rajinlah baca artikel tentang kesehatan & kecantikan supaya menambah informasi dan ilmu tentang merawat kulit. Semoga bermanfaat!



24 thoughts on “5 Perawatan Wajah Untuk Si Oily Skin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *