IBX581FD685E3292
in Now You Know, Reportase

5 Tips Menambah Followers Di Instagram Ala Lulu Elhasbu

at
wardah-at-ifw

Minggu lalu, saya sempat diundang datang ke photography workshop yang diadakan Wardah di area Indonesian Fashion Week 2016 (IFW), di Jakarta Convention Center. Saya super excited karena seumur – umur belum pernah datang ke IFW hahaha. Dan makin excited karena workshop kali ini bakalan diisi sama Lulu Elhasbu, which is one of my favorite hijab model.

Indonesian Fashion Week by Wardah

Saya memang nggak ada gambaran sama sekali tentang IFW, karena emang nggak pernah tertarik untuk datang. Makanya pas pertama kali saya sampai di pintu utama, saya takjub. JCC hari Sabtu itu ruameeee banget. Banyak para fashionista yang tampil fashionable dan ready to shoot yang berjejer manis dan bergerombol bareng temen – temennya. Saya yang hari itu emang nggak ready – karena betis saya lagi sakit parah sehabis event, cuma pakai kaos dan rok pendek plus sneakers warna gonjreng, jadi ngerasa saltum abis – abisan hihihi. Tapi karena emang niatnya mau belajar dan ketemuan bareng beberapa teman – teman beauty blogger, saya nekat masuk dan tetep PD sekalipun salah kostum hihihi.

Indonesian Fashion Week by Wardah - Capture Your Moment 2016

Indonesian Fashion Week by Wardah - Capture Your Moment

Indonesian Fashion Week by Wardah - Capture Your Moment 2

Saat masuk ke IFW, saya nggak langsung mencari mini stage tempat digelarnya workshop dari Wardah ini. Saya mampir sebentar ke stand Wardah yang letaknya persis di depan pintu masuk IFW.  Stand Wardah memang membuka penjualan produk ditambah dengan bagi – bagi diskon bagi para customer. Sebenernya udah gatel banget sih pengen beli Wardah Two Way Cake – favorit saya, baca reviewnya disini: Wardah Two Way Cake Review, dan Lip Palette. Tapi saya masih ada beberapa bedak dan lipstick yang belum kepake jadi niat belanja kalapnya bisa saya tahan dulu hihihi.

Indonesian Fashion Week by Wardah - Capture Your Moment 2016_

lipstick wardah at Indonesian Fashion week

Selesai ngeliatin semua produk yang di-display di booth Wardah, saya langsung menuju ke mini stage yang berada di agak pojok belakang. Setelah registrasi, saya bergabung dengan beberapa teman beauty blogger yang sama excited-nya dengan saya menanti sharing seru dari Mbak Lulu. Anyway, Mbak Lulu adalah seorang fashion blogger yang sudah bekerjasama dengan Wardah kurang lebih sekitar 3 tahunan. Berawal sebagai seorang model muslimah di Zaura Models dan mendirikan Indonesian Hijab Blogger, Lulu Elhasbu akhirnya bekerjasama dengan brand Wardah. And for your information, Instagramnya Mbak Lulu followers-nya udah mencapai angka 289K. Sedangkan saya baru seperberapanya aja ya hahahaha. Makanya saya beneran penasaran banget sama tips & tricks dari Mbak Lulu untuk mendapatkan followers yang loyal dan murni alias nggak beli – beli hihihi. Penasaran apa aja tipsnya Mbak Lulu?

Lulu Elhasbu at Indonesian Fashion Week by Wardah

Lulu Elhasbu at Indonesian Fashion Week by Wardah 1
Mbak Lulu Elhasbu, cantik yah :3
  • Consistent

Karena perkembangan dunia digital, dan semakin banyaknya bermunculan blogger plus pengguna media sosial yang baru, jadi kita harus konsisten sama apa yang kita lakukan. Supaya followers semakin familiar dan loyal kalau sering melihat postingan kita di timeline-nya. Jadi, rajin – rajinlah bikin postingan di media sosial supaya punya kesempatan untuk menambah followers. Bagi Mbak Lulu, konsisten adalah kunci dari kesuksesan. Makanya Mbak Lulu selalu memuaskan mata pengikutnya dengan rutin update Instagramnya setiap hari.

  • Know your interest

Kita bisa menjadi siapa aja dan apa aja di media sosial, tapi saran dari Mbak Lulu kita tetap harus punya benang merah dari semua postingan yang akan ditulis atau dishare. Misalnya, sejak dulu sampai saat ini, fokus postingan Mbak Lulu akan seputar fashion dan beauty. Karena kedua dunia tersebut adalah passion-nya. Jadi semua postingan di Instagramnya Mbak Lulu nggak asal jepret aja. Semuanya terkonsep dan dibuat dengan niat, jadi hasilnya memuaskan.

  • Make-out with your camera

Saya beneran setuju sama tips yang satu ini. Seberapa pun banyaknya foto yang diambil tapi kitanya nggak make-out sama kameranya, hasilnya nggak akan maksimal. Untuk dapat chemistry sama satu kamera, perlu waktu yang lumayan lama loh. Karena kita harus bisa mencintai diri sendiri atau objek yang akan difoto, barulah kita bisa nemuin angle yang pas untuk motret. Dan hasil fotonya pun pasti bakalan sesuai dengan keinginan kita.

  • Don’t do it yourself

Kalau kebanyakan DIY itu jadi tren yang kudu ditiru, beda cerita kalau mau menghasilkan foto yang bagus. Selain selfie, usahakan untuk selalu meminta bantuan orang lain saat ingin berfoto. Selain hasilnya lebih fokus – karena biasanya yang suka ambil foto sendiri bakalan shaking dan berakibat ngeblur, kita juga bisa menentukan gaya sesuai dengan yang kita mau.

  • Use the best camera and the best apps

Nggak bisa dipungkiri kalau jenis kamera yang digunakan emang ngedukung banget dengan hasil sebuah foto. Bandingin deh bedanya hasil foto pakai kamera saku dengan mirrorless ataupun DSLR. Hasilnya pasti bakalan beda, apalagi kalau pakai ponsel. Makanya, rajin – rajinlah menabung supaya bisa beli mirrorless idaman hihihi. Kalau saya pribadi, udah cukup happy sama Nikon Mirrorless yang baru saya beli beberapa bulan lalu. Emang sih, saya lagi nabung lagi untuk beli lensanya yang harganya lebih mahal dibanding body-nya hahaha.

Oh ya, selain pemilihan kamera, pemilihan aplikasi edit foto juga jadi hal yang krusial. Nggak mau kan nge-post foto yang warnanya gelap, banyak noise dan kayaknya gimana gitu. Saran dari Mbak Lulu, gunakan beberapa aplikasi editing seperti VSCOcam. Ini juga termasuk aplikasi andalan saya sehari – hari. Oh ya, plus hindari penggunakan beautify camera atau efek – efek mempercantik yang berlebihan. Karena kesannya bakalan fake dan nggak natural.

Lulu Elhasbu Instagram
Followersnya :3

Banyak banget ilmu yang saya dapet dari photography workshop yang diadakan Wardah di IFW 2016 kemarin. Sayangnya, salah satu pembicaranya, Afida Sukma yang merupakan seorang beauty photographer nggak bisa hadir. Tapi tetep, ilmu – ilmu dari Mbak Lulu cukup easy to do jadinya bikin saya happy!

Ccw3VAUUEAQ-idc
Courtesy from Wardah

Anyway, selain mengisi acara photography workshop di mini stage, keikutsertaan Wardah kali ini lumayan special loh. Soalnya, Wardah mendapat kesempatan sebagai official make-up & hair do di Indonesian Fashion Week 2016. Dan tema yang dipilih Wardah adalah CO[L]ORDINATION dengan misi mengajak setiap perempuan untuk menonjolkan karakter dan kecantikan diri melalui lima gaya make-up yang terinspirasi oleh lima keindahan alam di Indonesia. Kelima gaya make-up tersebut adalah Glow, Stone, Flame, Sky dan Flow. Rangkaian acara yang disiapkan Wardah dalam IFW tahun ini pun beragam,  mulai dari make-up class with Carolina Septeria yang merupakan MUA dari Wardah, photography workshop with Lulu Elhasbu, beauty talkshow with dr. Sari Chairunnisa dan fashion show yang berkolaborasi bareng Barli Asmara, Dian Pelangi, Ria Miranda dan Zaskia Sungkar.

Setelah baca tips Mbak Lulu, saya jadi pengen mengurangi hal – hal negatif di media sosial saya, terutama Instagram sih. Mulai sekarang, yuk kurangi postingan – postingan nggak mutu dan abal – abal. Dimulai dari memikirkan konsep setiap postingan agar pembaca nggak kabur dan tetep menjadi followers yang loyal. Thanks for having me, Wardah! See you on my Now You Know post!

header delapankata

42 Comments

  1. Ipeh Alena

    Nah, aplikasi ini nih mba. Yg sering2 malah foto2ku burem ajegile. Pantes ga ada yg ngelirik -__-

    16 . Mar . 2016
  2. Desy Yusnita

    Waktu Ngobcan kmrn jg seneng banget ketemu dia. Humble bgt org nya dan ilmunya bener2 aplicable bgt buat aku yg newbie begini.

    16 . Mar . 2016
  3. Sri Luhur Syastari

    Mulai sekarang ga sembarang upload lagi deh.. Hihi thankyu mbak putri ^-^

    16 . Mar . 2016
  4. Aprillia Ekasari

    Foto2ku malah apa adanya huhuhu. Oh ya Mbak ada tips gak gmn caranya bikin foto yg instagramable walaupun pake kamera hp? Blm ada dana beli kamera nih hiks #malahcurcol :))

    16 . Mar . 2016
  5. Fanny F Nila

    Punya IG udh lama, tapi GA aktif :p. Cuma sekarang ini udh niat MW mulai aktif di IG sih.. Pgnnya fokus di foto2 kuliner Dan traveling sesuai blog :D.

    16 . Mar . 2016
    • PutriKPM

      Semangaaat 🙂

      16 . Mar . 2016
  6. Belliani

    Makasi udah sharing. ^^ VSCAM itu aplikasi edit photo untuk android kah mbak?

    http://www.aloha-bebe.com

    16 . Mar . 2016
    • PutriKPM

      VSCOCam itu aplikasi olah foto untuk di smartphone 🙂

      16 . Mar . 2016
  7. Nurul Fitri Fatkhani

    Hmm..berpikir keras nih, untuk konsep yang mau digunakan.
    Makasih sharingnya ya Mak.
    Yang paling penting konsisten ya.. ☺

    16 . Mar . 2016
  8. helenamantra

    Seneng lihat instagram fees mba Lulu. Cantik semua gitu..
    Berarti harus makin terkonsep ya, ga buru2 upload foto. Thanks for sharing Putri!

    16 . Mar . 2016
  9. Choirul Huda

    beliau 289k followersnya?
    beda dikit sama saya yang udah 279 (k-nya diilangin) he he he

    btw seneng liat foto2nya mbak meski ga ngerti soal kosmetik 🙂
    hi hi hi

    16 . Mar . 2016
  10. Susindra

    TIPSnya keren… terima kasih sudah berbagi mbak Putri

    16 . Mar . 2016
  11. Levina Mandalagiri

    waaah…saya ngidam mirrorless.
    fotonya Lulu emang cakep-cakep, seneng lihatnya.

    16 . Mar . 2016
  12. Uci

    Makasih yah sharingnya 🙂 semangat ^^ mirrorless etaa pengen nyobain makenyaa huhu

    16 . Mar . 2016
  13. Anita Makarame

    Yg sulit mgkn don’t do it yourself ya mbak.
    Serasa pengen punya asisten pribadi kayak artis2 yg bisa ambil candid tapi tetep cantik. Xixi

    16 . Mar . 2016
  14. Ade anita

    Kadang mikir… yg nentuin foto keren itu perlengkapan kitaa atau selera kita sih?

    16 . Mar . 2016
    • echaimutenan

      selera kalau aku..tapi ini kan jatuhnya buat jadi influencer mbak ade

      16 . Mar . 2016
  15. echaimutenan

    vsocam emang kece… aku juga beberapa kali pake
    tapi lagi nabung buat beli,………..kamera xD

    16 . Mar . 2016
  16. Molly

    Suka main Instagram tapi belum bisa rutin posting setiap hari. Kadang bolong sehari, kadang 2 hari kalo pas sibuk ga menentu.. hihihi. Tapi setuju dengan harus mikirin konsep buat postingan IG kita, biar lebih rapi :).

    17 . Mar . 2016
  17. Ratna Dewi

    Selalu suka sama foto-foto Kak Lulu, orangnya juga humble banget dan nggak sombong. Pas ngobcan kemaren dia ikutan nimbrung sama peserta sebelum acara mulai dan malah memperkenalkan diri ke satu per satu yang udah hadir. Padahal mah siapa gitu yang nggak tau dia, selebgram bok.

    17 . Mar . 2016
  18. lialathifa

    terimakasih infonya mak, harus nabung lagi saya nih hehe.. oiya wardah makin tajam ya brandingnya 🙂

    17 . Mar . 2016
  19. Rinrin Rinjaniah

    Hmmm, ig gue campuran jadi pastinya susah dapat follower yah. Hihihi, gue juga masih belum nemu passion gue apaan
    Hmmm

    17 . Mar . 2016
  20. istiadzah

    Wah, aku kalo dipotoin malah kadang jelek. -____- Bagusan moto sendiri karena ada konsepnya. 😀 😀

    17 . Mar . 2016
  21. liaharahap

    Nabung dulu beli kameranya hehehehe

    17 . Mar . 2016
  22. Lidha Maul

    makasih sharingnya mbak putri (atau putri aja kali ya) plus info aplikasinya plus selamat atas kamera barunya en semoga dapetin lensanya

    17 . Mar . 2016
  23. Ardiba

    Wih. Kayak blog, instagram jg kudu punya niche ya? Sip. Sip.

    17 . Mar . 2016
  24. noe

    Kak Putri, pinjem mirrorless dong buat motretin @abangranu yang follower ig nya belum banyak nih. Haha

    17 . Mar . 2016
  25. Naqiyyah Syam

    Wow keren nih tipsnya, acarnya juga mantap. Foto2nya juga jreng banget sukaaa

    17 . Mar . 2016
  26. Dita

    wahhh makasih udah bikin postingan ini, aku kmren diundang tapi gak pede dateng hahaha….takut diusir 😛

    17 . Mar . 2016
  27. witriprasetyoaji

    Kereennn Mbak 🙂
    Terima kasih ilmunya…

    17 . Mar . 2016
  28. rani yulianty

    waaah, seru yah acaranyanya, tipsnya oke banyak buat nubie kayak saya yang postingnya masih abal-abal hehehe

    17 . Mar . 2016
  29. zata ligouw

    gak dateng ke acaranya tapi tetep dapet ilmunya, makasih ya Puttt….

    17 . Mar . 2016
  30. IndahJuli

    Nambah ilmu lagi, kudu mikirin konsep instagram juga nih, biar nggak acak kadul dan baal-abal 🙂
    Thanks sharingnya, Putri.

    17 . Mar . 2016
  31. Eka

    Makasih ilmunya mba 🙂 …
    IG ku masih acakk kadut gado gado :v …

    17 . Mar . 2016
  32. Yesi

    interest dan konsepnya sih udah dapet untuk upload foto-doto di instagram tinggal konsistennya aja nih biar tambah banyak followersnya hehe, makasih mba info tips2nya 🙂

    17 . Mar . 2016
  33. nyonyasepatu

    jadi ini nih ya rahasianya 🙂 tapi beberapa udah dilakukan cuman koq gak nambah2 yaaa huhu 🙂

    btw…salam kenal

    17 . Mar . 2016
  34. pahalaguru

    Tips nya membantu banget ya..

    17 . Mar . 2016
  35. dwi sari

    Kelebihan VSCOcam dibanding aplikasi lainnya apa ya? Sempet menggunakannya sih, tp kmrn sata uninstal krn mnrt saya ya sama aja ya spt filtering di IGny hihihi apa saya yg kudet LOL.
    Tfs ^^

    18 . Mar . 2016
  36. evrinasp

    hasil foto2 mbak Putri makin kece sekarang, masalahnya instagram ku masih campur aduk nih mbak

    18 . Mar . 2016
  37. Reni Dwi Astuti

    Terima kasih sharingnya mbak…sambil manggut2 dan nginget instagram sendiri yg acak adut… mbayangin juga punya kamera DSLR…

    18 . Mar . 2016
  38. Inayah

    Semangaat ahh nabungnya..mirrorless

    18 . Mar . 2016
  39. Mengintip Dapur Digital CNI Indonesia, Mulai Dari Pembuatan Konten Sampai Kerjasama Dengan Blogger – PUTRIKPM // a daily life blog

    […] harus up to date sama perkembangan industri ini. Oh ya, beberapa hari lalu saya pernah nulis soal 5 tips meningkatkan followers di Instagram. Yang ngerasa followers Instagramnya belum sebanyak CNI Indonesia, boleh loh dibaca – baca […]

    24 . Mar . 2016

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *