About My Life

Scotch-Brite™, Teman Setia Nenek Di Dapur

Sebagai anak dan cucu perempuan satu – satunya, sejak kecil saya jadi rebutan antara papa-mama dan nenek-kakek. Mereka berempat secara bergiliran menjaga dan mengurus “Putri” kecil. Hingga saat papa harus pergi ke kota kelahirannya di Bima, NTB, nenek dengan leluasa bisa mengurus saya sepenuhnya. Mama dan papa-pun nggak keberatan saat nenek meminta saya untuk tetap tinggal di Jakarta, bersama beliau dan kakek. Dan jadilah saya sering mendapat julukan “anak nenek”, karena memang sejak kecil hingga saat ini saya lebih dekat dengan kakek dan nenek saya dibanding papa dan mama.

putrikpm dan bu hj daryono
Saya dan nenek. Plis abaikan lipstick yang udah belepotan karena udah makan berkali – kali hahahaha -______-

Sejak mulai mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri, saya sering memberikan hadiah – hadiah kecil untuk nenek. Mulai dari baju, makanan, dan peralatan untuk bersih – bersih di rumah. Hadiah – hadiah kecil dari saya memang bukan apa – apa. Karena nenek bukan tipe orang yang suka minta, jadi paling cuma ngasih kode mau minta apa dan saya harus peka menangkap apa kemauannya nenek hihihi. Bagi saya, hadiah kecil itu bukti cinta dan terima kasih saya karena sudah dibesarkan oleh beliau. Duh, saya nulis ini sambil pengen nangis hihihi.

By the way, walaupun sudah berusia lebih dari 60 tahun, nenek masih melakukan semuanya sendirian. Menyiapkan makanan untuk saya dan kakek, menyiapkan bekal untuk saya bawa ke kantor, sampai membereskan rumah. Sejak muda sampai sekarang, nenek agak anti menyewa tenaga bantuan dari asisten rumah tangga. Beliau lebih suka melakukan apa – apa sendiri, dan malah ngerasa risih kalau ada yang bantuin hihihi. Termasuk saya, pernah loh saya diomelin pas nyuci baju, karena katanya bukannya bersih bajunya bakalan semakin kotor hahaha. Tapi tetep sih, kalau saya lagi di rumah, minimal saya bantuin cuci piring atau membersihkan rumah. Saya emang paling suka mencuci piring, karena selain main air, bisa sekalian main busa sabun pencuci piring hahaha.

Scotch-Brite Spons Cuci Piring Sabut Hijau 3

Scotch-Brite Spons Cuci Piring Sabut Hijau 2

Ngomong – ngomong soal kegiatan cuci piring, ada tradisi yang nggak pernah hilang di rumah. Nenek terbiasa untuk mensortir warna dan jenis peralatan masak dan makan yang akan dicuci. Setelahnya, baru dibilas dengan air dan diberi sabun pencuci piring kemudian dibersihkan dengan bantuan spons Scotch-Brite. Banyak banget alasan kenapa nenek – dan akhirnya saya jadi ikut-ikutan, selalu menggunakan spons dari Scotch-Brite™. Ada 3 tipe spons Scotch-Brite™ yang menjadi favorit nenek:

  • Scotch-Brite™ Sabut Spons Hijau

Scotch-Brite Spons Cuci Piring Sabut Hijau

Ini adalah spons andalan nenek dan saya untuk mencuci peralatan masak dan makan. Karena spons hijau ini bisa ngebuat piring atau wajan penuh minyak bersih loh. Cukup semprotkan cairan pencuci piring ke spons lalu remas sebentar hingga mengeluarkan busa, kemudian bersihkan piring ataupun peralatan masak dengan agak digosok sedikit. Bagian warna hijau yang lebih gelap itu yang sering nenek pakai untuk menggosok bagian yang lebih kotor atau ada bekas minyak menggumpal. Nenek suka banget pakai Scotch-Brite™ Sabut Spons Hijau ini karena awet dan permukaan sponsnya lebih lembut. Selain untuk membersihkan peralatan masak dan makan, nenek juga menggunakan spons ini untuk membersihkan kompor dan dinding keramik di sekitar kompor. Soalnya kalau habis menggoreng sesuatu, minyaknya suka nyiprat kemana – mana. Kalau kata nenek, sabut spons hijau ini must have item ibu – ibu yang higienis hihihi.

  • Scotch-Brite Sabut Spons Alat Makan & Minum Anak

Scotch-Brite Sabut Spons Alat Makan & Minum Anak

Scotch-Brite Sabut Spons Tempat Minum Anak

Karena setiap hari saya bawa bekal ke kantor, pastilah koleksi tempat makan saya melimpah ruah. Nenek pun orangnya suka ribet dan sayang banget sama koleksi tempat makan saya – yang sebenernya punya nenek semua hahaha. Nenek punya kebiasaan suka agak lebay sama tempat makan dari salah satu merek MLM yang udah beranak pinak di rumah. Makanya untuk perawatannya sendiri nggak bisa main – main, nenek hanya akan menggunakan Scotch-Brite Sabut Spons Alat Makan & Minum Anak untuk membersihkannya. Spons berwarna nge-pink yang ngegemesin ini emang spons andalan nenek untuk membersihkan koleksi tempat makannya plus piring – piring plastik berbagai bentuk yang jadi kesayangannya. Soalnya emang sponsnya lebih lembut dan cocok untuk tempat makan yang berbahan plastik dan sejenisnya. Dan lebih pentingnya lagi, spons pink ini aman untuk membersihkan peralatan makan dan minum anak – anak. Desainnya ada 2 jenis, yang berbentuk spons biasa yang mudah digenggam dan yang panjang – cocok banget untuk membersihkan tumbler atau botol minum.

  • Scotch-Brite Sabut Spons Tidak Menggores

Scotch-Brite Sabut Spons Tidak Menggores

Tipe spons favorit nenek yang terakhir adalah Sabut Spons Tidak Menggores merek Scotch-Brite™. Ada 3 jenis warna dari varian yang satu ini, tapi karena nenek sukanya warna orange, jadilah dia selalu nitip spons ini yang warna orange-nya aja. Padahal warna pink dan tosca-nya juga lucu.

Sebagai anak yang hobi makan yang cepet dibuat – kayak telor dadar pakai irisan cabai, omelet, indomie-telor-kornet, dan sejenisnya, nenek jadi punya banyak peralatan masak anti lengket. Dan biasanya, untuk ngebersihin teflon itu butuh perjuangan ekstra. Saya pernah ngalamin pas bikin internet dan nempel terus pas dicuci pake spons biasa nggak hilang dong sisa telor dan mie yang masih nempel. Dan akhirnya saya frustasi, langsung aja saya ambil sabut kawat dan langsung saya gosokkin ke teflon. Besoknya, nenek ngomel – ngomel karena panci anti lengketnya rusak gara – gara saya pake spons kawat hahahahaha. Sejak saat itu, nenek selalu stok Scotch-Brite Sabut Spons Tidak Menggores di rumah hihihi.

Spons – spons dari Scotch-Brite™ termasuk barang yang jarang saya beli. Karena emang aweeeet banget. Desainnya yang non-scratch scourer membuat semua peralatan masak dan makan milik nenek tetap awet dan bersih. Bentuknya yang mudah digenggam-pun jadi nilai tambah kenapa keluarga saya setia menggunakan Scotch-Brite™. Dan tugas saya untuk memudahkan pekerjaan nenek jadi sukses berat! Ups, bukan berarti saya menyuruh nenek untuk beres – beres di rumah loh, semua sudah ada aturannya masing – masing. Nenek, kakek dan saya pun punya porsi masing – masing untuk menjaga kebersihan rumah. Tapi berkat Scotch-Brite™, pekerjaan rumah jadi lebih mudah. Selain menggunakan produknya, saya dan nenek juga rutin mengecek tips seputar dapur di Facebook Page-nya Scotch-Brite™.

Pokoknya ya, nenek dan spons Scotch-Brite™ itu kayak Spongebob sama spatulanya. Nggak bisa deh sehari nggak bersentuhan tangan. Sampai – sampai, nenek selalu heboh kalau stok sabut spons Scotch-Brite™ di rumah udah mulai menipis hihihi. Teman – teman ada yang menggunakan spons Scotch-Brite™ juga? Spons yang mana sih yang jadi favorit kalian? Ada yang sama dengan favoritnya nenek saya? Share your thought on the comment below! 🙂

See you on my next post!

header delapankata

15 Comments

  1. bloggergunung

    Hai anak nenek 🙂
    kirain gak bisa cuci piring, ternyata selain poles wajah, pandai juga poles piring dan wajan ya, hehehenda

    #bercanda

  2. Hehehe, sama dunk Put, aku udah berumur juga suka main air, rasanya bersih, seger gitu ya.
    main air bareng scotch brite, tambah bersih yaa

  3. Aprillia Ekasari

    Neneknya doyan selfie jg ya hihihihi

    Saya juga pakai scotch brite di rumah 😀

    Oh ya kalau ada yg berpotensi nempel gtu biasanya saya rendam dulu sih mbak, atau kalau mau cepat dicuci direndamnya pakai air hangat/ panas.

  4. Hastira

    wah aku juga paling suka nyuci dari kecil karena bsai sambil mainan air/ Wah spons warna warni ya

  5. aku suka sama sabut spons warna pink…unyuu

  6. Weeeh ternyata mba putri suka bantuin nenek cuci piring ya.

    Spons ini enak banget buat cuci piring.

  7. Merek andalan saya di rumah juga nih. Salam buat Nenek ya put, semoga sehat selalu 🙂

  8. liannyhendrawati

    Ngacung! Aku juga selalu pake spons Scotch Brite. Biasanya yang warna hijau kuning itu. Baru tau varian yang anti gores dan pink untuk peralatan makan dan minum anak. Senengnya! 😀

  9. saya juga pakai Scotch Brite, kerak2 yang sering menempel dan susah dihilangkan bisa bersih tuntas dengan spons hebat ini

  10. Alhamdulillah neneknya masih sehat banget ya Mbak.

  11. Aku baru tau tentang yang warna pink ini, sebelumnya bablas semua pake yang ijo ihihihih….

  12. pegangannya Scotch Brite ini enak di tangan… kalau bahasa saya mah mantep heheheh…

  13. mio

    Di rumah suka yang pink.. Soalnya suka warna pink. Bosen sama sabut warna hijau dan kuning. Heheheheh. 😀

  14. Nenenk apa kabaaaarrrr.
    Long time no see your grandma kak!!.
    Pan kapan kita piknik di Ancol ajak Nenek yaaag.

Leave a Reply

Required fields are marked*