Hal Penting Yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

Sejak saya dan Odi memutuskan untuk melanjutkan hubungan kami ke jenjang yang lebih serius, kami berdua belajar banyak hal. Kami memang sudah berpacaran 5 tahun, Januari nanti insya allah tahun ke-enam, namun masih banyak hal – hal yang nggak kami pahami. Perbedaan jarak 500 kilometer dari Jakarta ke Yogya membuat kami sering berdebat karena hal – hal sepele. Komunikasi yang buruk biasanya awal dari segalanya. Makanya, semenjak Odi melamar saya saat kami berdua berlibur ke Bali, saya mulai benar – benar belajar mengenal Odi lebih banyak. Saya yakin, Odi juga melakukan hal yang sama. Kami sama – sama belajar untuk lebih memahami, nggak hanya menuntut ini itu tanpa pernah tahu apa yang seharusnya dilakukan.

(Read more: And I Said, I Do!)

Beruntungnya, kami berada di lingkungan positif. Semua keluarga bahkan teman – teman kami semuanya mendukung niat baik kami. Banyak wejangan – wejangan yang diberikan ke kami. Ya walaupun tetap ada yang bahasanya negatif dan bikin nge-down duluan. Yang ngomongin kalau biaya nikah nggak murah lah, beli rumah mahal lah, belanja bulanan harganya naik semua lah sampai wejangan soal jangan punya anak banyak karena biaya sekolah mahal banget. Kalau sudah denger yang kayak gitu, saya langsung heboh sendiri antara mau nangis dan kepikiran terus stres. Kalau sudah begitu, saya langsung lapor ke Odi terus nangis sesenggukkan sendiri. Kalau sudah nggak kuat dan ngerasa stres banget, saya langsung ceritain ke Nenek. Padahal sebenarnya hal penting yang harus dilakukan sebelum menikah.

Hal Penting Sebelum Menikah - bertemu keluarganya
Pertama kali ketemu keluarga besarnya Odi. Bunda, Oma & Tante – tantenya 🙂

Saya dan Odi harus belajar saling memahami dan mengerti kurang lebihnya masing – masing. Percaya atau nggak, saat pacaran bakalan beda dengan saat menikah. Ada aja sifatnya yang bikin ngerasa ‘kayaknya dulu dia nggak begitu’ dan saya paham banget kalau Odi juga bisa aja mikir kayak gitu. Apalagi saya dan Odi termasuk orang yang keras kepala, jadi kadang kami berdua suka kekeuh sama apa yang menurut kami bener. Dari hal – hal sepele kayak gitu, hubungan kami yang tadinya lancar – lancar aja langsung berubah ancur total. Ini adalah bagian paling berat sebenarnya, tapi saya selalu ingat kata – kata Mama saya, menikah kan bukan hanya untuk satu orang, tapi menyatukan dua hati berbeda. Seberat apapun, sesulit apapun, harus diselesaikan dan dilewati berdua.

Hal Penting Sebelum Menikah - memantapkan hati
Gaes, mau pamer cincin dari Odi ya gaes! Muahahahah :))))

Menyiapkan mental supaya nggak kaget dan kena shock marriage syndrome. Karena banyak banget kasus yang pas pacaran hepi – hepi aja eh pas nikah malah keluar aslinya terus nggak berapa lama pisah karena nggak kuat. Untungnya Odi selalu bikin saya yakin kalau dia memang diciptakan untuk saya. Dia bahkan sudah mengajarkan saya untuk hidup apa adanya, dia nggak pernah manjain saya dengan hadiah – hadiah yang sebenernya saya pengen. Bahkan Odi udah berhasil mengontrol emosi saya yang masih labil hihihi.

Oh ya, ngomongin soal mental, saya juga harus menyiapkan mental supaya bisa ngumpulin uang untuk resepsi. Walaupun orang tua saya masih mampu untuk ngebantu biaya pernikahan, tetep aja sih saya pengennya pakai uang sendiri hihihih sok idealis. Makanya saya nabung dan mengerem pengeluaran – pengeluaran yang kurang perlu. Sambil nabung, saya juga lagi berharap supaya jadi salah satu dari ratusan pemenang Rejeki BNI Taplus. Soalnya kesempatan menang tahun ini lebih besar loh. Saya cuma perlu nabung di terus transaksi sebanyak – banyaknya setiap bulan. Jenis transakinya pun banyak banget, bisa buat bayar tagihan, top up pulsa, pembelian tiket, transfer antar bank dan transaksi auto debit.

Rejeki BNI Taplus 2016

Dulu sih emang saya nggak percaya soal undian – undian dari bank, tapi kalau di Rejeki BNI Taplus siapa aja bisa jadi pemenangnya. Dengan saldo rata – rata sebulan minimal sejuta, saya berkesempatan dapetin Honda Scoopy Stylish eSP. Kalau saldo rata – ratanya 5 juta, saya bisa dapetin Toyota Sienta. Kalau 10 juta, bisa dapet All New Fortuner dan kalau 50 juta sebulan, bisa dapetin Lexus! Kalau begini kan saya jadi makin semangat nabungnya hihihi. Semakin banyak saya nabung, semakin besar kesempatan saya buat menangin Toyota Sienta yang baru banget launching itu. Bahkan saking kepengennya menang, saya nyuruh Odi buat transaksi apapun menggunakan rekening BNI Taplus saya hahaha. Eh ya, nggak cuma BNI Taplus sih, seluruh nasabah BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Pegawai dan BNI Emerald Saving juga berkesempatan menang. Bahkan kalau baru banget buka rekening di BNI juga langsung bisa ikutan Rejeki BNI Taplus loh.

Untuk kategori undiannya juga dibagi antara Nasional dan Regional. Jadi setiap nasabah dari masing – masing cabang bisa menang. Nggak perlu worry nggak kebagian hadiah. Soalnya untuk pengundian regional dilaksanakan 2 bulan sekali. Intinya mah tetep perbanyak nabung dan perbanyak transaksi biar bisa bawa pulang hadiah – hadiah okenya hihihi. Siapa yang nggak mau hadiah hasil dari tabungan sendiri, coba? Saya mah mau banget! Anyway, yang masih penasaran sama Rejeki BNI Taplus, bisa cek social media BNI di Twitter, Facebook dan Instagram.

Nah kalau soal mental dan keuangan udah oke, selanjutnya saya cuma harus belajar menempatkan diri saya di keluarganya Odi. Makanya setiap ke Yogya, saya selalu nginep di rumah Oma-nya Odi. Dan Odi juga selalu nginep di rumah saya kalau lagi ke Jakarta. Karena saya dan Odi nggak mau nantinya canggung setelah menikah, malah mendingan deg – degannya sekarang dan setelah nikah udah nyaman jadi bagiannya. Ah jadi makin nggak sabar mau buru – buru nikah hihihi.

Kalau misalnya stres karena banyak hal yang harus diurusin, saya selalu cari waktu untuk me time. Salah satu me time favorit saya adalah liburan ke Bali atau sekedar ke spa untuk pijet – pijet cantik. Me time buat calon pengantin itu emang perlu banget. Biar nggak capek dan masih tetap ceria meskipun banyak pressure dari sana – sini. Jadi daripada bengong atau nangis kalau lagi stres dan pusing tujuh keliling, mending keluar dan lakuin hal – hal yang saya suka.

Yang terakhir dan yang nggak kalah penting, kehidupan setelah nikah itu yang paling krusial banget. Apalagi 5 tahun pertama menikah itu malahan yang rawan banget ada hal – hal yang nggak enak. Makanya sebelum menikah, saya dan Odi udah ngomongin panjang lebar tentang harapan dan keinginan kami masing – masing. Masih jauh sih, tapi kalau nggak begitu takutnya nanti kami malah panik sendiri hahaha.

Hal Penting Sebelum Menikah - love

Persiapan sebelum pernikahan tuh emang bikin deg – degan, penasaran, panik tapi juga bahagia. Alhamdulillah saya masih enjoy – enjoy aja sih semoga nggak ada hal – hal yang bikin panik dan bikin saya stres berkepanjangan hihihi. Kalian ada yang sudah nikah atau sedang persiapan nikah juga? Ceritain dong gimana riweuhnya persiapan pernikahan kalian dan apa aja sih hal penting yang harus dilakukan sebelum menikah?

putrikpm

61 thoughts on “Hal Penting Yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

  1. Jadi ingat waktu mau merid dulu, say. Persiapanku cepat banget. Lamaran awal oktober, akhir.november resepsi. Soalnya suami harus buru2 balik ke LN utk kuliah. Agak kurang maksimal memang persiapannya dibandingkan orang lain, tapi alhamdulillah semua berjalan lancar

  2. Kalau menurut aku sih yang paling jelas itu persiapan dana soalnya sekecil-kecilnya pun pernikahan harus dirayakan. kemarin sih persiapan nikahnya cuma 3 bulan plus nggak pakai pacaran. jadi setelah nikah baru deh kenal kepribadian masing-masing. sisi positifnya mungkin aku jadinya nggak punya ekspektasi terlalu tinggi sama suami

  3. Hai mba Putri,
    Setuju banget kalau persiapan pernikahan sebaiknya dari dana pribadi. makanya harus nabung sejak awal ya. Syukur2 masih bisa buat dana setelah pernikahan. Asyik kan kalau jadi salah satu yang beruntung dapat rejeki taplus BNI 🙂

  4. Wuaa semoga menang undian rezeki taplusnya mba putri. Biar bisa kesampaian niat mulianya. Mas Odi seneng banget nih langsung komen. Hihi…

    Mau juga ah berdoa menang undian juga. Ngiler lihat hadiah BNI taplus yg bejibun. Banyakin transaksi ah biar nama saya juga muncul jadi salah satu pemenang. Ah senangnya punya tabungan BNI. 🙂

  5. Jd berasa ikut degdegan kl ada org yg ngmongin mau nikah, rempooong ya shay hahaha… Tp seru, kl uda beres smwnya tuh rasanya plooooong bgt… Semangat! Lancar smwnya ya :).

  6. Terharuuu kalo denger ada yang mau nikah gini! Kalo aku siy ngga ada persiapan yang ribet gitu waktu mau nikah 15 thn lalu. Palingan nyiapin mental sama menata emosi yang naik-turun aja. Hahahaha :)). Tapi emang itu siy, kadang perdebatan dalam RT dimulai dari hal sepele, tapi kudu disegerakan selesainya supaya ngga numpuk di hati ;). Anyway, semoga lancar menuju hari bahagia ya, mba Put :D. Santai aja non, jangan stress. Hehehe.

  7. *kemudian ngintip saldo di BNI* okeh, kudu stabil jangan kurang hihihi. Itu otomatis dapat nomor undian kan ya? #cmiiw

    Btw semoga niat baiknya dilancarkan yaaaa, aamiin ya Rabb

  8. Semangaaat Put, dirimu dan Odi pasti bisa ^_^

    Aku dulu juga persiapan nikahnya nggak cuma duit. Tapi ngobrol dan komunikasi yg intens, segala hal ttg pernikahan. Pokoknya ngobrolin nggak enaknya dulu, agar gak shock, wkwkwk

  9. Cie…. yang mau nikah…:)
    Semoga dimudahkan dalam segala hal ya, Put. Baik dari persiapan hingga ke pelaksanaan dan kehidupan dalam pernikahan nantinya. Aamiin. Semoga dapat hadiah undian kece juga dari BNI yaa! Kalo dapat sienta, ajakin aku jalan2 ke Yogya yaaa. Hehe.

  10. Psst…ternyata usia pacaran kita hampir sama. Saya juga 5 tahun pacaran, trus nikah, deh!
    Untungnya, pasangan saya, dari masa pacaran sampai sekarang, wataknya sama aja. Gak ada yang rubah, jadi saya juga gak terkaget-kaget..he..he..he
    Santai aja, Mbak Put. 5 tahun, waktu yang lama untuk saling mengenal, kan? He he he..

    Eh iya, untuk pembayaran fee artikel, saya selalu pakai BNI, loh! Ah, semoga bisa menang undian..aamiin…aamiin…aamiin.

  11. Aduh, jd inget drama drama gue blm nikah. Hahaha. Oya, soal tabungan bener banget tuh put. And thabks infonya soal undian bni, aku nasabah bni semoga beruntung

  12. Bener banget Mba Put, yang namanya mau nikah emang kudu banget ada persiapan lahir dan batin. Jangan sampe mindset kalo nikah itu bakalan bisa seneng2 doang, lupa kalo ada sedih dan komitmen lainnya 😀 #ngapajadicurhatsaya

  13. Moga lancar ya mba Putri dan mas Odi untuk semua persiapan dan sampai nanti acaranya.

    Suka deg-degan sendiri kalo ada yg mau nikah padahal udah ngelewati. hehehe… Liat aura mba Putri selalu positif aku suka.

    Mudah2an harapan dan mimpinya tercapai.

    Salam hangat,

  14. Oh Mas Odinya orang Jogya toh, pantes Mba Putri sering ke Jogya ya.
    Bener banget mba, yang namanya menikah itu beda dg pacaran yg biasanya cuma yg baik-baik saja yang nampak.
    Setelah menikah semua tabir akan terbuka, hehehe. Makanya harus ada persiapan yang matang.

  15. Sibuk mikirin uiiiit hihihi. Abisnya kayaknya banyak aja pengeluaran tidak terduga. Tapi tetep dijalani dengan santai dan senang. Percaya gak percaya jalannya dimudahkan semuanya 🙂

    Oh iya, soal undiannya menggoda banget. Jadi pengen pindahin tabungan #ehh

  16. Waaahh BNI.. Bank yg satu ini kalau ngasih hadiah memang ngga pernah nanggung! Ini salah satu alasan kenapa aku memilih menjadi nasabah BNI dari zaman gadis dulu (((gadis))) ;p selain karena BNI unggul dalam hal pelayanan dan kemudahan transaksi ya dibanding bank lain 😉 dan ngomong-ngomong pernikahan, soal keuangan memang harus disiapkan dan diomongin jauh-jauh hari sebelum menikah supaya nantinya ngga jadi masalah. Apalagi soal tabungan, ngga cuma berguna waktu menuju pernikahan tapi setelahnya pun, soalnya kebutuhan rumah tangga seringkali ngga bisa diprediksi, hehe. Insya Allah lancar semua ya Put persiapan 😉

  17. Hai Putri. 🙂 Suka baca tulisannya, semoga rencana kalian berdua lancar ya. Jadi flash back 2 tahun yang lalu ketika sy nyiapin pernikahan.Waktu itu cukup stress karena saya ngurus dokumen2, plus WO sendiri dan bikin itinerary liburan buat keluarga suami ditambah ada sj yang dari saya dan keinginan orang tua/kondisi lapangan tidak sinkron. Komplit, tapi alhmd lancar. Sukses! 🙂

  18. Mangat Kak Putrii semoga dimudahkan dan dilancarkan ya! AMINNN :))
    *kemudianmenatapnanardirisendiri*
    Lebaran tahun lalu yang ditanyain: udah kerja belum, jadi deg-degan lebaran tahun depan ditanyainnya kapan nikah :”””) *curhat*

    Semoga terpilih yah kakput! btw aku jadi pengen ngaktifin lagi BNI-ku 😀

  19. Saya pacarannya 1 tahun. Tapi pedekatenya 3 tahun wkwkwkwk! Nikah gak ribet karena cuma akad nikah & makan-makan aja, Put.

    Dunia pernikahan actually dunia yg completely berbeda, Put. Bersiaplah hehehehehe kamu pasti bisa menghadapinya. Halah heheheh semoga lancar ya persiapan pernikahannya.

  20. aahh…senengnya kalo ada yg nyiapin pernikahan ya, turut berbahagia. Moga kesampaian dan dilancarkan ya dan menang undiannya put.
    Aku siyap jadi pager layuuuu 🙂

  21. Dulu persiapan nikah cuma 1 bulan, hahaha, lamar, bulan depan langsung nikah. Enaknya ga pake acara deg2an kelamaan. Moga-moga lancar sampai nikah dan kehidupan setelah nikah ya, ini yg penting

  22. Semoga lancar ya, mba. Kalo dari segi kenyamanan yang penting nyaman dengan keluarganya juga. Jadi ga kaku kalo ngobrol2 sama mereka 😀

  23. Halpenting yang perlu dilakukan sebelum menikah? MENABUNG! *kapslok jebol hehehhe
    Itu yang suami dan saya lakuin mbak. Karena prinsip kami nggak mau repotin orangtua, maunya seluruh biaya dari tabungan kami. And alhamdulilah we did it! *yiaaaayy*
    Saya yakin mbak juga pasti bisa ^^
    Semoga semuanya lancar-lancar yaaaa.. Asik kan LDR? #eaaaaa 😀

  24. Aku kebalikan banget Put. Nikah tanpa pacaran, hahaha XD
    Jadi ya abis nikah deg-degannya minta ditabok *eh.
    Semoga lancaaaarr sampe saatnya tiba ya Put :*

  25. emang kalo dipikirin terus begini begitunya mau nikah, bikin stress… jadi rilex aja 🙂 mikirnya yg penting2 aja…
    Semoga jalan menuju ke pernikahnnya lancar ya Put… 🙂

  26. Semangat ya yang mau nikah, semoga dimudahkan segalanya. Aku dulu pas nikah sederhana aja dan berprinsip jangan sampai tabungan habis cuma buat merayakan pernikahan. Tabungan itu berguna banget setelah menikah karena banyak hal-hal tak terduga yang akhirnya dibiayai dari tabungan.

  27. Persiapan sebelum pernikahan itu emang riweuh but superb fun! Waaaaaaah kebetulan aku juga nasabah bank BNI, thank you infonya ya Put, abis ini bakal langsung cuss tingkatin saldo, siapa tau dapet scoopy. Hihii

  28. Semoga lancar prosesnya ya mbak Put. Proses pranikah memang bagai rollercoaster. Saat itu rasanya adalah saat2 saya merasa dekat sama Allah, krn terus minta kekuatan untuk bisa menjaga hati dan emosi.

  29. Gara gara ngomongin soal undian bank, jadi ingat temenku.
    Pas SMA, dia dapat mobil dari undian bank. Berapa tahun kemudian, bapaknya dapat mobil juga. Kemudian kakeknya juga dapat motor.

    Semuanya dari bank yg sama @_@ *speechless*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *