5 Hal Penting Agar Traveling Tetap Hemat Ala Karyawan Kantoran

Sebagai karyawan swasta yang bekerja dari Senin ke Jumat, dikejar – kejar deadline sudah menjadi rutinitas sehari – hari. Kalau lelahnya sudah datang, rasanya saya males ngapa – ngapain. Apalagi kalau sudah lihat postingan teman – teman yang lagi liburan. Pernah pertahanan saya ambruk, saya bad mood berhari – hari sampai badan ikut – ikutan ngambek dan demam. Nggak karuan banget deh rasanya! Terus saat tiba – tiba pacar atau teman ngajakin traveling, badan mendadak sehat wal afiat! Dari seminggu bahkan sebulan sebelum pergi, tubuh saya fit dan kerjaan cepet banget kelarnya. Heran deh, ini badan paham banget sih kalau mau diajak traveling. Sejak saat itu, saya rutin kasih reward liburan untuk diri sendiri. Nggak harus liburan ke tempat – tempat mainstream, cukup staycation di hotel juga udah bikin saya happy.

Tapi yang namanya karyawan kantoran, berlibur nggak segampang itu. Selain minta cutinya ribet, nabungnya juga nggak sebentar. Maklum-lah, gaji karyawan kantoran macam saya gini berapa sih? Apalagi sekarang saya lagi nabung untuk biaya pernikahan. Ya ampun, biaya resepsi sama biaya DP apartemen kayaknya mahalan biaya resepsi deh. *tjurhat detected*

Setelah hampir 2 tahun hobi traveling kesana – kemari, saya jadi punya belajar beberapa hal. Traveling ala karyawan kantoran pasti nggak jauh – jauh dari budget hemat alias mepet. Walaupun budget nge-pas, toh liburan saya selama ini selalu menyenangkan. Selesai liburan nggak stress karena tabungan masih sisa banyak dan badan sama pikiran udah fresh lagi. Sebelum ambil cuti dan packing, perhatikan 5 hal berikut supaya traveling tetap hemat.

***

Nggak Perlu Jauh Dari Ibukota

Pas tubuh lagi capek – capeknya dan otak udah sumpek, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah berlibur secepatnya. Nggak pengen kan pas lagi liburan yang udah diidam – idamkan eh malah kejebak macet atau tempat wisatanya penuh? Yaudah, mending yang deket – deket Jakarta dulu aja. Saya lebih memilih Bandung. Kenapa? Selain masih termasuk ‘dekat’ dengan Jakarta, biaya liburan disana masih cenderung terjangkau dibanding kota besar lainnya di Indonesia. Harga tiket keretanya aja masih 100 ribuan dengan jarak tempuh 3 jam. Jadi, kapan mau liburan?

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Jalan Braga Bandung, Oktober 2016

***

Liburan Nggak Harus Ke Tempat Wisata

Staycation alias stay on vacation alias cuma bobo – bobo manja di kamar hotel juga termasuk liburan lho gaes! Soalnya, nggak perlu ribet bangun pagi buat buka laptop dan balesin email. Sarapan aja disiapin dan tinggal nyuap ke mulut. Nggak perlu heboh beresin kamar karena udah diberesin sama helper. Dan masih banyak segudang kebahagiaan yang bikin wajah sumringah selama staycation. Selain itu, dengan staycation aja tanpa pergi ke lokasi wisata bisa menghemat budget banget – bangetan. Anak kantoran pasti paham banget lah gimana bahagianya ngeluarin uang sedikit demi kenyamanan yang tiada tara? Dijamin setelah staycation langsung bisa ngerjain kerjaan tanpa harus mepet deadline. Hahaha boong deng, malah makin nggak fokus kerja karena keasikan liburan hahaha.

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Staycation di Yogyakarta, Mei 2016

***

Pilih Kamar Hotel di Zen Rooms

Untuk yang emang pengen traveling ke berbagai destinasi atau sekedar staycation, pasti setuju kalau pilih kamar hotel nggak bisa sembarangan. Pengennya sih yang nyaman, fasilitas lengkap, bersih, stafnya helpful tapi harganya nyaman juga dikantong. So I suggest you to try Zen Rooms. Kenapa Zen Rooms? Karena kamar yang affordable banget bahkan ada yang cuma 100ribuan kalau promo! Selain harganya yang bikin dompet bisa bernapas lega, kamar – kamar yang disediakan Zen Rooms terjamin kebersihan dan kenyamanannya. Bersih dan nyaman pastinya jadi faktor W sebelum menentukan kamar hotel kan? Stafnya juga pastinya helpful. Apalagi amenities yang disediakan sesuai dengan kebutuhan. Karyawan mana sih yang nggak kepengen liburan hemat tapi nggak bikin repot?

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Why Zen Rooms?

Apalagi websitenya mobile friendly, cocok kalau misalnya mau pesen kamar hotel meski sinyal ndet – ndetan. By the way, saya sudah beberapa kali nginep di Zen Rooms. Waktu ke Bali dan ke Yogya, beberapa kali nginepnya di hotel – hotelnya Zen Rooms. Kamarnya bersih, fasilitasnya lengkap, lumayan lah kualitas bintang lima harga masuk akal. Hotel yang tersedia itu bener – bener banyak dan tersebar di berbagai destinasi favorit. Di Jakarta ada lebih dari 50 hotel, lebih dari 290 hotel di Bali, 60an lebih hotel di Bandung dan 9 hotel di Bogor. Nggak hanya di Indonesia, Zen Rooms juga memiliki kamar di luar negeri seperti Singapore, Bangkok, Manila hingga Sri Lanka. Semakin banyak pilihan lokasinya, semakin nggak sabar buat liburan kan?

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Zen Rooms Jimbaran Bali

Oh ya, Zen Rooms sekarang ada aplikasi mobilenya juga lho gaes. Buat yang pengen tiba – tiba ambil cuti dan staycation dadakan, mendingan download deh. Saya udah download di Android saya. Dan langsung galau kalau liat promo – promo harga kamar yang didiskonnya gila – gilaan! Jangan salahin saya kalau sudah download terus bawaannya mau liburan terus ya gaes hihihi.

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms

***

Nggak Perlu Beli Oleh – Oleh

Namanya juga liburan ala karyawan, temen – temen kantor pasti paham lah kalau balik dari liburan nggak bawa apa – apa. Ya walaupun nantinya bakalan disindir – sindir, tapi ya lumayan lah irit budget. Mending budget oleh – oleh dialihkan buat nyobain makanan khas di tempat liburan. Kalau bener – bener mager alias pengen manja – manjaan di kasur hotel, pesen aja delivery. Enak kan?

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Mei 2016

***

Liburan Sebentar Tapi Sering

Nggak perlu ambil cuti 7 hari sekaligus gaes, mending sehari – sehari tapi sering. Saya sering ambil cuti hari Jumat. On the way liburan dari Kamis malem dan balik Minggu siang. Jadwal liburannya tiap 3 – 4 bulan sekali. Alhamdulillah sampai detik ini saya masih waras meskipun dikejar deadline dan permintaan klien ina inu. Intinya sih, berliburlah sebelum badan dan otakmu meminta. Semakin sebentar durasi liburannya, semakin hemat kan biaya yang dibutuhin?

Traveling Hemat Dengan Zen Rooms
Pantai Kuta, Mei 2016

Yes, itu dia kelima hal penting yang harus diperhatikan agar traveling tetap hemat. So gaes, kapan mau liburan? Ayoklah lihat indahnya sunset dipinggir pantai atau sekedar bangun siang di atas kasur hotel yang empuk! Sebagai karyawan kantoran, kita juga berhak bahagia lho hihihi. Anyway teman – teman pernah curi – curi waktu untuk liburan dengan hemat budget? Share yuk cerita kamu!

putrikpm

66 thoughts on “5 Hal Penting Agar Traveling Tetap Hemat Ala Karyawan Kantoran

  1. “…berliburlah sebelum badan dan otakmu meminta.” ini oke banget, mbak Put. Selama ini saya ‘liburannya’ di depan atau belakang rumah aja, ngebon sambil lihatin bunga yang mekar satu-satu di taman kecil depan atau belakang rumah. Tapi ide liburan sering-sering biarpun sebentar, boleh juga dipertimbangkan 😉

  2. Liburraaan…
    Impian banget ini mah..

    Saya gak kerja alias full-time mommy. Kl mau liburan nunggu anak liburan dan suami free.

    Bener banget kl download apps kece ini yaa..biar tetap hemat saat berlibur meskipun tanpa rencana.

  3. Agree! Liburan nggak perlu lama, yang penting sering 😀
    Trus biaya hotel dan oleh-oleh emang dua hal yang bisa ngurangin cost selama liburan. Hotel nggak perlu mahal, yang penting bersih dan nyaman 🙂

  4. Aku udj 2 kali kam nginep di zenrooms. Yg pertama pas traveling hemat ke Bandung. Dan kedua kalinya staycation di Zenrooms Mampang Tendean. Msh pingin cobain Zen Rooms yg ada kolam renangnya. Harganya gilak ih murah tapi ngga murahaan

  5. Aku envy banget sama kamu Puuut, puaasss liburan semenjak masih single.
    Aku mah dulu nggak punya duit, pas udah punya duit anaknya udah dua, hahahaha.
    Mimpi banget deh bisa liburan berdua aja sama suami. Tapi anak-anak dikemanain dong? Wekekek.

    Yasudahlah, sambil nunggu anak-anak besar, sekarang mah enjoy aja liburan bareng mereka. Toh ya kalau anak-anak seneng, ortunya lebih seneng lagi.
    Lagi pengen banget ke Bali nih, nyari Zen Rooms yang ada kolam renangnya, asik banget pasti ya.

    1. Muahahaha iya nih alhamdulillah bisa liburan kesana – kemari :))))
      Ajak aja anak – anaknya, staycation di Zen Rooms yang fasilitasnya lengkap kan bisa menghemat budget mbak 🙂

  6. Yeay seru. Kamu mah udah sering jalan2. Aku dong pengen juga. Btw, liat-liat websitenya, Zenroom ini lebih murah daripada kamar yang lain yang sejenis, ya. Kudu nyoba nih sesekali..

  7. Toss mba ,aku juga karyawan yg suka curi2 utk liburan.. tp kalo aku cumat malam balik minggu malam kadang senennya bolos masuk hahaha… tips nyaa kerenn semua mba putri. Btw selamat yaa mbaa… jd pengen liburan bareng hihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *