IBX581FD685E3292

My Dream Wedding Dress

My Dream Wedding Dress

Saya tuh paling suka kalau ngebahas soal pernikahan impian. Lagian, siapa ya yang nggak suka berandai-andai? Mulai dari dekorasi, gaun yang dipakai, makanannya, souvenirnya sampai undangannya.  Tapi yang jadi concern saya belakangan ini adalah soal “wedding dress” impian saya. Mungkin karena belakangan ini saya lagi suka-sukanya ngulik soal fashion wanita kali ya jadi selalu semangat kalau lagi cari referensi dan berburu bahannya.

Selama 2 bulan belakangan, saya rutin banget buka Pinterest setiap hari dan cari kata kunci “Wedding Dress Muslim” di tombol search-nya. Banyak banget jenis-jenis gaun pernikahan yang reflek ngebuat saya bilang wow. Apalagi kalau warna dan modelnya sesuai sama bayangan saya selama ini. Langsung pengen mewek terharu huhuhu.

Tapi gak semua fashion wanita cocok dengan kriteria saya. Wedding dress impian ala saya itu harus sesuai dengan beberapa faktor yang menurut saya penting banget:

  • Jenis Bahan

Dari sekian banyak jenis bahan yang lazim digunakan untuk gaun pengantin, favorit saya tetap brocade atau yang dibaca brukat. Selain karena jenisnya yang long-lasting, kain brukat ngebuat tubuh saya yang berisi terkesan lebih slim. Bahannya yang ‘jatuh’ membuat kain brukat menempel sempurna di tubuh. Bagian-bagian tubuh juga terbentuk dan terkesan lebih proporsional. Nggak heran brukat masih sering dipakai buat baju-baju formal lainnya.

Selain brukat, kain berbahan lace juga jadi salah satu jenis kain yang jadi favorit saya. Meskipun kali ini nggak saya pakai untuk baju pengantin, tapi kain lace ini saya pakai sebagai bahan kerudung pengantin impian saya.

  • Bentuk Gaun Pengantin

Karena badan yang nggak proporsional blas (body shamming diri sendiri ya hahaha), saya lebih suka pakai gaun berbentuk A-Line Dress untuk menonjolkan bagian tubuh atas yang “menurut saya” lebih enak dilihat dibanding bagian bawahnya. A-Line Dress ini adalah gaun memanjang yang bentuknya mirip seperti garis A dan melebar kea rah bawah gaun.

Meskipun nantinya “wedding dress” saya lebih feminine dan ada unsur islaminya, saya tetap mau punya A-Line Dress dan dikasih aksen gaun yang panjang dengan penggunaan kerudung panjang menjuntai ke bawah. Duh, ngebayanginnya saya langsung mau nangis terharu. :’)

  • Warna Gaun

Sudah sejak bertahun-tahun lalu, saya pengen banget mengadakan resepsi pernikahan di malam hari. Makanya, pemilihan warna gaun itu penting banget. Tadinya, saya pengen banget warna putih karena terkesan clean dan cantik aja gitu. Terus takut gampang kotor juga hahaha. Dan akhirnya memilih warna navy blue sebagai pilihan tunggal untuk warna gaun pernikahan impian saya.

Setelah saya cari tahu, ternyata warna biru itu juga punya arti tersendiri. Dan makna terbanyaknya sih warna biru itu artinya tenang, damai, feminine, murni dan melambangkan air yang mengalir. Saya pengen banget share foto gaun pernikahan saya di sini tapi pamali ah nanti aja cek #PutriOdiLoveStory di Instagram ya!

  • Budget

Kesannya paling nggak penting karena ditaro di paling akhir, padahal ini penting banget hahaha. Walaupun kesannya gaun pernikahan impian saya itu mewah banget, nyatanya saya tetap cari cara supaya tetap on budget. Mulai dari berburu bahannya di pasar fashion wanita paling terpopuler se-Asia Tenggara, Tanah Abang, sampai berburu penjahit yang harganya bener-bener bikin senyum saking terjangkaunya. Beruntungnya, teman dekat Nenek saya itu buka jasa jahit baju, dan setelah saya konsultasiin gaun impian saya, beliau langsung menyanggupi. Rasanya bahagia banget karena budget untuk bikin gaun pengantin saya ini nggak sampai berjuta-juta. Alhamdulillah…

Baca: Lamaran Hemat Budget, Pilih Jas atau Batik?

Sebulan lagi menjelang hari pernikahan, saya semakin deg-degan! Penasaran banget untuk pakai gaun pengantin impian saya dan bergandengan tangan sama Odi yang pakai jas dengan warna senada. Ya allah, rasanya hepi banget ya. :’)

Temen-temen ada yang juga punya gaun pernikahan impian? Boleh dong dishare yang kayak gimana sih gaun pengantin impian kamu atau gimana jadinya pakaian yang kamu pakai di momen pernikahan?

Sakura Collagen Meiji Indonesia

 

 



9 thoughts on “My Dream Wedding Dress”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.