IBX581FD685E3292
in #PutriOdiLoveStory

My Dream Wedding Dress

at
my-dream-wedding-dress

Saya tuh paling suka kalau ngebahas soal pernikahan impian. Lagian, siapa ya yang nggak suka berandai-andai? Mulai dari dekorasi, gaun yang dipakai, makanannya, souvenirnya sampai undangannya.  Tapi yang jadi concern saya belakangan ini adalah soal “wedding dress” impian saya. Mungkin karena belakangan ini saya lagi suka-sukanya ngulik soal fashion wanita kali ya jadi selalu semangat kalau lagi cari referensi dan berburu bahannya.

Selama 2 bulan belakangan, saya rutin banget buka Pinterest setiap hari dan cari kata kunci “Wedding Dress Muslim” di tombol search-nya. Banyak banget jenis-jenis gaun pernikahan yang reflek ngebuat saya bilang wow. Apalagi kalau warna dan modelnya sesuai sama bayangan saya selama ini. Langsung pengen mewek terharu huhuhu.

Tapi gak semua fashion wanita cocok dengan kriteria saya. Wedding dress impian ala saya itu harus sesuai dengan beberapa faktor yang menurut saya penting banget:

  • Jenis Bahan

Dari sekian banyak jenis bahan yang lazim digunakan untuk gaun pengantin, favorit saya tetap brocade atau yang dibaca brukat. Selain karena jenisnya yang long-lasting, kain brukat ngebuat tubuh saya yang berisi terkesan lebih slim. Bahannya yang ‘jatuh’ membuat kain brukat menempel sempurna di tubuh. Bagian-bagian tubuh juga terbentuk dan terkesan lebih proporsional. Nggak heran brukat masih sering dipakai buat baju-baju formal lainnya.

Selain brukat, kain berbahan lace juga jadi salah satu jenis kain yang jadi favorit saya. Meskipun kali ini nggak saya pakai untuk baju pengantin, tapi kain lace ini saya pakai sebagai bahan kerudung pengantin impian saya.

  • Bentuk Gaun Pengantin

Karena badan yang nggak proporsional blas (body shamming diri sendiri ya hahaha), saya lebih suka pakai gaun berbentuk A-Line Dress untuk menonjolkan bagian tubuh atas yang “menurut saya” lebih enak dilihat dibanding bagian bawahnya. A-Line Dress ini adalah gaun memanjang yang bentuknya mirip seperti garis A dan melebar kea rah bawah gaun.

Meskipun nantinya “wedding dress” saya lebih feminine dan ada unsur islaminya, saya tetap mau punya A-Line Dress dan dikasih aksen gaun yang panjang dengan penggunaan kerudung panjang menjuntai ke bawah. Duh, ngebayanginnya saya langsung mau nangis terharu. :’)

  • Warna Gaun

Sudah sejak bertahun-tahun lalu, saya pengen banget mengadakan resepsi pernikahan di malam hari. Makanya, pemilihan warna gaun itu penting banget. Tadinya, saya pengen banget warna putih karena terkesan clean dan cantik aja gitu. Terus takut gampang kotor juga hahaha. Dan akhirnya memilih warna navy blue sebagai pilihan tunggal untuk warna gaun pernikahan impian saya.

Setelah saya cari tahu, ternyata warna biru itu juga punya arti tersendiri. Dan makna terbanyaknya sih warna biru itu artinya tenang, damai, feminine, murni dan melambangkan air yang mengalir. Saya pengen banget share foto gaun pernikahan saya di sini tapi pamali ah nanti aja cek #PutriOdiLoveStory di Instagram ya!

  • Budget

Kesannya paling nggak penting karena ditaro di paling akhir, padahal ini penting banget hahaha. Walaupun kesannya gaun pernikahan impian saya itu mewah banget, nyatanya saya tetap cari cara supaya tetap on budget. Mulai dari berburu bahannya di pasar fashion wanita paling terpopuler se-Asia Tenggara, Tanah Abang, sampai berburu penjahit yang harganya bener-bener bikin senyum saking terjangkaunya. Beruntungnya, teman dekat Nenek saya itu buka jasa jahit baju, dan setelah saya konsultasiin gaun impian saya, beliau langsung menyanggupi. Rasanya bahagia banget karena budget untuk bikin gaun pengantin saya ini nggak sampai berjuta-juta. Alhamdulillah…

Baca: Lamaran Hemat Budget, Pilih Jas atau Batik?

Sebulan lagi menjelang hari pernikahan, saya semakin deg-degan! Penasaran banget untuk pakai gaun pengantin impian saya dan bergandengan tangan sama Odi yang pakai jas dengan warna senada. Ya allah, rasanya hepi banget ya. :’)

Temen-temen ada yang juga punya gaun pernikahan impian? Boleh dong dishare yang kayak gimana sih gaun pengantin impian kamu atau gimana jadinya pakaian yang kamu pakai di momen pernikahan?

Sakura Collagen Meiji Indonesia

 

 

24 Comments

  1. Ternyata, Begini Ya Rasanya Jadi Bridezilla! | Putrikpm.com

    […] Baca: My Dream Wedding Dress […]

    30 . Oct . 2018
  2. inunrzh

    Pas akad pake baju dr kain yg dikasih calon suami, warna sesuai keinginanku, model jg sesuai keinginanku, terkesan biasa tapi rasanya bahagiaaaa bangeeet…

    30 . Oct . 2018
  3. Caroline Adenan

    Entah kenapa sampe skrg bahan brokat dan lace aku suka ketuker2 diantara keduanya wkwkwk… abis hampir2 mirip 🙂
    Tapi kalo aku sih kalo buat wedding lebih suka mix antara brokat dan organdi plus batik ding 😀

    Anw, semoga dilancarkan prosesnya yaaaa. :))

    13 . Nov . 2018
  4. andiyani achmad

    wedding dress aku dulu tetep model kebaya buat luarannya tapi dalamannya itu gaun 2 pieces, atasnya kemben bawahnya rok A line warna putih tulang. Ada mote-mote keliling pinggir rok gitu hehhe.

    13 . Nov . 2018
  5. Elly Nurul

    Waktu aku nikah dulu.. inginnya nuansa putih pada saat akad nikah dan nuansa gold saat resepsi dan Alhamdulillah terwujud, untuk model 10 tahun yang lalu belum banyak model, jadi lebih pilih ke warna dan motif yang sederhana tapi tetap anggun.

    Btw, masih 1 bulan lagi toh nikahnya, jangan-jangan sama nih tanggal pernikahannya sama aku.. hehe aku juga akhir november

    13 . Nov . 2018
  6. Endah Kurnia Wirawati

    wahhh sebulan lagi??? semoga lancar hingga ijab qabulnya ya mbak. bahagia dan langgeng selalu dunia akhirat. Amin!
    gaun pengantin idaman saya? belum kepikiran tuh. mungkin karena masih single. hehehe

    13 . Nov . 2018
  7. Nchie Hanie

    Aiih, cantik banget Put gaun impiannya, semoga dilancarkan sampai hari H yaa.
    Btw waktu aku nikah pake kebaya gold , ngetrend pada jamannya hahhaaa

    13 . Nov . 2018
  8. cerite si mpo

    Wedding dress impian mpo ,simple yang bisa membuat mpo terlihat langsing, tapi keluarga menginginkan busana tradisional . jadi pilih mana ? Hahaha saya yang jadi bertanya

    14 . Nov . 2018
  9. Reh Atemalem

    Aku ga sabar pingin liat hasil persiapan panjangnya kalian deh Put.
    Semangat menuju Hari H yaaa

    14 . Nov . 2018
  10. maya rumi

    gaun nikah aq masih ada sampai sekarang, disimpen rapi di lemari. Untuk nikah aq waktu itu pakai kebaya warna broken white, kebayanya beli nggak buat sih karena nggak semmpet buat jahit2. kalau aq sejujurnya lebih suka nikah itu dengan pakaian adat sih, lebih sakral gitu menurut aq mah.

    semoga lancar sampai hari H kak putri,

    16 . Nov . 2018
  11. gita siwi

    Akh ikut haru nih. Jadi ingat juga kebaya nikah dan pakaian adat kawinan hahaha. Good luck kakak putri cantik. Lancar ya

    16 . Nov . 2018
  12. unggulcenter

    aamiin! bagus n cantik bajunya!! ditunggu tulisan wedding party nya yaaaa

    18 . Nov . 2018
  13. Kurnia amelia

    Semoga lancar sampai hari H ya kak Put,, kalau wedding dres impian sih aku pengennya yang simple aja gabmau banyak mute mute gitu soale riweuh sendiri liatnya hehe.

    19 . Nov . 2018
  14. @nurulrahma

    Putriii, kece buangeett ini model wedding dress nya
    Semoga lancar yaaa utk akad, resepsi dll
    dan jadi keluarga sakinah mawaddah warohmah

    19 . Nov . 2018
  15. Honey Josep

    semoga lancar persiapannya sampai rangkaian acara di hari H ya Putri!

    19 . Nov . 2018
  16. Siti nurjanah

    Pernikahan impian itu selalu ada di benak dan angan kaum perempuan. Pemilihan wedding dress yg cantik dan menjadikan ratu sehari. Kalau saya sih pertimbangan budget hal apapun menjadi landasan awal mba 🙂

    19 . Nov . 2018
  17. Nurul Dwi Larasati

    Wah..bahagia banget nih mba Putri kalau sampai pakai wedding dress impian. Serasa putri sejagat nggak sih..semoga lancar semua urusan menjelang hari pernikahan.

    19 . Nov . 2018
  18. ivonie

    Pas akad nikah, akupun pakai kebaya dengan bahan kain brukat pemberian suami. modelnya milih berdua hehehe

    19 . Nov . 2018
  19. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Kalau aku sih memang dulu menginginkan gaun pernikahan menggunakan kebaya dan pokoknya yang emamg jawa banget. Karena selain berdarah Jawa, impian memiliki kebaya nikahan pun terwujud dan memang aku dibuatkan oleh penjahit yang super kece banget.

    20 . Nov . 2018
  20. Tuty saca

    Alhamdulillah. Aku kesampaian dong menikah dengan gaun impianku. Design sendiri, cari bahan sendiri. Bahaagiaaaaa bangeett

    22 . Nov . 2018
  21. Liswanti

    Selalu senang baca yang mau menikah. Apalagi saat membicarakan dress. Semoga dilancarkan sampai Hari H ya mba

    25 . Nov . 2018
  22. Fania surya

    Ciee… yang udah persiapan wedding dress nih. Pasti ciamik banget nih wedding dressnya. Moga lancar ya kakak.

    26 . Nov . 2018
  23. Wian

    Kebaya impian ak waktu itu, kebaya yang memang dibuat khusus aku (gak mau sewa), modelnya simpel ada taburan awarovskinya.

    26 . Nov . 2018
  24. yayat

    Moga lancar persiapannya kakak.. saya dulu juga ngalamin ribetnya nyiapin pernikahan.. dulu.. beberapa puluh taun lalu heheheh

    27 . Nov . 2018

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.