IBX581FD685E3292
in healthy, Reportase, sponsored post

SEMUA TENTANG BRA

at
semua-tentang-bra

[SPONSORED POST]

Mencari bra yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan saya itu bukan perkara mudah. Apalagi dengan kondisi badan overweight, pakaian luar aja susah banget ketemu yang pas apalagi pakaian dalam. Di tahun-tahun pertama menggunakan bra, saya struggling setengah mati. Setiap ke supermarket atau toko pakaian dalam, pasti saya selalu dipandang sebelah mata. Bahkan pernah mba-mba penjual bra menatap saya dengan tatapan intimidasi, seolah-olah dia ngomong “Siapa suruh punya badan gede banget?”. Detik itu juga saya langsung keluar dari tokonya dan nggak pernah balik-balik ke toko itu, sampai detik ini.

Saking capeknya bolak-balik keluar masuk toko pakaian dalam, akhirnya saya percayain aja semuanya sama Nenek. Jadi semua bra-bra itu adalah hasil perburuan Nenek selama berjam-jam di mall. Nanti pulangnya langsung dikasih ke saya dan saya tinggal pake aja gitu hahaha. Whatta easy life ya?

Tapi ternyata, ada masalah baru yang muncul dan ngebuat saya baru sadar kalau selama ini saya salah besar. Kondisi payudara saya ‘turun’ dan nggak berkembang sempurna. Bahkan ketika saya operasi usus buntu beberapa tahun lalu, salah satu dokter yang memeriksa saya bilang kalau payudara saya kendor dan seharusnya bisa lebih kencang dari itu. Dan saya langsung stress, terus jadi parno sendiri dan nggak mau pakai bra lama. Anxiety jadi teman saya sehari-hari, sedih karena kok ya bisa-bisanya salah satu aset penting saya malah nggak terurus dengan baik 🙁

Baca: Kata Dokter Saya Positif Appendicitis

Setelah masa istirahat total setelah operasi selesai, saya langsung ke mall buat berburu bra baru. Ditemani Nenek, saya mondar-mandir ke berbagai store pakaian dalam dan akhirnya kepincut sama satu brand karena beauty advisor-nya baik-baik banget. Jadi sebelum beli, payudara saya diukur termasuk ukuran cup-nya. Dan ternyata, selama ini ukuran saya salah, bra yang saya pakai terlalu besar tapi cup-nya kecil, sedangkan ukuran bra yang seharusnya saya pakai turun 1 nomer dengan cup D. Menurut mba-mba BA, karena salah ukuran inilah yang ngebuat payudara saya tumbuh agak berbeda dari yang seharusnya. Buat yang penasaran, brand pakaian dalam yang saya maksud dalah Wacoal yang ternyata di storenya punya ukuran bra cukup lengkap termasuk untuk yang punya badan besar plus bongsor kayak saya.

Dari perkenalan saya dengan Wacoal, saya jadi semakin selektif memilih bra untuk digunakan setiap hari. Walaupun memang harganya lumayan beda dengan bra lain, tapi ternyata Wacoal nggak sembarangan dalam membuat bra dan panty yang sesuai kebutuhan perempuan. Kebetulan minggu lalu saya dapat undangan untuk menengok pabriknya langsung bersama teman-teman dari Blogger Perempuan. Berhubung banyak rahasia Wacoal yang saya temukan selama factory visit kemarin, jadi sekalian aja saya tulis di sini, siapa tau ada teman-teman yang penasaran 🙂

 

THE SECRET OF WACOAL

Bukan Wacoal namanya kalau nggak totalitas. Pagi-pagi saya dan teman-teman Blogger Perempuan sudah tiba di meeting point. Tim dari Wacoal menyapa kami dan langsung memulai acara dengan games-games seru sekaligus informatif selama perjalanan menuju lokasi pabrik. Mba Jilly, marketing team PT. Indonesia Wacoal, yang memandu kami selama di perjalanan menjelaskan tentang mitos-mitos yang selama ini berkembang di masyarakat tentang bra dan payudara.

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Salah satu pertanyaan saat games Fact or Myth adalah tentang penggunaan bra saat tidur. Banyak banget yang bilang, termasuk Nenek, kalau tidur itu harusnya tetep pakai bra karena kalau nggak pakai nanti payudaranya mencong-mencong. Dan dulu saya percaya aja sama kata-kata Nenek alias saya pakai bra 24 jam sehari. Untungnya sih sekarang saya udah nggak pernah pakai saat tidur karena rasanya kok nyesek banget kalau tidur pakai bra. Dan faktanya, saat tidur sebaiknya nggak menggunakan bra agar payudara bisa ‘bernapas’ dan bagian dada nggak terkekang tali bra. Bahkan dokter-dokter juga mulai menyarankan untuk melepas bra saat tidur loh. Nah kalau kamu gimana? Pakai bra nggak saat tidur?

Sekitar 30 menit perjalanan, bus yang kami tumpangi akhirnya tiba di PT. Indonesia Wacoal. Lokasi pabriknya lumayan menyempil diantara rumah-rumah dan toko-toko pinggir jalan. Tapi begitu masuk ke dalam area parkiran baru deh kelihatan kalau sebenarnya pabrik Wacoal ini super luas!

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Begitu sampai di lobby, kami langsung disambut dengan pigura-pigura yang bergambar bagian-bagian dari bra dan juga panty. Seluruh bra dan panty yang diproduksi Wacoal ternyata nggak sembarangan, buktinya aja perintilannya banyak banget!

Selesai lihat-lihat di area kantor utama, kami langsung masuk ke area meeting dan langsung dihadapkan pada lomba menghias bra. Sebelum lombanya dimulai, Ibu Melinda dari tim marketing Wacoal memberikan informasi seputar asal usul merek Wacoal lalu mempersilahkan para peserta factory visit memulai lomba dekorasi bra.

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Seperti biasa, karena memang dasarnya saya nggak kreatif, saya asal main tempel patch warna-warni dan kelar hahahah. Menang nggak? Ya enggak lah hahaha. Yang menang itu karyanya Tiffani Kosasih dan Kak Noniq yang sama-sama dari Blogger Perempuan. Membernya BP ini kreatif-kreatif ya, bangga rasanya :))))

MENGINTIP PROSES PEMBUATAN BRA

Selesai acara ramah tamah dan lomba dekorasi bra, kami semua dibagi menjadi beberapa kelompok dan menuju area pabrik untuk melihat lebih dekat proses pembuatan bra dan panty bermerek Wacoal. Cuaca yang cukup bersahabat serta sandal karet khusus yang kami kenakan sebelum memasuki area pabrik menemani kami selama menjelajahi sudut-sudut pabrik. Dimulai dari proses cutting yang membuat saya takjub karena masing-masing pos memiliki banyak bagian QC alias Quality Control yang memastikan seluruh produk yang dibuat sesuai dengan SOP dan standar perusahaan.

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Perjalanan di lanjut ke bagian tes kualitas. Tim Wacoal sendiri ternyata nggak asal-asalan dalam memilih bahan baku untuk pembuatan produknya. Terlihat dari serangkaian tes yang dilakukan demi menjaga kualitas dan hasil yang diharapkan.

“Di sini saya belajar banyak cara merawat dan mencuci bra yang benar. Ternyata nggak boleh dimasukkin ke dalam mesin cuci – apalagi untuk bra berkawat, melainkan cukup dikucek ringan dengan tangan. Supaya kawatnya nggak berubah bentuk, bra yang sudah dicuci nggak boleh diperas dan cukup diangin-anginkan saja.”

Lanjut dari area lab, kami bergerak ke area penjahitan yang ternyata terang banget! Lalu kepikiran kalau buat beauty tutorial di ruangan ini udah nggak perlu ring light lagi hahaha. Di area penjahitan ini juga baru deh saya sadar kalau karyawannya PT. Indonesia Wacoal ini super banyak! Soalnya ternyata nggak cuma untuk permintaan dalam negeri tapi produk yang dibuat di pabrik ini juga diekspor ke mancanegara termasuk Korea dan Jepang. Lalu jadi bangga, produk buatan dalam negeri ternyata dipakai sama orang luar negeri. Kece ya?

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Anyway, mungkin dari kalian ada yang masih penasaran kenapa harga produk Wacoal terutama bra lumayan pricey dibanding brand sejenis lainnya? Nah jawabannya saya temuin selama berkunjung ke pabriknya. Ibaratnya kayak ngebongkar rahasia pabriknya Wacoal gitu. Jadi bahan-bahan yang mereka gunakan sudah pasti kualitas terbaik – nggak heran sih karena Wacoal adalah brand dari Jepang yang selalu mengutamakan kualitas dibanding kuantitas, proses yang cukup panjang selama pembuatannya bahkan berkali-kali dicek sampai hasilnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta ada garansi penggantian apabila ada cacat pada produk. Untuk garansi yang satu ini, saya berani kasih jempol karena kemarin beberapa tim marketing cerita kalau ada complain langsung ditangani oleh para staf khusus. Jadi misalnya saya beli produknya sudah sesuai dengan ukuran lalu ternyata terjadi cacat pada produk atau iritasi di kulit, tim Wacoal bakalan langsung menghubungi dan mengganti produknya. Nggak cuma complain dari dalam negeri, bahkan complain dari negara lain pun juga diinvestigasi satu persatu sesuai dengan standar SOP. Kece nggak?

 

Oh ya kalau soal daya tahan bra-nya, beberapa bra merek Wacoal yang saya punya itu masih tetap nyaman dipakai sekalipun sudah setahun digunakan rutin. Nggak ada perubahan di kawat, warna pun tetap sama, cuma memang volume dari busanya agak menurun sedikit tapi menurut saya sih wajar banget karena pemakaian yang terus menerus. Kalau boleh saya jujur, beli bra merek ini tuh ibarat investasi, worth every penny banget lah!

 

Selesai mampir ke area pabrik, kami kembali ke Jakarta sekaligus berkunjung ke outlet terbaru mereka yang berada di Plaza Indonesia (level 3). Di Wacoal Store, para peserta termasuk saya diukur kembali payudaranya untuk menemukan ukuran bra yang sesuai. Lucky me, ukuran bra saya nggak terlalu banyak berubah, hanya cup-nya saja yang membesar sedikit dari B jadi D hahaha.

 

Anyway, teman-teman tau cara mengukur payudara untuk menentukan ukuran bra yang sesuai? Nih saya kasih bocoran yang diinfoin sama tim Wacoal.

 

“Cara menghitung ukuran bra, yaitu dengan mengurangi jumlah ukuran dalam sentimeter ukur bagian atas payudara atau bagian tertinggi dari payudara (yang kemudian disebut top bust) dengan ukuran  dalam sentimeter bagian bawah payudara (yang kemudian disebut under bust). Atau kalian bisa lihat cara mengukur ukuran bra yang sesuai seperti di bawah ini.”

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

“Contoh, top bust saya adalah 115cm dan under bust saya adalah 90cm sehingga ukuran saya adalah

= 115 – 90

= 20

= D90 alias nomer 40 cup D”

Menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran tuh sebenarnya punya banyak manfaat loh. Mulai dari menjaga bentuk tubuh dan bentuk bra agar tetap di tengah (tidak bergeser) selama beraktifitas, membantu menciptakan bentuk payudara yang ideal dan yang paling penting itu dapat memberikan rasa nyaman saat dipakai. Makanya selama kemarin mampir di outletnya Wacoal yang berada di Plaza Indonesia saya dibuat takjub karena semua bahan bra serta panty terasa lembut dan nyaman dipakai. Model dan motifnya cantik-cantik pula, jadi ngebuat rasa percaya diri meningkat drastis hehe.

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Cara Memilih Bra Wacoal Indonesia

Semenjak kenal sama Wacoal, saya nggak berani lagi pakai bra merek lain karena udah terlanjur cinta dan percaya 100%. Kalau yang ngerasa harganya kurang affordable, tenang, di Wacoal Store itu sering banget ada promo beli 2 lebih hemat gitu, bahkan diskonnya tuh rutin, tiap minggu ada aja. Dan sejujurnya juga saya lebih sering beli bundling pas promo sih hahaha lumayan kan udah hemat eh awet pula. Dobel bonusnya lah.

Buat teman-teman yang masih galau untuk memilih bra yang sesuai, baiknya sih datang ke outletnya Wacoal (alamatnya bisa dicek di webistenya mereka atau klik di sini ya), lalu minta diukur payudaranya terus sekalian konsultasi sama staff Wacoal aja. Soalnya kebutuhan bra masing-masing perempuan itu beda-beda, bisa dilihat dari usia, jenis payudara dan purpose atau tujuan menggunakan bra.

Semoga teman-teman segera menemukan bra yang cocok dengan kebutuhan ya. Terima kasih untuk Blogger Perempuan dan Wacoal yang sudah mengundang saya untuk berkunjung ke tempat pembuatan bra-bra favorit saya. Dan terima kasih untuk kamu yang sudah membaca. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Informasi lebih lanjut mengenai Wacoal bisa dicek di website Wacoal Indonesia atau Instagram @wacoal_id.

33 Comments

  1. Lia Harahap

    Aku pake bra saat tidur. Soalnya gak biasa lepas bra. Hahahaha. Tapi aku pakai bra yang agak longgar alias udah belel hihihi. Kemarin kalau gak salah Mbak Jilly bilang boleh deh pakai bra, asal jangan yang ada kawat. Makanya aku ngerasa lega. Bener ga sih?

    05 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Bener, Kak! Cuma lebih baik sih kalau ndak pake :p

      05 . Mar . 2018
  2. Sri Mulyani

    Saat tidur, saya lebih banyak pakek bra ketimbang nggak.
    Entahlah, kebiasaan aja kali ya. Saking biasanya, susah bedain saat paki atau nggak, bhahaha…

    05 . Mar . 2018
  3. Caroline Adenan

    Kok sama ya kayak aku Put? Aku juga dulu pilih beha mamaku slalu yg pilihin. Aku gak pernah beli. Tapi pada saat aku nikah justru aku kelimpungan, gimana caranya beli beha LOL.
    Dengan dateng ke pabriknya gini jadi tau ya, jadi semakin menghargai ciptaan Tuhan dan tau kenapa bra Wacoal itu mahal ya 🙂

    05 . Mar . 2018
  4. meutia rahmah

    akhirnya tau kenapa bra wacoal itu mihil tp sesuai kualitas sih. Kalau saya lebih nyaman tidur ngak pakai bra kl pakai kayak sesak aja gitu rasanya g nyaman.

    05 . Mar . 2018
  5. meutia rahmah

    baru kenapa bra wacoal itu mihil tapi sesuai dengan kualitasnya sih. Kalau saya lebih nyaman tidur ngak pakai bra dan pernah nyoba make malah jadi sesak gitu.

    05 . Mar . 2018
  6. Hastira

    wah bar yang ada pernak perniknya itu buat apa ya, kan gak kelihatan

    06 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Buat menyenangkan suamik :))))

      06 . Mar . 2018
  7. Edwina Hidayah

    Yawlaaaa, mamaku juga masih yang beliin aku bra lho. Kalau Wacoal lagi diskon, aku baru mampir dan beli sendiri. Itu pun masih bingung sama size-nya, hihihi.

    06 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Wahahaha sama lah kita kak

      06 . Mar . 2018
  8. Kurnia amelia

    Sama kak Put dulu aku ikutin kata saudara Klo mau payudara kencang ya tidur harus di pake …ehhh tapi setelah tau ternyata itu mitos tiap malam aku ga pake bra…feel free banget kalo ga pake

    Btw wacol tuh awet dan nyaman dipake lho aku juga punya 1 soale harganya lumayan wkwkw

    06 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Hahaha aku juga sama kak dulu pas tidur dipake terus karena kata Nenekku nanti payudara kendor kalau nggak dipakai huhuhuh

      11 . Mar . 2018
  9. Dede Ariyanto

    OMG. Itu hasil karya bra Putri parah cute banget.

    06 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Se-cute yang bikin hahahah

      11 . Mar . 2018
  10. Krim Pencerah Wajah Aman Bpom

    Asli aku juga masih suka di beliin sama kkak tuh, pernah beli sendiri tapi longgar soalnya suka bingung dengan size nya hahhaha

    06 . Mar . 2018
  11. lita chan lai

    BRA kalau di inovasi dg kreasi, keren juga ya. sebuah keindahan yg kita sendiri yang menikmati.

    06 . Mar . 2018
  12. Honey Josep

    *toss sesama pemakai Wacoal

    saya pake bra wacoal saat sudah mulai bekerja, ibaratnya punya uang sendiri terus belanja pakaian dalam super nyaman.

    Wacoal awet banget, saya pakai lebih dari 5 tahun dan kawat sama talinya masih okeh asal dirawat dengan benar.

    06 . Mar . 2018
    • PutriKPM

      Tapi bra punya batas kadaluarsa juga lho kak. Coba dicek-cek jangan sampai 5 tahun nggak ganti ukuran juga bahaya lho 🙂

      11 . Mar . 2018
  13. Agung Han

    Tidak bisa sembarangan pilih bra ya kak, selain nyaman juga musti mempertimbangkan dampaknya

    07 . Mar . 2018
  14. Sadewi

    Seneng banget sih bisa menghias bra sendiri, memilih bra memang susah-susah gampang yah karena demi kenyamanan dan kesehatan payudara kita.

    07 . Mar . 2018
  15. Wian

    Duh baru aja td aku naksir bra wacoal. Tapi harganyaaa….

    Kayanya aku perlu ngukur ulang payudara aku nih. Feeling aku aih kayanya salah ukuran juga.

    07 . Mar . 2018
  16. zata

    wah seru banget bisa jalan2 ke pabriknya langsung, jadi tahu kalo yang kita pake dibikinnya dengan sangat serius gitu, pantes ya wacoal kualitasnya bagus.

    07 . Mar . 2018
  17. dewi puspa

    Oh begitu ya mengukur bra, aku biasanya coba-coba aja,kadang pas kadang kegedean atau kesempitan. Terima kasih tipsnya.

    08 . Mar . 2018
  18. Anesa Nisa

    Wacoaaaaall.. Emang bener. Hatga pricey tapi awet sampe mau 5 taun gue nikah. Bta yanh 25ribuan? Hakhakhak, ku sudha beli berkali-kaliiiii. Jadi itungannya sama aja si menurutku

    09 . Mar . 2018
  19. Liswanti

    Wacoal memang pilihan nih dari dulu. Temenku selalu rekomendasiin wacoal kakau buat bra.

    09 . Mar . 2018
  20. silvia

    Wah… Asyik ya berkunjung kesana, dapat pelajaran tantang perlindungan area sensitif wanita secara langsung. Aku suka banget siih merek ini, soalnya dia punya tipe untuk setiap generasi, ukurannya juga bervariasi disesuaikan sama kebutuhan.

    09 . Mar . 2018
  21. Selamet Hariadi

    Wah banyak motif ya ternyata, bisa atur-atur motif juga nih…

    09 . Mar . 2018
  22. Marga

    Aku sekarang kalau beli bra, bawa bra yang nyaman terus cari yang sama persis. Merk dan ukurannya. Hahaha.

    09 . Mar . 2018
  23. Novitania

    waduh, aku selama ini pake bra saat tidur kak. aku pikir kalo nggak pake bra malah nanti kendor. ternyata aku salah huhu

    11 . Mar . 2018
  24. Siti mudrikah

    Biasanya aku agak malu kalo mau nanya2 ttg ukuran bra, gak nyaman aja rasanya, pdhal ini hal yg sngat penting buat wanita, aku juga gak tau nih bra yg aku pakai sdh sesuai atau blm, aku blm pernah coba blnja bra di wacoal kykny enak y bnyak pilihan.

    12 . Mar . 2018
  25. satto raji

    ada caranya ya, mencuci Bra yang baik dan benar, kirain tinggal cemplung, selesai dehh..

    12 . Mar . 2018
  26. ivonie

    Jujur aja, saya belum pernah beli bra bermerk mbak wkwkwkw. Jadi penasaran kan pengen nyobain bra brand ini. intipin harganya ah 😀

    13 . Mar . 2018
  27. Desy Yusnita

    Koq sama banget sama aku, dulu banget aku selalu percayain pilihan mama buat bra aku. hihihi….belum nemu enaknya pilih-pilih bra sendiri.

    15 . Mar . 2018

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *