SPOT-SPOT FAVORIT PLUS INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

[SPONSORED POST]

Walaupun jaraknya cukup dekat dengan Jakarta, tapi saya sama sekali belum pernah berkunjung ke Singapura. Padahal negara yang lebih jauh kayak Korea aja udah dijabanin, tapi malah ke negara yang katanya apa-apanya serba tertib aja saya belum pernah huhuhu. Makanya begitu selesai mengurus perpanjangan paspor sekaligus menggantinya jadi paspor elektronik, saya langsung cek tiket promo ke Singapura. Alhamdulillah, pas ngecek harga ternyata ada tanggal yang cocok terus cus langsung beli hahaha. Impulsif yang berfaedah deh pokoknya.

Dari jauh-jauh hari sebelum hari H, saya sudah googling destinasi wajib dikunjungi selama berada di Singapura. Dan dari semua jadwal itinerary yang udah padat merayap, saya nggak sabar banget untuk menjelajahi Changi Airport yang katanya bikin gagal move-on dan males keluar dari bandaranya. Antara percaya nggak percaya sih karena saya sendiri setiap ke bandara bawaannya selalu mau buru-buru keluar karena nggak sabar mau explore tempat wisatanya.

Selama di Changi Airport, ternyata sadar nggak sadar saya sering banget selfie dengan background instalasi atau spot-spot yang super menggemaskan. Kebetulan beberapa teman yang follow saya di Instagram penasaran juga di mana lokasi-lokasi selfie favorit di Changi Airport, jadi sekalian aja saya tulis di sini ya!

TERMINAL 1

KINETIC RAIN

Pernah kebayang nggak ngeliat ribuan logam yang berbentuk mirip tetesan air dan menari-nari di udara? Saya speechless begitu melihat Kinetic Rain dari dekat. Kayaknya nggak saya aja sih karena selain saya ada beberapa orang yang berhenti lama di depan area ini cuma sekedar ngeliatin logam-logam ini bergerak naik dan turun. Nggak heran spot ini jadi salah satu spot paling favorit buat selfie di Terminal 1 Changi Airport.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

 

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Kalau mau ke Kinetic Rain ini kudu dateng ke Terminal 1. Lokasinya di area publik, terminal 1 keberangkatan Changi Airport. Jadi kalau misalnya landing di Terminal 1, dari area kedatangan tinggal langsung naik lift ke area keberangkatan. Kalau kamu landing di terminal lain, kamu harus menuju ke Terminal 2 lalu dilanjut jalan kaki ke Terminal 1. Jaraknya lumayan deket kok, nggak akan bikin ngos-ngosan hehehe.

Selain Kinetic Rain, sebenarnya masih ada Cactus Garden, Piazza Garden dan Sculptural Tree Garden yang bisa disinggahi selama berada di Terminal 1, sayangnya kemarin saya nggak sempet ubek-ubek Terminal 1 Changi Airport lebih lama karena capek banget huhuhu. Jadi maafkan belum terlalu lengkap ngereview Terminal 1-nya ya. Insya allah kalau ada rezeki bisa ke SG lagi, nanti bakalan saya buat 1 postingan lengkap deh fasilitas dan spot-spot instagramable di Terminal 1 ini.

TERMINAL 2

ORCHID GARDEN & KOI POND

Cantiknya bunga-bunga Anggrek berpadu jadi satu dengan puluhan ikan koi yang gemes-gemes di taman yang berada persis di dekat immigration gate, area transit, Terminal 2 Changi Airport. Lokasi yang satu ini bahkan jadi tempat paling favorit anak-anak yang berada di Terminal 2, buktinya begitu saya dateng ke taman ini, banyak anak-anak yang sibuk foto-foto sambil heboh ngeliatin ikan koi hahaha.

Ikan-ikan koi yang ada di Koi Pond ini punya jadwal makan khusus loh, jadi jangan asal ngelempar sesuatu ke dalam kolam kecuali kamu mau didatengin sama petugas bandara ya hehehe.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

 

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Lokasi Orchid Garden & Koi Pond ini ada di transit area area keberangkatan. Jadi untuk kamu yang baru dateng bisa langsung naik ke area kedatangan dan cari aja Koi Pond. Seingat saya sih areanya dekat sama eskalator menuju Entertainment Deck dan Sunflower Garden jadi gampang banget dicarinya.

ENTERTAINMENT DECK

Selfie di entertainment deck? Why not! Soalnya area hiburan di Terminal 2 ini emang super lengkap sih. Mulai dari Movie Theatre, Internet Spot sampai Game Console area. Sayangnya kemarin saya sampai di area hiburan ini tengah malam jadi kebanyakan area hiburannya dipakai buat tidur sama traveller yang lagi transit.

SUNFLOWER GARDEN

Di bandara ada taman Bunga Matahari? Kayaknya cuma Changi Airport sih yang punya ide out of the box begini. Kemarin saya puas luar biasa menikmati deretan bunga Matahari yang sedang mekar-mekarnya di taman outdoor yang letaknya berdampingan dengan entertainment deck.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Dari dalam Sunflower Garden, area transit, Terminal 2 Changi Airport ini juga kita bisa ngeliat pesawat-pesawat yang landing atau take off. Pemandangan langka banget karena bisa super dekat sama pesawat-pesawat ini. Kalau mau berkunjung ke taman ini, jangan lupa siapkan payung atau kacamata hitam atau topi karena mataharinya cukup menyengat lho!

A MILLION TIMES

Terbuat dari 504 jam yang bentuknya berubah-ubah tiap saat. Entah kenapa kalau kita berjalan melewati area ini, jamnya seolah-olah bergerak mengikuti kita lho. Di tempat ini juga banyak para pasangan yang berfoto dengan gaya mesra ala-ala film Korea yang bikin baper seketika hahaha. Sedihnya saat saya mampir ke A Million Times saya sendirian dan nggak ditemenin Odi jadi cuma bisa foto sembari jalan aja karena takut baper berkepanjangan hahahaha.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Lokasinya ada di public area dekat check-in counter. Pesen saya sih kalau mau berfoto di sini mending pas siang-siang supaya cahayanya oke.

TERMINAL 3

DAISY

Tadinya saya pikir Daisy ini kincir angin tapi ternyata instalasi ini dibangun untuk melambangkan keragaman tumbuhan dan bunga yang tumbuh di Singapura. Dengan tinggi 13 meter, Daisy jadi salah satu spot paling favorit sekaligus unik yang wajib dikunjungi saat berada di Terminal 3. Untuk menemukan spot Daisy ini mudah banget karena lokasinya ada di area publik, terminal keberangkatan. Lokasinya bersebelahan dengan miniature Changi Airport serta berada dekat dengan check-in counter.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

CHANGI AVIATION GALLERY

Transit lama di Terminal 3 terus bingung mau ke mana? Ke Aviation Gallery aja! Dari sini kita bisa ngeliat pesawat yang landing ataupun take off di Terminal 3. Selain itu di kanan dan kiri area ini juga ada deretan kafe serta resto yang bisa diicip-icip sambil nunggu waktu boarding.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

HELLO KITTY & FRIENDS

Satu hal yang paling saya kagumi dari Changi Airport adalah mereka super niat kalau nge-build area atau spot-spot tematik kayak Changi’s Mystical Garden with Sanrio Characters ini. Nggak heran semua instalasi tematik mereka selalu ramai didatangi pengunjung atau setidaknya mampu ngebuat saya menghabiskan waktu cukup lama buat mengaguminya. Gemes banget kan?

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Karena letaknya yang berada di area publik, jadi butuh kesabaran untuk bisa berpose di depan area Hello Kitty & Friends karena sering dipenuhi pengunjung. Tapi sekali berhasil foto, dijamin nggak mau pindah ke area lainnya karena karakter-karakternya yang super gemas.

THE SLIDE

Mau mencoba wahana yang lebih menantang? Berseluncur di The Slide bisa jadi pilihan. Sayangnya ada batasan berat dan tinggi untuk meluncur dari wahana seluncur tertinggi di bandara seluruh dunia ini. Saya sih sudah pasti nggak akan diizinin hahahah jadi kemarin cuma ngeliatin adek-adek yang lagi pada berseluncur aja deh. Tapi diliat-liat kok kayaknya seru ya karena tinggi seluncurannya ini sekitar 12 meter. Lumayan bikin deg-degan ya hahaha.

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Lokasi The Slide berada di area publik, Terminal 3, Level 1. Lokasinya juga dekat dengan playground Terminal 3. Kalau ada yang sudah nyoba, boleh loh ditulis kesan dan pesannya selama berseluncur di kolom komentar 🙂

TERMINAL 4

Terminal paling baru di Changi Airport ini punya segudang spot-spot instagramable. Sayang, kebanyakan spot lucunya ada di area transit dan kebetulan saya nggak terbang dari Terminal 4 ini jadi cuma bisa explore public area-nya aja. Sedih banget karena katanya transit areanya itu kece banget lho! 🙁

HEY AH CHEK!

Mungkin kalau di Indonesia namanya berubah jadi “Bang Becak, sini Bang!” hahaha. Soalnya patung yang satu ini dibuat untuk menggambarkan kebiasaan penduduk lokal Singapura yang suka naik becak untuk pergi ke pasar. Di belakang patung Hey Ah Chek! ini ada deretan food court wajib coba lho! Jadi bisa sekalian foto-foto sambil icip-icip kuliner khas Singapura atau western food hingga fast food. Lokasi Hey Ah Chek! ini berada di area keberangkatan Terminal 4 ya.

 

LES OISEAUX (THE BIRDS)

Spot terakhir yang saya kunjungi di Terminal 4 Changi Airport ini adalah Les Oiseaux, 3 patung buatan tangan yang terbuat dari kabel stainless. Entah kenapa saya suka banget berlama-lama di depan area ini karena unik dan lucu. Apalagi lokasinya persis di dekat ruang tunggu shuttle bus menuju Terminal 2 jadi banyak orang lalu lalang dan burung bercahaya ini jadi daya tarik tersendiri. Unik ya?

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

 

SPOT INSTAGRAMABLE DI CHANGI AIRPORT SINGAPORE

Yups, itu semua spot-spot favorit saya yang berada di Changi Airport. Tapi sebelum teman-teman berkunjung atau mampir ke spot-spot yang saya sebut di atas, saya punya beberapa hal yang kudu diperhatikan supaya perjalanan berkeliling bandara lebih nyaman sekaligus menyenangkan:

  • Download aplikasi iChangi di ponsel (Android & iOs). Dengan aplikasi ini kita bisa tahu lokasi belanja, kuliner, spot-spot aktifitas wajib dikunjungi hingga informasi penerbangan dan promo yang berlaku di Changi Airport.
  • Bawa botol minum dari Jakarta karena area Drinking Water Tap bertebaran di sudut-sudut bandara atau di dekat toilet. Daripada harus ngeluarin beberapa SGD demi seteguk air, mending berhemat dengan yang gratisan kan?
  • Cari buku panduan atau map di tiap-tiap terminal supaya bisa lebih puas mengeksplor spot-spot lucu dan unik selama berada di Changi Airport.
  • Mau update Instagram tapi belum sempat beli paket roaming? Tenang, cukup scan paspor di Wifi kiosk terus bisa internetan gratis selama 3 jam. Jika sudah punya aplikasi IChangi, kamu bisa menikmati internet gratis selama 24 jam!
  • Yang terakhir, jangan lupa early check-in minimal 4 jam sebelum keberangkatan supaya bisa puas muter-muter di ke-empat terminal dan supaya nggak worry ketinggalan pesawat.

Berhubung lagi ngebahas soal Changi Airport, saat ini lagi berlangsung kontes foto #ChangiDiHati berhadiah sepasang tiket pulang-pergi dari Indonesia ke Korea via Singapura. Cara ikutannya gampang banget! Cukup berfoto dengan gestur atau stiker hati dan ceritain kenapa Changi Airport selalu di hati dengan #ChangiDiHati lalu upload di bit.ly/changidihati-pk. Kontesnya berlangsung hingga 31 Maret 2018. Siapa tau kan kamu bisa liburan gratis ke Korea sama doi? Good luck ya guys!

Baca Juga:

39 Comments

  1. Aku foto-foto di sunflower garden. Tapi karena sendiri jadi pake self-timer, eh mukanya banyak yang zonk hahaha. Backgroundnya tetep kece sih.

  2. waahhh changi tambah keren yaaaaa… yang terminal 2 itu emang asik.. liat ikan koi berenang renang .. jadi pengen ikutan berenang *eehhh*

  3. seruuu banget bandara bisa jadi tempat foto yang keren bakalan betah kalo disuruh nunggu berjam-jam karena bisa hunting tempat foto yang unik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *