IBX581FD685E3292
in #PutriOdiLoveStory, About My Life, healthy

Meningkatkan Mood Selama Bekerja Dari Rumah Bareng Pasangan

at
meningkatkan-mood-selama-bekerja-dari-rumah-bareng-pasangan

Kantor saya dan Odi resmi menetapkan aturan Work From Home alias bekerja dari rumah untuk seluruh karyawannya sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi di Indonesia atau sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar resmi ditetapkan di Jakarta. Awalnya sempat bingung dan takut, apa kami bisa survive dan betah di rumah? Maklum, sejak lulus kuliah, kami berdua sudah terbiasa menjadi pekerja 9 to 5 yang bangun pagi dan bersiap-siap menghadapi macetnya Jakarta.

Seminggu pertama work from home, rasa deg-degan saya dan suami terbukti. Kami bosan luar biasa dan nggak bisa bekerja dengan efektif. Ada saja momen-momen kerja harus terganggu karena membantu orang tua di rumah. Iya, tinggal bersama orang tua saat masa-masa kerja di rumah memang lumayan tricky karena orang tua kami belum terbiasa melihat kami sibuk di depan laptop berjam-jam. Disangkanya sih cuma ketik-ketik “doang” jadi sedikit-dikit dipanggil untuk ngelakuin A lah, nanti disuruh B lah, padahal saya dan suami sedang sibuk-sibuknya bekerja. Atau kadang suasana rumah nggak mendukung untuk bekerja, AC nggak dingin, tayangan TV lagi seru-serunya padahal kerjaan lagi banyak-banyaknya. Ya ampun, asli deh. Banyak banget ini itu yang ngegganggu jadwal kerja kami selama bekerja di rumah.

Nggak, saya nggak mengeluh, tapi kalau begini terus rasanya pekerjaan kami berdua nggak akan sesuai ekspektasi. Bisa-bisa nggak kelar, dan bahkan nggak ada ide untuk bekerja. Padahal kami berdua bekerja di posisi yang dituntut untuk berpikir kreatif. Bahkan kalau sama-sama capek, saya dan suami nggak jarang sering adu argument dan berakhir dengan “awkward moment”. Duh, gimana bisa diem-dieman sama suami kalau dua-duanya sama-sama WFH dan nggak bisa keluar rumah?

Di minggu kedua, saya dan suami akhirnya sepakat untuk ngobrol lebih “intim”. Kami saling memberi saran demi efektifitas kerjaan masing-masing dan demi kesehatan mental selama masa work from home ini. Setelah ngobrol dan melakukan banyak hal, akhirnya kami jadi terbiasa dan justru menikmati momen-momen bekerja dari rumah. Ternyata enak lho, yang tadinya kerja ditemani teman-teman aja, sekarang bisa ditemani suami hahaha.

Untuk teman-teman yang masih struggling dengan kebiasaan baru bekerja dan beraktivitas di rumah, saya dan Odi punya beberapa tips yang mungkin bisa dicoba bersama pasangan untuk meningkatkan mood selama bekerja dari rumah.

Olahraga Pagi

Hal-Hal Ini Bikin Hepi Selama Diam Di Rumah

Hal sepele yang sebenarnya sungguh menyenangkan saat dilakukan sehabis bangun tidur – apalagi bareng suami tercinta. Selama masa bekerja di rumah, saya dan suami rutin jalan kaki di pagi hari sembari berjemur tipis-tipis dan menghirup udara segar yang jarang-jarang dirasakan bagi penghuni Jakarta. Olahraga pagi kami beneran cuma jalan-jalan muterin komplek tiap pagi, tapi langsung bikin on fire sebelum bekerja lho.

Memasak

Happy Soya Oil Minyak Goreng Sehat

Hal yang belum pernah saya dan suami lakukan di hari kerja kalau bukan karena masa-masa bekerja di rumah seperti sekarang. Biasanya saya dan suami masaknya ya sendiri-sendiri, sekarang apa-apa berdua. Poin positifnya saya jadi tau kalau passion saya justru baking alias bikin-bikin kue dan pastry, kalau suami tentu masak makanan sehari-hari. Gara-gara masak bareng pasangan ini juga bikin komunikasi saya dan suami semakin baik dan semakin mengenal pribadi masing-masing. Aneh ya, padahal masak mah cuma masak aja, tapi bikin mood bekerja juga makin baik karena rasa bahagia bisa membuat makanan sehari-hari bersama yang tercinta. Ihiy.

Belanja Bahan Pokok

Selama masa diam di rumah, belanja kebutuhan pangan setiap minggu ke supermarket menjadi hal mewah yang saya dan suami lakukan belakangan ini. Gimana nggak mewah, yang tadinya tiap hari ke luar rumah, sekarang kudu nahan-nahan diri untuk keluar. Seminggu sekali aja rasanya seneng banget. Meskipun dilakukan dengan serba cepat dan mengurangi interaksi dengan orang lain, tapi belanja ke supermarket bersama pasangan di masa pandemi benar-benar momen pacaran yang bikin mood naik banget. Kami harus berbagi tugas untuk mencari kebutuhan sehari-hari dengan cepat di supermarket atau pasar supaya nggak harus berlama-lama di luar rumah.

Belanja Online

Untuk mengurangi aktivitas di luar rumah – termasuk membeli pakaian baru untuk lebaran, saya dan suami memutuskan untuk belanja online bersama. Biasanya sih saya beli barang online mah beli aja, ngomongnya kalau barangnya sudah sampai. Sekarang apa-apa beneran diomongin dan diputuskan bersama. Barangnya perlu nggak, bagus nggak, cocok nggak, sesuai budget nggak. Apapun dibicarain berdua dan ternyata justru bikin kami semakin kompak. Saya dan suami sudah semakin paham selera dan keinginan masing-masing. Kalau begini nanti-nantinya nggak akan bingung kalau mau beliin salah satu dari kami pakaian atau peralatan lain yang bisa dibeli online. Selain itu, kami berdua juga bisa saling mengetahui kebutuhan masing-masing tanpa harus kode-kodean lagi hahaha.

Nonton TV Sebelum Tidur

Iya, momen ini beneran baru bisa terwujud selama WFH. Tadinya sih kami tidur mah ya tidur aja, kadang suami tidur duluan dan saya belakangan. Sekarang sih selalu tidur bareng dan suami selalu nungguin saya untuk tidur karena kami punya momen nonton TV bareng sebelum tidur. Setelah dua bulan lebih melakukan rutinitas ini, saya dan suami malah menunggu momen-momen ini. Saat kami sama-sama nggak sibuk dengan dunia masing-masing, dan akhirnya bobok bareng bikin mood bekerja kami berdua jadi lebih baik keesokkan harinya.

Kelima rutinitas baru yang saya dan suami lakukan beneran bikin mood bekerja kami jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami berdua pun seperti mulai paham dengan kesibukkan masing-masing. Ternyata ada banyak hal positif yang bisa dilakukan berdua sama pasangan di masa-masa stressful seperti saat ini.

Semoga tipsnya berguna untuk dicoba di rumah ya. Atau, jika teman-teman merasa kesehatan mentalnya benar-benar terganggu selama masa work from home, coba deh cari tahu lebih jauh dengan membaca artikel atau referensi terpercaya seperti yang saya temukan di Halodoc. Selain artikel tentang kesehatan mental, di Halodoc juga tersedia banyak artikel penting tentang kesehatan, obat dan vitamin, alamat lengkap dan nomor telepon rumah sakit, hingga bisa chat dengan dokter yang kompeten. Selain via website, Halodoc juga bisa diakses via aplikasi lho. Ingat ya, segera cari bantuan jika teman-teman membutuhkan bantuan dari ahlinya, apalagi kalau berhubungan dengan kesehatan.

Terima kasih sudah baca cerita saya kali ini ya. Sehat-sehat semuanya!

putrikpm

1 Comment

  1. olive - olivelatuputty.com/blog

    walau stressful time ttp happy ya Mba:)

    27 . Jun . 2020

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.