Tips Nyaman Mudik Bersama Keluarga Menggunakan Pesawat Terbang

Jakarta - Korea 24 jam

Nggak kerasa ternyata beberapa hari lagi lebaran ya? Ya ampun, rasanya baru kemarin taraweh dan puasa pertama, eh sekarang sudah sepertiga akhir bulan suci. Sedih rasanya harus meninggalkan Ramadhan, tapi disisi lain, saya nggak sabar menunggu Hari Raya Idul Fitri. Salah satu alasannya karena saya akan mudik ke kampung Kakek dan juga Nenek yang ada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, tradisi mudik memang sudah menjadi tradisi tahunan yang selalu dilakukan. Biasanya, berbulan – bulan sebelum hari raya, saya mulai heboh cari informasi tiket pesawat yang sedang promo. Iya, kami sekeluarga lebih suka mudik dengan menggunakan pesawat terbang dibanding dengan akomodasi lainnya. Pertimbangan waktu tempuh yang paling singkat dibanding moda transportasi lainnya membuat keluarga saya lebih memilih mudik dengan menaiki burung besi selama bertahun – tahun. Pasti banyak deh teman – teman yang juga lebih memilih mudik dengan jalur udara, apalagi kalau mudiknya dengan orang tua atau baby.

Nah ngomong – ngomong soal mudik dengan pesawat terbang, sebenarnya ada beberapa pertimbangan yang saya dan keluarga pilih dibanding harus menaiki moda transportasi darat ataupun laut.

  • Nyaman

Dengan banyaknya fasilitas ruang tunggu yang nyaman di bandara membuat saya nggak perlu khawatir membawa keluarga mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Selain itu, waktu tempuh menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk mudik bersama keluarga. Karena kalau keluarga nyaman dan merasa enjoy selama penerbangan, saya merasa bahagia banget dan nggak worry mereka akan bad mood.

  • Aman

Pernah ngerasa kesel nggak kalau lagi mau boarding harus berulang kali ngelewatin pos pemeriksaan yang pakai sinar X? Dulu saya kesel banget! Tapi setelah saya jadi Sobat Aviasi, saya jadi paham kalau semua proses pemeriksaan yang terkesan ribet itu sebenernya untuk melindungi para calon penumpang dan staff bandara dari hal – hal yang nggak diinginkan. Semenjak itu, saya jadi nggak pernah keberatan kalau harus buka jaket, sepatu atau apapun yang disuruh sama petugas bandara.

By the way untuk yang belum tau, Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan atau yang disingkat dengan DJPU. Untuk detail informasi seputar Sobat Aviasi, teman – teman bisa follow social media DJPU di Instagram dan Facebook.

  • Praktis

Semenjak ada fasilitas web check-in, saya rasanya langsung loyal sama pesawat terbang. Apalagi kalau mudik serombongan bareng keluarga besar, otomatis proses check-in jauh lebih mudah dan cepat kalau dilakukan secara online. Jadi sampai bandara tinggal langsung masukkin bagasi dan menuju boarding gate. Super praktis dan nggak ribet sama sekali.

Untuk teman – teman yang ingin mudik dengan pesawat terbang, saya punya beberapa tips yang mungkin akan membantu supaya lebih nyaman di perjalanan:

  • Datang On Time

Apalagi saat musim mudik, jalanan menuju bandara bisa macet paraaaah banget. Jadi lebih baik spare waktu tambahan dan usahakan datang tepat waktu ke bandara maksimal 1 jam sebelum keberangkatan. Nggak pengen kan lari – larian dari ujung ke ujung karena takut ketinggalan pesawat?

  • Minum Air Putih Yang Cukup

Supaya nggak dehidrasi selama diperjalanan, usahakan untuk mengkonsumsi air mineral atau air beroksigen sebelum dan saat di pesawat. Plus, jangan minum kopi atau soda beberapa jam sebelum take off karena akan mengganggu proses pencernaan dan akan ngebuat perut kembung nggak nyaman.

  • Bawa Barang Seperlunya

Nggak pengen kan ada barang tertukar atau tertinggal? Jadi mending bawa barang seperlunya aja atau selalu waspada terhadap barang bawaan. Soalnya kalau sudah mepet – mepet lebaran, bandara akan dipenuhi calon penumpang yang ingin mudik. So sebagai antisipasi ada baiknya selalu memeriksa barang yang dibawa atau minimal kurangi jumlah barang bawaan ya!

  • Wajib Makan Sebelum Take-Off

Setelah Odi pernah sesak napas karena telat makan saat liburan ke Bali tahun lalu, saya langsung worry kalau mau take-off tapi belum makan. Untuk mensiasati kalau lagi buru – buru mau terbang, malamnya saya selalu menyiapkan beberapa tangkup roti isi keju untuk mengganjal perut. Serius deh, pas Odi kena gerd itu saya panik karena nggak tau harus gimana. Kalau sekarang sih udah agak lega karena sudah tau kalau sebelum naik pesawat perutnya harus diisi makanan dulu.

Baca: Sesak Napas Karena Telat Makan

  • Double Check Data Di Tiket

Karena dulu pernah salah pilih tanggal saat mau naik kereta, saya jadi parno sendiri. Pernah lho sampai 10 kali mengulang baca tiket supaya nggak salah ahaha. Apalagi kalau salah baca gate untuk take off. Nggak lucu kan lari – larian dari gate berapa ke berapa karena keliru baca gate sama nomer kursi huhuhu.

Yups, itu dia tips mudik nyaman dengan pesawat terbang ala PutriKPM. Semoga bermanfaat untuk teman – teman yang ingin mudik. Oh ya, ngomong – ngomong soal tips, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan lagi buat VLOG COMPETITION lho! Hadiahnya nggak nanggung – nanggung, ada ratusan merchandise, belasan Xiaomi Yi, 2 Go Pro Hero dan 3 Paket Wisata Raja Ampat! Untuk mekanisme lombanya bisa dilihat di bawah ini atau klik http://www.selamanya.id. Periode 1 akan berakhir di tanggal 19 Juni 2017 dan periode kedua akan dimulai dari tanggal 10 Juli – 21 Agustus 2017. So tunggu apalagi, yuk ikutan lombanya!

IMG-20170608-WA0006 IMG-20170608-WA0008

putrikpm-footer

 

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *