Memilih Hotel Yang Nyaman Ala Koper Dengan Budget Ransel

Minggu lalu akhirnya saya dan Odi liburan dadakan ke Bali. Kenapa dadakan? Karena beli tiketnya sekitar sebulan sebelum berangkat dan setelah beli tiket kita berdua bingung karena belum booking kamar hotel. Dan budget kami pun nggak banyak. Perhitungan kami, untuk penginapan selama 3 hari 2 malam nggak sampai sejuta. Padahal saya dan Odi termasuk orang yang ribet banget. Maunya nginep di budget hotel yang nyaman, lengkap dengan fasilitas kolam renang dan sarapan ala orang bule. Tapi emang bisa dapet kamar penginapan di Bali yang senyaman ala koper dengan budget ransel?

“Kenapa kamu nggak ngecek di Mister Aladin deh, Nta?”

Pesan Kamar Hotel Di Mister Aladin - DelapanKata - PutriKPM

Pertanyaan Odi sore itu bikin saya tersenyum kecut. Karena panik takut uangnya nggak cukup langsung heboh dan pernah kepikiran untuk ngebatalin acara liburan dadakan kami. Abis diingetin Odi, saya langsung buka website Mister Aladin. Ada beberapa alasan sih kenapa saya hampir selalu pesan kamar hotel online di Mister Aladin.

Memilih Kamar Hotel Ala Koper Dengan Budget Ransel - DelapanKata - PutriKPM 7

Soalnya karena Mister Aladin ini mudah diakses. Ini sebenernya permasalahan sepele tapi jadi faktor penentu apakah calon pemesan bakalan beneran pesan di online travel agent atau malah justru langsung booking ke hotelnya langsung. Apalagi ada fitur tambahan yang bisa memudahkan kita memilih kamar hotel sesuai kebutuhan. Untuk yang mau liburan ala koper dengan dana ransel, coba deh pilih menu Budget. Kalau yang pengen liburan bareng keluarga tinggal pilih aja pilihan akomodasi dimenu Family Getaway. Nah kalau lagi pengen honeymoon dan punya budget lebih, bisa pilih menu Villa Recommendation yang isinya villa – villa mewah yang bikin ngiler parah huhuhu jadi mau liburan lagi. Anyway, ada yang suka nginep di hotel yang instagramable? Pilihan penginapan di menu HIP pasti cocok banget deh. Soalnya deretan nama hotelnya emang yang lagi ngetren atau desainnya modern ala – ala penginapan luar negeri gitu. Ada juga pilihan hotel LUX yang berisi puluhan hotel mewah berbintang. Nah kalau yang pengen liburan di deket – deket kota, atau yang pengen curi – curi waktu buat sekedar me time setelah nyelesein kerjaan yang menumpuk bisa nyoba menginap di hotel yang terdapat dilist Weekend Getaway.

Memilih Kamar Hotel Ala Koper Dengan Budget Ransel - DelapanKata - PutriKPM 3
Kamar yang nyaman, desain interior modern dengan harga ala backpacker, siapa yang mau nolak?

Dengan 6 pilihan jenis penginapan, memesan kamar hotel di Mister Aladin memberikan kemudahan untuk saya dibanding dengan online travel agent sejenis. Saya bisa dengan nyaman memesan hotel dengan gaya saya yang maunya harga murah tapi kualitas juara hihihih. Apalagi dibantu dengan customer service yang siap saya gangguin kapan aja kalau ada kesulitan selama memesan kamar hotel. Well, karena liburan di Bali kali ini budget saya super duper mepet, maka saya memilih menu Budget di website Mister Aladin.

Ngomong – ngomong soal Mister Aladin, ini bukan kali pertama saya memesan kamar hotel di website ini. Pas bulan Desember lalu, saya sempet berlibur dadakan ke Yogyakarta dan memesan kamar di Boutique Hotel yang berada di kawasan Malioboro. Padahal waktu itu high season, tapi harga yang saya dapetin beneran murah meriah. Sekitar 50% dari harga normal lah, padahal lagi nggak ada promo apapun loh. Jadi ya emang harga yang ditampilkan di Mister Aladin emang cocok banget buat kantong wisatawan lokal kayak saya hihihi. Saya belum sempet menulis tentang review hotelnya, kemungkinan minggu depan akan saya post, deh. Soalnya pengalaman menginap di Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel emang bener – bener seru. Apalagi saya dapet harganya murmer alias murah meriah di Mister Aladin. Double happy-nya kan hihihi.

Balik lagi ke drama pemilihan kamar hotel untuk liburan di Bali, saya dan Odi sempet heboh sendiri karena beda keinginan. Saya maunya kamarnya murah, Odi kekeuh mau yang ada kolam renangnya. Dan ternyata emang hotel yang ada dimenu Budget itu banyak yang udah dilengkapi dengan kolam renang. Dan karena nggak mau ribet, kami sepakat untuk memilih hotel di daerah Kuta. Biar deket ke Bandara dan dekat ke pantai. Karena destinasi wisata kami utamanya ya ke Pantai Kuta hihihi. Dan berkat Mister Aladin, kami dapet hotel bintang 4 Cuma 300ribuan aja permalamnya. Hotelnya nyaman karena kasurnya empuk, lantainya bersih dan stafnya helpful banget. Yang lebih nyenengin lagi, kolam renang di hotel yang kami tinggali bersih dan sepi. Jadi selama 3 hari menginap disana, yang berenang ya kami – kami aja hihihi. Double puasnya lah pokoknya.

Memilih Kamar Hotel Ala Koper Dengan Budget Ransel - DelapanKata - PutriKPM
Hotel tempat saya dan Odi menginap selama di Bali :3

Oh ya, ngomong – ngomong soal kamar hotel yang nyaman tapi harganya bikin kantong nggak kempes, saya punya beberapa tips yang mungkin bisa dicontek.

  • Pastikan memesan saat low season. Yup, ini ngaruh banget. Usahakan untuk menginap di hari – hari biasa which means nggak dideket tanggal merah atau hari libur nasional. Dijamin deh harganya akan lebih affordable dibanding kalau mau liburan di peak season. Kadang – kadang perbedaannya bisa 30 – 50% dari harga low season.
  • Survey dan rajin – rajinlah membaca review. Sebagus apapun atau semahal apapun hotelnya kalau misalnya reviewnya jelek bisa hampir dipastikan fasilitas atau kenyamanan di hotel itu dipertanyakan. Kalau saya selalu membiasakan diri untuk cek review di beberapa blog atau baca – baca di fasilitas review yang tersedia di online travel agent.
  • Booking via online travel agent, salah satunya Mister Aladin. Saya punya beberapa alasan kenapa saya suka banget sama Mister Aladin. Karena di websitenya Mister Aladin isinya lengkap banget, mulai review keseluruhan hotelnya, pilihan tipe kamar yang beragam plus lengkap banget dengan gambar yang banyak jadi calon tamu bisa mengira – ngira suasana kamarnya, fasilitas yang tersedia, kebijakan hotel, deskripsi hotel sampai review dari para customer. Selain itu dengan booking di Mister Aladin bisa memilih jenis kamar sesuai yang kita butuhkan atau pengenin.
  • Hindari pusat kota dan pilihlah penginapan yang lokasinya agak sedikit menjauh dari lokasi wisata namun tetap terjangkau. Saya memang memesan kamar hotel di Kuta, tapi nggak deket dari pantainya. Kalau mau ke pantainya tinggal naik ojek online atau taksi atau menyewa kendaraan. Soalnya kalau nyewa hotel yang bener – bener deket dengan tempat wisata harganya bisa lebih mahal.
  • Pesan kamar tanpa sarapan. Kebiasaan ini sudah saya lakukan sejak beberapa tahun lalu. Percaya nggak percaya, kadang yang bikin mahal dari sebuah hotel itu sarapannya yang beragam. Apalagi kalau sarapannya buffet atau all you can eat, dijamin harga paket kamarnya jadi semakin mahal. Makanya sebelum memilih kamar saya selalu memastikan hotel saya mudah dijangkau dan dekat dengan restoran fast food atau warung pinggir jalan. Walaupun sedikit nggak sehat, tapi lumayan bisa mengirit budget.

Kelima tips di atas sudah saya coba sendiri selama 5 tahun belakangan. Dan hasilnya seperti yang saya bilang di atas, saya sering nginep di hotel bintang 4, 5 atau boutique hotel dengan harga kelas melati hihihih. Oh ya, di Mister Aladin juga ada promo cicilan 0% bagi pemegang kartu kredit tertentu. Cicilannya sampai 6 bulan lagi, duh saya bawaannya jadi pengen liburan terus hihihi.

Memilih Kamar Hotel Ala Koper Dengan Budget Ransel - DelapanKata - PutriKPM 4
Kolam renang di hotel yang kami pesan di Bali :3

Karena keseringan buka websitenya Mister Aladin, saya jadi udah punya rencana untuk liburan berikutnya. Soalnya Agustus nanti saya ulang tahun sekaligus Odi lulus – lulusan, jadi rencananya saya mau liburan lagi. Kalau nggak ke Bali ya ke Surabaya, atau mungkin keluar negeri? Nggak tau juga sih tergantung dananya nanti hihihi. Cuma kalau boleh menyusun rencana, kayaknya saya akan memanfaatkan menu HIP atau LUX di Mister Aladin. Nggak apa – apa dong sekali – kali ngerasain liburan ala – ala artis dan biar bisa pamer di instagram hihihi.

Memilih Kamar Hotel Ala Koper Dengan Budget Ransel - DelapanKata - PutriKPM 1
Backpackeran di Bali? Bisa! Tapi nginep di hotelnya tetep kudu mewah :)

Anyway, kalau mau menyiapkan rencana liburan bareng orang – orang tersayang, silahkan cek – cek website Mister Aladin. Kamu juga bisa mengakses social media Mister Aladin, ada Facebook, Twitter plus Instagramnya.

Kalian ada yang pernah coba pesan kamar di Mister Aladin? Atau ada yang pernah menginap di hotel ala – ala koper dengan budget ransel? Share dong pengalaman seru kalian di kolom komentar. Oh ya, selama di Bali kemarin ada drama karena Odi sakit dan harus bed rest. Saya bakalan cerita gimana rempongnya liburan kami selama di Bali di postingan selanjutnya ya! See you on my next post!

header delapankata

*this is sponsored post, please check my disclosure. all opinion above are mine.*

Baca Juga:

18 Comments

      1. Aku belum pernah pakai apa pun soal pesan tiket dan hotel begini..Nanti deh pas aku cuti coba jalan ke mana lalu pesan hotel pake Mister Aladin atau yang lainnya. Maklumin ya kak, liburannya selalu sambil kerja (baca: dinas luar kota)

  1. Low season … itu pilihan banget Mbak. Dan tips tanpa sarapan itu tips luar biasa. Ok, mau ubek2 mister aladn dulu, siapa tahu ada yg cocok

  2. Pingback: Waspada, Telat Makan Bisa Mengakibatkan Sesak Napas! – PUTRIKPM // a daily life blog
  3. Pingback: Liburan Seru Di Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel Yogyakarta – PUTRIKPM // a daily life blog
  4. Pingback: Bermalam Di Hotel Neo Malioboro – PUTRIKPM // a daily-life blog
  5. Pingback: [Review] Jalan – Jalan Yuk: Adhisthana Hotel, Rumah Kedua Di Jogja – PUTRIKPM // a daily-life blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *