Review, Swatches dan Drama Purbasari Lipstick Color Matte

Purbasari Matte Lipstick

Ketinggalan banget ya kalau saya baru me-review lipstick yang sempat heboh setahun belakangan ini? Yup, Purbasari Lipstick Color Matte ini emang heboh banget dan mulai susah dicari saat sedang booming – booming-nya. Kalau mau cari reviewnya, udah banyak banget para beauty blogger dan vlogger yang mengulas tentang si lipstick buatan lokal satu ini. Tapi kali ini, saya nggak mau mengulas tentang review saya selama sekitar 3 bulanan menggunakan lipstick ini, tapi juga dengan segala macam drama yang saya alami selama mengincar pemulas bibir yang satu ini.

Dari Jakarta sampai Yogyakarta, Purbasari Lipstick Color Matte Sold Out!

Awalnya, saya nggak kepikiran sama sekali untuk membeli lipstick yang satu ini. Soalnya, persediaan lipstick saya masih banyak, jadi saya pikir nanti kalau lipstick saya mulai berkurang baru deh saya beli. Dan ternyata, lama kelamaan saya jadi ngiler sendiri hihihi. Inget banget, beberapa teman beauty blogger saya sudah mulai punya dan mulai meracuni saya untuk beli Purbasari Lipstick Color Matte. Sekitar awal Januari tahun lalu, akhirnya saya mulai berburu di mall – mall sampai pasar tradisional. Semuanya nihil alias lipstick ini habis. Saya sampai frustasi karena sudah tiap mall dan pasar dekat rumah saya kunjungi dan jawaban SPG-nya semua sama, “Maaf, Mbak. Purbasarinya habis.”

Hingga akhirnya teman saya, Sofie, menyarankan untuk membelinya di Yogya. Kebetulan saya memang ada jadwal untuk berlibur di Yogya. Jadilah saya merengek sama Odi untuk menemani saya berburu Purbasari Lipstick Color Matte. Dari satu toko ke satu toko, dari satu mall ke satu mall, semuanya habis. Bahkan pernah ada di satu toko yang memasang banner besar bertuliskan ‘Persediaan Purbasari Habis Hingga Waktu Yang Tidak Ditentukan’. Oke, saya pasrah. Kayaknya emang ketinggalan banget saya baru berburu sekarang.

Ketika saya sudah pasrah, eh temen saya ternyata buka pre-order di online shop-nya. Nggak pakai pikir panjang, saya langsung order 2 nomer, 81 dan 83. Dan saya suka bangeeeeet sama warnanya yang cocok dengan tekstur dan warna dasar bibir saya.

Review & Swatches

Kalau dari packaging-nya, lipstick ini kelihatan biasa – biasa aja. Dengan box berbahan kertas karton dibalut dengan warna hitam dan terlalu polos menurut saya. Desainnya sih nggak banget, serius deh. Kalau bungkusnya sudah dibuka, terlihatlah bentuk lipstick-nya yang cantik. Berbentuk kotak persegi berbahan plastik, tampilan lipstick ini terkesan simpel tapi elegan. Sayangnya, emboss merek Purbasari yang tercetak di tutupnya mudah terkelupas kalau keseringan disentuh.

Purbasari Matte Lipstick
Swatches on hand

Tekstur Purbasari Lipstick Color Matte ini cenderung moist tapi matte. Sekali pulas, warnanya langsung keluar gitu aja. Jadi nggak perlu pakai lip balm atau lip primer sebelum pakai, langsung pulas gitu aja warnanya juga udah cantik kok. Yang saya suka, lipstick ini nggak bikin bibir saya kering sekalipun saya pakai seharian. Walaupun ada wangi – wangian yang agak tercium saat baru dibuka, tapi menurut saya wanginya nggak terlalu ngeganggu. Malahan wanginya enak, kayak permen karet gitu sih hihihi.

Purbasari Lipstick Color Matte 83 swatches to lips_delapankata_putrikpm
Purbasari Lipstick Color Matte – No. 83
Purbasari Lipstick Color Matte - No. 83
Purbasari Lipstick Color Matte – No. 83
Purbasari Lipstick Color Matte 81_delapankata_putrikpm
Purbasari Lipstick Color Matte – No. 81
Purbasari Lipstick Color Matte - No. 81
Purbasari Lipstick Color Matte – No. 81

Oh ya, untuk masalah ketahanan, lipstick ini lumayan oke. Bisa tahan 3 sampai 5 jam dengan makan, minum dan berwudhu. Sayangnya, saat minum menggunakan gelas, bakalan ada transfer warna sedikit. Agak mengganggu sih kalau misalnya lipstick ini digunakan ke acara formal dan pas minum meninggalkan bekas di gelas huhuhu. Tapi, saya tetep cinta sama lipstick kontroversi ini hihihi.

Purbasari Lipstick Color Matte transfer to mug
Ada sedikit noda akibat transfer ke gelas 🙁

Sedikit tips dari saya, kalau mau lebih awet pakai lipstick Purbasari ini, sebaiknya aplikasikan lip balm terlebih dahulu ke bibir. Tunggu sekitar 3 – 5 menit, baru pulas lipstick. Tepuk – tepuk tisu kering ke sekitar bibir dan baurkan bedak tabur tipis – tipis untuk menjaga warna lipstick dan agar lipstick lebih menyatu dengan bibir.

Repurchase?

Yes! Saya bakalan beli lagi, lagi dan lagi tapi mungkin beda warnanya. Karena favorit saya yang warna 83, saya tentunya bakalan beli lagi warna 83. Saya juga penasaran sama warna no. 89 dan 90 yang katanya ngegemesin karena lumayan keungu – unguan. Ah, kayaknya saya bakalan beli banyak warna lainnya dari varian Purbasari Lipstick Color Matte yang ini.

Overall

Saya suka dengan tekstur, warna dan bentuk packaging dari Purbasari Lipstick Color Matte ini. Warna yang saya pilih, 81 dan 83, cocok dengan warna kulit dan bibir saya. Dan nggak perlu pulas berkali – kali warnanya langsung keluar. Dipakai berjam – jam juga nggak membuat bibir saya kering atau cracking. Dengan segala macam kontroversi yang ada, bahkan saya sampai berburu ke 2 kota sekaligus, Jakarta dan Yogyakarta, saya puas banget sama hasil perburuan kali ini hahaha. One of my favorite matte lipstick ever!

Oh ya, hasil berbeda mungkin bisa aja terjadi pada kalian ya. Karena pada dasarnya kulit bibir saya lumayan lembab berkat lip balm yang sudah saya pakai sejak kurang lebih 3 bulanan lalu. Selain itu, saat menghapus lipstick, saya menggunakan kapas yang sudah ditetesi baby oil. Semoga review ini membantu kamu ya. See you on my next Senin Feminin post!

header delapankata

34 thoughts on “Review, Swatches dan Drama Purbasari Lipstick Color Matte

  1. Hi Kak Putri. Kayaknya baru sekarang ya, review product sambil berpetualang (Jakarta-Jogja gitu lho! ahahaha).
    Aku juga tahu product ini blog to blog, hasil review juga. Pas cari di toko kosmetik, rata-rata juga sold out. Jadi, sampai detik ini baca review Kak Putri, rasa penasaran makin menjadi. Belum kesampean dubiduuu ~ :(.

  2. Kalau di bibirku, yang nomer 81 sama nomer 90 nggak ada bedanya 😀

    DI Cimahi, lipstick ini adanya di Boram aja. Itu pun harus nungguin lama, wkwkwk

  3. Ini juga kecintaan sayaa…

    Mbak Putri, FYI aku dapetin banyak yg ready di Shoppe. Free ongkir pula…

    Aku jelajah offline pada kosong. Dan mendaratlah di sini

  4. aku baru punya yang no 90, warna awalnya agak mirip 81, tapi kesini sininya, berubah jadi makin merah, suami ga suka. jadi dilego ke mama >.<

  5. Aku sukaaaak lipen purbasari ini, cocok sm aku yg agak picky pilih lipen. Sebab bibirku super keriiiing. Nah pake ini kok bibirku malah terawat, gk pecah2 jadinyaa

  6. 81, warna yang biasa aku pakai. Kalem banget dan sesuai sama kulit mukaku, sukaakkk. Aku nemu Purbasari justru di counter supermarket di kampung, Kutoarjo. Disana kayaknya Purbasari biasa aja, nggak ngehits. Harganya pun 25 ribu sajo. Cuma memang nggak semua nomer ada. Stoknya juga ada kok walau nggak banyak.

  7. aku belum pernah nyoba lipstick dari purbasari, Put. Tapi membaca ulasan dan dramanya ini, jadi pengen beli ih! *dasar beo, ngekor aja nih aku. HIhi

  8. jadi… emang drama banget si lippen satu ini ya ternyata. Masa aku mau beli di toko di kotaku sini, ternyata dia di bundling dg produk lain. DAn kita ga dikasih beli kalo ga sepaket ituh… hiksss…

  9. sudah permah sih denngar soal lisptik purbasari ini.. e pas di blognya Kak Putri deh baru baca abiss.. warnanya enak… Mattenya soft. kayaknya cocok nih… hmm, cobaik ga ya,,..

  10. dohhh mbak aku jadi pengen yang nomor 83, itu warna aku cari banget, tapi aku jarang pake lipstickmatte soale kalo kering suka warna putih gitu mbak

  11. warnanya cakep-cakep ya..mattenya kayaknya oek juga tuh. Hebat bangeet sampai sold out, kayak lipstiknya kyle jenner hihihi. Ada yang unguuuu ngga mba put 🙂

  12. Pingback: Wardah Longlasting Lipstick No. 30 [Review & Swatches] – PUTRIKPM // a daily-life blog
  13. Emang purbasari ini kece yaa listiknya,cuma emang nyebelin sih kalo minum suka nempel gitu di gelas 😀
    Aku jadi pengen iseng bikin review juga nih. Tapi ga yakin bakal sekeren mba putri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *