Tips Liburan Hemat Di Manado

Mana suaranya yang sudah dapat THR Lebaran?

Saya udah sih, bahkan udah habis hahaha bohong deng, sudah saya bagi – bagikan ke pos – pos pengeluaran maksudnya. Iyalah, walaupun THR rasanya seperti bonus dadakan, tapi bukan berarti bebas berfoya – foya dan pakai uang semaunya. Saya kapok mengalami masa – masa boros yang membuat semua hari terasa seperti tanggal tua. Kapok banget sampai – sampai saya sudah nggak pernah ninggalin kebiasaan mengatur keuangan yang sudah diwariskan oleh Nenek saya.

Baca: Cara Mengelola Keuangan Ala Nenek Saya

Ngomong – ngomong soal pos pengeluaran, salah satu pos yang paling saya pikirkan dan alokasikan dana lebih saat mendapat THR adalah budget liburan. Iya, karena menurut saya liburan itu perlu supaya otak tetap waras. Maklumlah, menjalani berbagai pekerjaan sekaligus membuat saya gampang banget stress. Setelah jadi karyawan 8 to 5, saya mengisi waktu sebagai blogger dan ikut mengurus twitternya Blogger Perempuan. Selain badan yang mudah lelah, pikiran juga jadi terforsir, apalagi kalau deadline kantor datangnya barengan dengan deadline tulisan blog. Haduh, kalau nggak liburan bisa – bisa mood dan pekerjaan berantakan!

Baca: 5 Hal Penting Agar Traveling Tetap Hemat Ala Karyawan Kantoran

Lalu entah kesambet apa, Odi tiba – tiba ngajakin liburan ke Manado! Duh, antara excited dan bingung sendiri karena ini kali pertama saya liburan ke Ibukota propinsi Sulawesi Utara.

Kenapa Manado?

Sebagai penggila olahraga air, saya dan Odi jatuh cinta sekali dengan keindahan laut Manado. Mulai dari Taman Laut Bunaken hingga berbagai pulau – pulau cantik disekelilingnya. Kami bisa puas menikmati pantai, berenang, snorkeling hingga diving disini. Dan yang paling penting, kami sudah bertahun – tahun nggak diving! Kalau snorkeling sih masih saya lakukan tahun lalu, tapi terakhir diving sepertinya 5 tahun lalu. Lama banget kan? So akhirnya kami memutuskan untuk lebih dekat dengan air dan laut dengan berlibur ke Manado.Tips Liburan Hemat Di Manado

Nah karena ini adalah kali pertama kami akan menginjakkan kaki di tanah Manado, makanya kami nggak pengen boros alias pengen liburannya hemat. Supaya ada kenang – kenangannya, sekalian aja saya tulis tips hemat liburan ke Manado. Siapa tahu ada teman – teman yang juga membutuhkan 🙂

  • Hunting Tiket Promo

Tip klise tapi memang wajib dilakukan setiap mau liburan hemat, nggak hanya ke Manado tapi juga kemana pun! Karena semakin jauh tanggal pembelian tiket dengan tanggal keberangkatan biasanya harganya akan lebih murah lho. Jadi biasanya saya sudah sisihkan uang THR tahun lalu untuk berlibur di lebaran tahun ini.

  • Pilih Destinasi Wisata Yang Sesuai

Karena saya dan Odi akan berlibur berdua, jadi kami memilih destinasi yang serba laut. Taman Laut Bunaken adalah itinerary wajib dalam liburan kami di Manado. Sisanya adalah pulau – pulau serta aktivitas laut lainnya yang ingin kami lakukan. Lain halnya kalau saya liburannya sama orang tua ataupun sama sepupu yang masih kecil, nggak mungkin kan saya bawa mereka diving? Dengan memilih destinasi yang sesuai ini juga bisa mengira – ngira berapa pengeluaran yang akan dibutuhkan selama berlibur.

Tips Liburan Hemat Di Manado

  • Cari Tahu Makanan Khasnya

Namanya liburan ke luar pulau, mencari informasi seputar makanan juga jadi hal penting supaya liburannya hemat. Kalau misalnya makanannya agak nggak cocok dengan lidah, bisa diganti dengan berbungkus – bungkus mie instan yang dibawa dari rumah, kan? Sudah hemat, enak pula hahaha.

Tapi untungnya saya anak laut banget alias makan ikan laut adalah rutinitas saya, jadi nggak terlalu bingung pilih makanan sih, tapi tetep bakalan bawa beberapa bungkus mie instan supaya hemat hehe.

  • Memesan Penginapan Dari Jauh – Jauh Hari

Sama seperti penerbangan, memesan kamar untuk menginap ada baiknya dilakukan dari jauh – jauh hari. Selain harganya bisa lebih murah, kita juga bisa memilih jenis kamar sesuai keinginan. Nah untuk penginapan kali ini saya lebih memilih menginap dengan budget yang serendah mungkin. Soalnya setelah saya cari info sana – sini, hotel murah di Manado kualitasnya nggak kalah sama yang berbintang. Fasilitas yang lengkap serta akses yang mudah dijangkau menjadi alasan utama saya memilih penginapan selama berlibur.

Kali ini pilihan saya jatuh ke hotel Airy Rooms yang ternyata cukup banyak tersebar di Manado. Kenapa Airy Rooms? Karena harganya yang terjangkau dan yang penting fasilitas hotelnya cukup lengkap. Di masing – masing hotel sudah menyediakan WiFi gratis, TV dan AC yang pastinya akan membuat waktu istirahat saya semakin nyaman. Siapa sih yang nggak mau berlibur hemat tapi tetap nyaman?

Tips Liburan Hemat Di Manado

  • Bawa Pakaian dan Perlangkapan Sesuai Musim

Kalau lagi musim hujan, jangan lupa bawa payung lipat dan siapkan baju hangat. Kalau lagi musim panas, jangan lupa bawa kacamata hitam dan sunblock. Ditambah obat – obatan yang sering dibutuhkan seperti minyak kayu putih, obat sakit kepala dan obat maag. Pengalaman banget waktu berlibur ke Bali tahun lalu Odi sempat terkena gerd dan

Baca: Sesak Napas Karena Telat Makan

Ketika tiket pesawat dan penginapan sudah terpesan, saatnya packing dan bersiap untuk liburan. Untuk uang jajan dan kebutuhan selama liburan pun sudah selesai saya packing. Nggak sabar mau liburan! Asli deh, saya lagi over-excited nih haha.

Teman – teman ada yang pernah liburan ke Manado? Ada destinasi wisata yang wajib dikunjungi? Share di kolom komentar ya… Thank you!

putrikpm-footer

One thought on “Tips Liburan Hemat Di Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *