Tentang Kincir.com, Portal Berita Ala Anak Muda

Kincir Portal Media Anak Muda

“Hallo, namanya siapa?”

Suara merdunya mengagetkan saya yang sedang heboh menatap deretan tortilla mini dan drumstick chicken bersaus asam manis. “Eh, Putri, Mas.” jawab saya sambil menyambut tangan yang berada tepat di depan saya. Beberapa detik kemudian saya terdiam sebelum akhirnya dikejutkan dengan suara merdu itu lagi, “Terima kasih sudah mau hadir ya.” ucapnya sambil tersenyum.

Saya membalas senyumnya, lalu suasana mencair begitu saja. Pria di hadapan saya bercerita tentang portal media yang berada di bawah pengawasannya, Kincir.com, sedangkan saya sesekali menimpali pendapatnya tentang tren dan kebiasaan Gen Z.

“Jadi blogger itu seru ya?”

Saya mengangguk mantap. “Banget, Mas. Walaupun butuh bertahun – tahun untuk seperti sekarang, tapi rasanya dengan menulis saya merasa lebih lega.”Pria di hadapan saya tersenyum. “Kenapa nggak ngeblog aja, Mas?” tanya saya penasaran.

“Dulu pernah, tapi ternyata harus konsisten ya. Makanya saya salut banget yang bisa survive bertahun – tahun.”

Saya tersenyum tanpa menjawab, padahal dalam hati saya mengiyakan semua ucapannya.

“Oh ya, sudah baca Kincir belum?” tanyanya lagi.

Saya menggeleng jujur, “Belum Mas.” Aku saya.

“Buka dong! Coba baca deh, menurut kamu gimana?”

Saya membuka layar ponsel yang sedari tadi saya taruh di dalam sling bag lalu menuliskan kata Kincir.com pada menu pencarian di aplikasi Safari. Sayang, sinyal smartphone saya siang itu lumayan kacrut, bahkan tanda loading berputar berkali – kali. Pria di depan saya ternyata berinisiatif untuk mengeluarkan ponselnya dan menunjukkan tampilan portal media online yang eye-catching menurut saya. “Kita coba buat lebih fresh dan supaya kalian – kalian ini betah bacanya.” Lanjutnya lagi.

Untungnya sinyal ponsel saya langsung bersahabat. Saya terdiam sambil membaca beberapa artikel yang tertulis di dalamnya. Judul artikel yang diposting terlihat santai dan click-able. Rasanya saya langsung mau baca semua artikel saat itu juga. “Asyik banget bahasa dan tema artikelnya, Mas.” aku saya.

“Kita memang sengaja ngebuatnya kayak begitu. Biar enak dibaca. Bahkan kemaren kita sempat diundang saat launching film Thor, lho! Coba deh kamu cek lagi menu – menunya. Kita juga ngebahas game dan manga, lho!” jelasnya semangat.

Saya setuju, artikel – artikel yang dipublish di Kincir.com emang read-able. Saya bahkan sempat mengacuhkan pria berbaju putih yang di bagian dadanya bertuliskan logo Kincir.com saking keasyikan baca artikelnya. Tak berapa lama kemudian, pria bernama Giring Ganesha tersebut berjalan menjauhi saya menuju panggung kecil di H Gourmet & Vibes di daerah Senopati untuk bercerita tentang portal media kebanggaannya.

 

**

 

Kamis siang, 2 November 2017, saya menghadiri undangan GDP Venture Power Lunch dengan tema How To Attract Gen Z. Bukan hanya Giring Ganesha yang merupakan CEO dan Co-Founder KINCIR, tapi juga ada Chalyren Olivia Herman selaku Account Manager of Millward Brown Indonesia dan M. Fathur sebagai Gen Z Representative.

Kincir Portal Media Anak Muda
Speakers for GDP Venture Power Lunch.
From left to right: M Fathur, Giring Ganesha, Chalyren Olivia Herman
(Photo by GDP Venture)

Kincir Portal Media Anak Muda

Acara baru saja mulai begitu saya sampai dan mengisi formulir kehadiran di meja registrasi. Setelah bersapa dengan beberapa teman blogger, akhirnya saya memilih untuk duduk di deretan kursi sebelah kanan panggung sambil mendengarkan seluruh presentasi dari para speakers. Yang menarik perhatian saya, tentu saja tampilan baru dari Kincir.com, portal media ala anak muda yang langsung menarik hati saya begitu pertama kali membacanya.

Sebenarnya, Kincir sudah hadir sejak tahun 2013 di bawah manajemen PT. Gajah Merah Terbang dan berfokus sebagai situs media sosial khusus anak muda. Seiring berkembangnya tren dan minat baca para generasi milenial, akhirnya Kincir bertransformasi menjadi portal media khusus anak muda yang menyukai Pop Culture.

Kincir Portal Media Anak Muda

 

Kesan serba anak muda kekinian juga begitu terasa saat saya sampai di lokasi acara power lunch kali ini. Pemilihan lokasi yang memiliki banyak spot lucu – lucu untuk dijadikan background foto berpadu dengan deretan botol air mineral dibalut dengan sticker bertuliskan We Are Young menambah ke-insta-genic-an acara siang itu. Nggak heran sih, seluruh tim Kincir pun terlihat masih muda – muda dan enerjik – enerjik, khas start up jaman sekarang.

 

**

 

Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, saya terus – terusan buka berbagai artikel di Kincir.com bahkan sampai paket internet hampir habis! Seolah kecanduan gadget, nggak ada habisnya saya membaca artikel demi artikel yang tersedia di portal media dengan nuansa fun dan monokrom, hitam dan putih.

Kincir Portal Media Anak Muda

 

Ada banyak pilihan kanal berita yang membuat saya betah berlama – lama membacanya. Saya bahas satu per-satu supaya lebih detail yah 🙂

 

Chillax, berisi konten tentang gaya hidup generasi muda dengan kategori: Epic Life, Music, Sex & Relationship, Travel & Leisure, Food & Resto, Books, serta Job & Education. Oh ya, untuk kategori Epic Life isinya tentang hal – hal seru seputar kehidupan kita sehari – hari. Saya paling suka baca berita – berita yang ada di kategori ini.  Seru aja dibacanya hahaha.

 

Geeky, berisi konten bergaya pop culture kekinian dan memiliki kategori: Movies & TV Series, Toys & Video Games, Comic, Character dan juga Science & Technology. Berhubung saya bekerja sebagai Social Media Specialist, kategori Science & Tehcnology jadi yang terfavorit. Ada banyak informasi update yang bisa saya baca, termasuk berita ketika Whatsapp sempat down beberapa hari lalu.

 

Icon, berisi konten yang membahas orang – orang kenamaan atau yang menjadi buah bibir, baik dari artis, public figure hingga tokoh – tokoh yang menginspirasi dalam bidang apapun.

 

Turbo, ini kayaknya menu yang paling difavoritin para cowok atau pecinta otomotif karena ada kategori Rides, Modification hingga Gear. Dan sejujurnya, kanal yang satu ini yang paling jarang saya buka karena saya nggak paham apapun tentang otomotif huhuhu. Makanya waktu dulu Kakek saya pernah punya masalah sama mobil dan harus urus asuransinya, saya nggak bisa berbuat apa – apa karena beneran nggak paham deh sama urusan kendaraan pribadi dan perintilannya.

 

Style, kanal yang berisi konten berupa inspirasi dalam gaya pakaian dan penampilan. Kategori di dalamnya ada Kicks, Fashion, Grooming, dan Accessories.

 

Selain kelima kanal yang saya sebutkan di atas, masih ada kanal terakhir di Kincir.com yang dinamai kanal More dan berisi tentang konten – konten berkategori What’s On, Video, Quiz dan Cerita Gue.

 

**

 

Sungguh pengalaman yang menyenangkan bisa hadir ke GDP Venture Power Lunch. Selain dapat insight dari para pembicara, bisa berdiskusi singkat dan seru dengan Mas Giring Nidji (yeah, I call him like that. Because I love Nidji’s music so fucking much!) dan bisa kenal lebih jauh dnegan Kincir.com yang memiliki banyak informasi yang sedang hype and trend sekaligus tampilan website dan mobile sitenya yang eye-catching abis.

Teman – teman ada yang sudah pernah baca Kincir.com? Kalau belum, coba buka deh http://bit.ly/KincirPowerLunch  and tell me what do you think about them!

See you on my next post! 🙂

 

 

Baca Juga:

19 Comments

  1. Mau juga dong diajak ngobrol sama kak Giring. Karena penasaran, aku akhirnya melipir ke kincir.com dan emang seru-seru bahasannya. Meskipun kayanya dominan buat cowok, artikelnya tetap asyik dibaca sama cewek (eh emak beranak dua ini).

    Buat cewek-cewek yang mau gaet cowok, kayanya bagus nih baca kincir.com dulu biar cowoknya terkesima. Hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *