IBX581FD685E3292

MITOS DAN FAKTA SEPUTAR ANYANG-ANYANGAN

MITOS DAN FAKTA SEPUTAR ANYANG-ANYANGAN

Entah dari kapan, saya lagi tertohok banget sama pepatah, “Biasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa.” Kenapa? Karena ada kebiasaan buruk saya yang sebenernya nggak boleh dilakukan tapi tetep aja jadi hal yang rutin saya lakukan berkali-kali: nahan buang air kecil.

Kebiasaan jelek ini saya mulai dari SD, gara-gara salah satu guru saya punya kebiasaan merokok di toilet dan saya yang alergi asap rokok langsung no no ogah pipis di toilet sekolah. Akhirnya setiap kepengen pipis langsung ditahan sebisa mungkin supaya bisa buang air kecil di rumah.

Awalnya, saya santai aja sama kebiasaan itu, sampai suatu hari saya kena gejala infeksi saluran kemih alias ISK dan langsung rasanya tobat banget nggak mau nahan-nahan pipis lagi. Rasanya tuh saluran kencing wanita saya panas dan perih, perut bagian bawah kayak kembung dan yang paling parah setiap pipis pasti rasanya kesiksa banget. Apalagi saat lagi kena ISK saya jadi sering buang air kecil. Kebayang nggak sih penderitaannya? Setelah 3 hari nggak ada perubahan, akhirnya saya ke dokter untuk periksa saluran kemih. Dan hasilnya saya positif kena infeksi saluran kemih sehingga harus bed rest selama 1 bulan full.

Ternyata penyakit ISK ini nggak sekali dateng di hidup saya, beberapa tahun lalu terulang lagi dan kali ini lebih parah. Saya sampai nggak bisa bergerak atau bangun dari tempat tidur karena emang sesakit itu. Sampai nangis berulang kali dan teriak-teriak ke Nenek lalu kami pun bingung berdua harus gimana. Waktu itu belum ada taksi online dan mobil lagi dibawa Kakek pergi jadi ya saya hanya berdua sama Nenek. Akhirnya saya coba tahan dengan memberi kompres air hangat di bagian bawah perut. Lumayan berkurang sih rasa sakit akibat anyang-anyangan tapi tetep aja saya kesiksa banget!

Keesokkan harinya saat di dokter, selain obat-obatan plus antibiotik, dokter juga meresepkan satu box kapsul Prive Uricran. Waktu itu saya pikir Prive Uricran ini semacam obat tambahan atau multivitamin, jadi ya saya minum setiap anyang-anyangan datang aja. Kalau lagi sembuh, nggak saya minum sama sekali. Dan saya baru sadar kalau tindakan saya salah setelah minggu lalu diundang gathering sambil buka puasa bareng Prive Uricran dan Blogger Perempuan.

URICRAN SOLUSI ANYANG-ANYANGAN
dr. Boy Abidin, SpOG (K)
URICRAN SOLUSI ANYANG-ANYANGAN
All Crew Prive Uricran

Bertempat di ballroom Hotel Harris Kelapa Gading, saya dan member Blogger Perempuan lainnya antusias banget mengikuti acara ini yang sekaligus sebagai acara talkshow bareng dengan dokter ganteng yang juga jadi pembawa acara Dr. OZ Indonesia, dr. Boy Abidin, SpOG (K). Dan beruntungnya saya, dr. Boy ini ngebahas tentang mitos dan fakta seputar anyang-anyangan yang selama ini sering membuat saya galau karena informasi dari internet banyak yang beda-beda.

Anyang-anyangan sebenarnya terjadi karena berkembangnya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih / kencing. Perkembangan bakteri E-coli ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah Cranberry yang kaya akan antioksidan Proantocyanidin (PAC) yang efektif mencegah infeksi saluran kemih. Antioksidan PAC ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri enggan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang juga terkandaung dalam buah ini terbukti dapat melawan serangan kanker. Tapi, kandungan tersebut kurang diserap dalam tubuh sehingga cepat dieliminasi dalam darah.

Harga buah cranberry ini lumayan mahal di pasaran dan sulit dicari membuat banyak orang nggak terlalu familiar dengan buah serba kaya manfaat ini. Combiphar seolah memahami kebutuhan masyarakat akan buah cranberry sehingga menciptakan Prive Uricran yang saat ini sudah direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan sebagai pencegah terjadi infeksi saluran kemih.
Kemarin, saat ikutan talkshow dr. Boy Abidin, SpOG (K), saya belajar banyak mengenai mitos dan fakta seputar anyang-anyangan. Saya rangkum aja ya informasinya supaya teman-teman juga jadi tahu dan bisa ambil tindakan kalau mengalami gejala anyang-anyangan.

MITOS & FAKTA SEPUTAR ANYANG-ANYANGAN

• Fakta: Dibanding pria, wanita lebih rentang terkena ISK dengan gejala yang paling sering disebut anyang-anyangan. Terbukti, 5 dari 10 wanita pasti pernah mengalami anyang-anyangan.
• Fakta: Penyebab anyang-anyangan juga terjadi karena menggunakan toilet yang kurang bersih, sering menahan buang air kecil (seperti saya ), air untuk membasuh area kewanitaan kurang bersih dan arah proses pembasuhan setelah buang air besar yang tidak benar.
• Fakta: Rutin mengonsumsi air putih bisa mengurangi sedikit resiko ISK. Minimal air yang harus diminum pun cukup banyak, kalau bisa malah lebih dari 2 liter. Kira-kira sanggup nggak buibu?
• Mitos: Penggunaan panty liners justru mengurangi resiko terkena anyang-anyangan. Justru menggunakan panty liners bisa merusak kadar asam alami yang ada di area kewanitaan dan bisa meningkatkan kadar asam sehingga cairan keputihan justru meningkat tajam.
• Mitos: Anyang-anyangan hanya terjadi pada wanita di masa subur. Kenyataannya, anyang-anyangan bisa terjadi pada orang dewasa dan juga anak-anak.

URICRAN SOLUSI ANYANG-ANYANGAN
sumber: Prive Uricran

Sebagai orang yang pernah 2 kali kena ISK, saya juga mau berbagi tips yang juga disampaikan oleh dr. Boy tentang cara mengurangi resiko infeksi saluran kemih. Catat ya!

• Rutin mengonsumsi air putih secara teratur. Kalau selama puasa, teman-teman bisa minum minimal 8 gelas dengan aturan sebagai berikut: 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas sebelum tidur.
• Mengganti pakaian dalam maksimal 8 jam sehari dan pastikan pakaian dalam terutama celana dalam selalu kering. Siapkan kain lembut atau handuk di toilet dan gunakan untuk mengeringkan bagian vital setelah buang air.
• Sedia selalu tisu kering dan tisu khusus area kewanitaan apabila traveling dan nggak yakin sama kebersihan toilet yang dipakai. Ini penting juga untuk teman-teman yang mau mudik nih.
• Rutin mengonsumsi Prive Uricran minimal 1 kapsul atau 1 sachet tiap harinya untuk mengurangi gejala ISK.

Ngomongin soal anyang-anyangan ini emang nggak akan selesai gitu aja karena kebetulan peserta talkshow mayoritas adalah perempuan. Selain nambah ilmu, saya dan teman-teman Blogger Perempuan lainnya juga saling sharing tentang masalah anyang-anyangan yang pernah kami alami. Apalagi dr. Boy dengan sabar menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman peserta talkshow.

Selesai talkshow, acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah dari Ustad Soleh Kurniawan dan diakhiri buka puasa bersama. Selama momen bukber, saya sempat mencoba meminum segelas Prive Uricran yang versi serbuk. Oh iya, saya lupa bilang kalau Prive Uricran terdiri dari 2 jenis, kapsul dan serbuk.

URICRAN SOLUSI ANYANG-ANYANGAN

URICRAN SOLUSI ANYANG-ANYANGAN

Untuk kapsul, komposisi utamanya adalah 250 mg ekstrak cranberry dengan dosis 1-2 kapsul perhari tergantung kebutuhan. Isi per box-nya 30 kapsul dan harganya lebih affordable dibanding yang serbuk. Sedangkan untuk yang versi serbuk, masing-masing serbuknya mengandung 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg vitamin C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum dengan dosis yang dapat diminum 1 – 2 sachet perhari. Isi per boxnya 15 sachet dan rasanya enak banget! Uricran versi serbuk ini rasanya segar dan nyaman di lambung. Buktinya setelah meminumnya saya sama sekali nggak ngerasa perih atau mual. Malahan ketagihan minumnya hahaha.

Selesai acara, saya sempat mampir ke pameran Watsons yang berada di atrium Mall Kelapa Gading 3 untuk membeli beberapa box Prive Uricran untuk stok di rumah.

Teman-teman yang mau lebih kenal dengan Prive Uricran, bisa cek website mereka di sini atau follow instagram @uricran.id ya!

Anyway, thanks to Prive Uricran & Blogger Perempuan yang sudah mengundang saya. Semoga informasinya bermanfaat ya guys. Sehat-sehat selalu!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.