IBX581FD685E3292
in Financial Journey, sponsored post

Kenalan dengan Pluang S&P 500, Investasi Asal Amerika Serikat Dari Pluang

at
investasi-asal-amerika-kini-ada-di-pluang

Setelah menikah, ada banyak hal yang saya pikirkan masak-masak sebelum mengambil tindakan. Selain karena uang pendapatan yang dicampur dengan suami, kami juga mulai memikirkan masa depan untuk hidup dengan anak hingga kakek nenek. Salah satu hal yang saya dan suami pikirin banget adalah tentang perencanaan keuangan. Mulai dari menabung, mencatat pengeluaran dan pemasukan harian hingga bulanan, sampai memilih instrumen investasi yang pas untuk kami berdua. Jujur, sejauh ini kami berdua masih memilih investasi di logam mulia dan mulai berpikir untuk mempelajari dunia per-saham-an.

Baca: Cara Mengelola Keuangan Ala Nenek Saya

Pas banget, Selasa lalu, saya sempat mengikuti online launching S&P 500 Index Futures bersama Pluang. Teman-teman mungkin baru mendengar kata S&P 500, ya? Sama, saya juga kok. Jadi sekalian aja saya cerita-cerita informasi yang saya dapat selama acara berlangsung, ya. Siapa tahu teman-teman ada yang butuh informasi mengenai instrumen investasi yang lagi hits satu ini.

Sebelum saya jelaskan tentang S&P 500, ada baiknya kita mengenal lebih dekat Pluang yuk. Pluang adalah platform digital produk keuangan dan investasi yang memberikan kenyamanan, keamanan, kemudahan dan terjangkau bagi para penggunanya. Saat ini, Pluang terafiliasi oleh PT PG Berjangka dan berlisensi BAPPEBTI. Saat ini, Pluang menjadi platform pertama dan satu-satunya yang menyediakan S&P 500 di Indonesia. Nah, sekarang kita bahas tentang S&P 500 ya.

Sebenarnya, apa sih S&P 500 itu? S&P 500 adalah produk berjangka yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange, bursa berjangka terbesar di dunia yang berlokasi di Chicago, Amerika Serikat. 

Lho, kok jauh banget ya kita beli indeks di luar negeri? Justru itu yang jadi key point-nya. Siapa sih yang nggak setuju kalau Amerika Serikat adalah negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia bahkan sejak 1871 dan diprediksi (sekaligus kenyataannya) bakalan terus bertumbuh. Selama 10 tahun terakhir, saham di Amerika Serikat telah meningkat pesat dengan ditunjukkan oleh S&P 500.

Nah, sebagai insight, nggak semua perusahaan bisa mendaftarkan sahamnya di S&P 500, lho. Perusahaan terpilih yang bisa bergabung di S&P 500 harus memenuhi beberapa ketentuan, diantaranya wajib memiliki kantor pusat di Amerika Serikat, melaporkan laba positif selama 4 triwulan terakhir, memiliki kapitalisasi pasar sama dengan atau lebih dari US$3,7 Miliar, serta telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun.

Dari berbagai hal positif dan menarik dari S&P 500, nggak berarti investasi ini minim risiko ya. Investasi ini lebih cocok untuk jangka panjang dan tidak disarankan untuk investasi menggunakan dana darurat atau dana mendesak. Karena risikonya ini juga, pihak Pluang dan beberapa artikel lainnya menyarankan nasabahnya untuk menggunakan dana nganggur atau memang berencana berinvestasi dalam waktu lama.

Setelah baca-baca, saya jadi makin tertarik mengenal lebih jauh tentang Pluang S&P 500. Apalagi dengan Pluang, proses berinvestasi Micro E-Mini S&P 500 Index Futures sangat mudah dan cepat. Penjualan dan penarikan dana juga bisa dilakukan secara real time alias nggak nunggu-nunggu. Proses pembelian Pluang S&P 500 adalah sebagai berikut: dana disetor ke Pluang dan akan langsung diteruskan ke akun segregate PG Berjangka, lalu kemudian diteruskan ke PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga transaksinya lebih aman, cepat dan terjangkau.

Seru ya belajar investasi baru kayak gini. Saya sendiri jadi pengen cari tahu lebih dan lebih tentang Pluang serta S&P 500. Buat saya yang baru nikah setahunan dan mulai mikirin biaya buat pendidikan anak kelak, kayaknya cocok nih kalau uangnya saya ‘mainkan’ di instrumen ini. 

Teman-teman ada yang sudah pernah kenalan sama S&P 500 atau dengan Pluang? Yuk coba juga download aplikasi dan share ceritanya di kolom komentar ya, biar kita berbagi informasi dan belajar bareng!

putrikpm

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.