IBX581FD685E3292

Mie Arirang, Mie Instan Buatan Lokal Bercita Rasa Khas Korea!

Mie Arirang, Mie Instan Buatan Lokal Bercita Rasa Khas Korea!

Semenjak liburan ke Korea kemarin, setiap hari bawaannya flashback mulu deh. Apalagi gara – gara stock foto yang masih ada banyak banget. Iya, banyak banget yang belum diupload ke social media hahaha. Tapi emang bener sih, Korea itu kayak magnet banget untuk saya. Suasananya, pemandangannya sampai makanannya. Sayangnya, kebanyakan restoran asli di Korea nggak punya label halal dan sulit sekali mencari tempat makan yang memang halal kecuali di Itaewon, pusatnya komunitas muslim di Korea. Saking sulitnya mencari kuliner halal, saya sampai nggak sempat berburu mie Korea yang katanya enak itu huhuhu.

Baca: KOREA TRIP: Jakarta – Korea 24 Jam!

Semacam balas dendam, pulang ke Indonesia saya langsung ngambek sama Odi minta ditemenin ke supermarket untuk beli mie Korea yang famous itu. Pas banget baru mau ambil 2 bungkus, ada ibu – ibu yang berdebat di dekat saya. Si Ibu A ini ngasih tau ke Ibu B kalau ternyata mie Korea itu belum ada label halalnya. Nah lho, saya malah jadi ikutan nguping obrolan si ibu dan akhirnya ikutan ngecek label halal di packaging mie-nya. Dan ternyata emang belum ada, yaudah deh batal beli mie Korea-nya dan bad mood seharian.

Barulah beberapa hari ini saya nemuin mie yang packagingnya mirip sama mie Korea yang gagal saya beli. Namanya Arirang, mie instan buatan lokal yang membuat saya penasaran. Soalnya packagingnya kental dengan nuansa Korea. Mulai dari pemilihan huruf Hangeul hingga logonya, semuanya mengingatkan saya dengan Korea. Dan yang terpenting, mie ini sudah dilabeli dengan logo LPPOM MUI yang menyatakan bahwa mie ini halal. Nggak pakai pikir panjang, saya akhirnya ngeborong beberapa bungkus.

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

Diproduksi oleh PT. Jakarana Tama di Bogor, Arirang merupakan produk baru asli Indonesia yang dibuat dengan konsep dan teknologi Korea. mengeluarkan 3 varian rasa. Noodle Soup Bone Marrow (Mie Instan Kuah Sup Sum Sum) yang dibungkus dengan packaging berwarna putih, Extra Hot Fried Noodle (Mie Instan Goreng Pedas) yang dibungkus dengan packaging hitam dan Tasty Chicken Fried Noodle (Mie Instan Goreng Rasa Ayam) yang dibungkus dengan packaging merah. Saking penasarannya saya dengan Arirang, saya sampai nyobain kesemua variannya. Mulai dari yang kuah, goreng sampai yang super pedas.

NOODLE SOUP BONE MARROW

Entah saya yang emang nggak update, tapi jujur saya sama sekali belum pernah mencoba mie instan dengan rasa kuah sum – sum. Jadi saya excited banget untuk mencoba mie instan yang dibungkus plastik putih ini. Dengan jenis mie yang cukup tebal dan kenyal, rasa kuahnya cocok banget di lidah saya. Creamy-nya pas, nggak eneg ataupun bikin mual meskipun cukup kental. Rasa asinnya pas sekalipun saya nggak pakai air banyak – banyak. Mie kuah yang satu ini mengingatkan saya dengan mie rebus Korea yang sering dijual di kios – kios kecil di sekitar Seoul. Mie Arirang Kuah Sup Sum – Sum ini bakalan jadi favorit untuk yang suka makanan gurih dan nggak pedas. Lebih enak lagi makannya sambil minum jeruk hangat atau es teh manis. Duh, nulis review ini bikin saya jadi ngiler sendiri hahaha.

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

TASTY CHICKEN FRIED NOODLE

Boleh jujur ya, begitu makan mie goreng ini saya jadi inget merek sebelah yang sudah populer duluan. Bedanya, mie Arirang lebih kenyal dan porsinya lebih besar dibanding kompetitor. Jadi, makan sebungkus aja sudah kenyang tanpa perlu nambah pakai nasi putih hihihi. Bumbunya pas, nggak terlalu asin, padahal saya pakai semua bumbunya. Bawang gorengnya super crunchy, jadi membuat mie goreng instan favorit keluarga saya. By the way, mie ini mengingatkan saya dengan ayam goreng yang dijual kios – kios Chicken & Beer di sekitar Myeongdong, Korea. Enak banget asli!

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

EXTRA HOT FRIED NOODLE

Sekarang kan lagi heboh banget mie yang rasa pedesnya nggak wajar. Nah Arirang juga punya versi yang pedesnya nampol. Mie goreng hot – hot ini beneran pedes banget. Saking pedesnya saya sampai menghabiskan 1 gelas air dingin dan 1 kotak cokelat dingin! Padahal biasanya saya tenang – tenang aja makan mie pedes. Malah kadang suka nambahin bubuk cabe di mie goreng saya. Tapi kali ini nyerah deh, Arirang Hot – Hot beneran parah banget pedesnya. Yang bikin saya aneh, saya kepedesan tapi bibir saya aman, nggak terasa panas sama sekali. Jadi gimana ya, pedes tapi nagih gitu. Apalagi mie-nya kenyal dan teksturnya enak dikunyah, jadi challenging banget makan mie yang packagingnya warna hitam ini. Pedes – pedes nagih!

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

By the way jadi penasaran, kalau orang asli Korea kira – kira bisa makan mie Arirang yang Extra Hot Fried Noodle ini nggak ya? Tapi kalau dibandingin dengan Toppoki yang berbagai jalan di Korea sih kayaknya bisa lah ya. Terus saya kepikiran untuk ngasih mie ini ke Ahjumma yang ngejagain guest house tempat saya menginap waktu di Korea kemarin hahaha.

Baca: KOREA TRIP: Backpackeran Di Korea!

Tips dari saya, kalau penasaran sama Arirang Hot tapi nggak terlalu suka yang pedesnya nampol, jangan masukkin semua chili sauce-nya. Cobain dulu bumbunya sedikit demi sedikit sampai nemu rasa yang menurut kamu pas dengan lidah kamu. Plus, bisa dicoba siapin susu hangat sebagai pendamping makan mie ini. Konon katanya susu hangat bisa menjadi penawar rasa pedas yang ditimbulkan cabe. Selamat mencoba!

Mie Arirang bisa dibeli di berbagai top supermarket seperti FoodHall, Farmers Market (kemarin saya nemu di Farmers Market Grand Metropolitan Bekasi), Hero, Keemchick, Foodmart, Lulu Hypermarket Cakung, hingga di toko buah modern seperti All Fresh dan Total Buah. Kalau nggak mau repot sih, pesan online saja di Tokopedia, Buka Lapak, dan Blibli. Untuk harga, lumayan agak pricey dibanding mie instan biasa yaitu sekitar Rp 10.000,- perbungkus. Tapi harganya worth it dengan pengalaman rasa makan mie khas Korea.

Setelah makan mie Arirang, saya jadi rindu lagi sama Korea. Jadi pengen balik lagi sambil bawa Arirang ke dalam koper supaya nggak galau kalau pengen mie Korea yang hot tapi sudah terjamin kehalalannya.

By the way, saya pengen buat giveaway kecil – kecilan berhadiah Mie Arirang. Caranya gampang banget! Cukup jawab pertanyaan berikut di kolom komentar ini ya:

Kenapa kamu pengen banget nyobain Mie Arirang? Dan apa varian yang sangat ingin kamu coba?

Format jawabannya: Jawaban (enter) Email (enter) Domisili.

Contoh: Karena saya pecinta mie dan pedas. Sekaligus penasaran banget gimana rasanya Arirang Extra Hot Fried Noodle.

emaildelapankata@gmail.com

Jakarta

Akan saya pilih 2 pemenang yang masing – masing bakalan mendapatkan masing – masing 1 paket mie instan Arirang berisi 1 pc Noodle Soup Bone Marrow (Mie Instan Kuah Sup Sum Sum), 1 pc Extra Hot Fried Noodle (Mie Instan Goreng Pedas), Tasty Chicken Fried Noodle (Mie Instan Goreng Rasa Ayam).

ARIRANG_MIE KOREA HALAL

Giveaway kecil – kecilan ini bakalan saya buka sampai tanggal 6 Mei 2017. Pemenang akan saya umumkan di instagram dan via email di tanggal 11 Mei 2017. Good luck dan selamat ngidam Arirang!

UPDATE: GIVEAWAY CLOSED! THE WINNER IS LEYLA HANA & WAHDINA ULFARISMA BASED ON RANDOM NAME 🙂

See you on my next post!

putrikpm-footer

Find me on Twitter | Instagram | Facebook



81 thoughts on “Mie Arirang, Mie Instan Buatan Lokal Bercita Rasa Khas Korea!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.