IBX581FD685E3292
in sponsored post, Technology

Tentang Paket BIZ, Solusi Berbisnis Dari XL Business Solutions

at
paket-biz-dari-xl-business-solutions

Belakangan ini saya lagi on fire banget kalau diajak ngebahas tentang entrepreneurship. Dari kecil, saya sudah sering banget nemenin Nenek belanja barang untuk dijual lagi. Pas SMP, saya malah jadi akuntan ciliknya beliau. Seluruh barang yang dibeli saya labeli lalu saya catat harga jualnya. Dan setiap ada yang laku, saya juga yang tulis di buku kecil yang kini sudah nggak jelas ada di mana.

Jiwa pedagang saya makin keasah ketika lulus SMK dan melanjutkan kuliah sembari kerja. Ada rasa bahagia dan penasaran setiap nemuin barang yang kemungkinan bisa dijual lagi dan menguntungkan. Sempat menjajal jualan binder yang bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Jadi bindernya bisa didesain dengan gambar karakter atau warna yang diinginkan. Alhamdulillah, bisnis kecil-kecilan ini sempat membuat saya berhasil punya hape BB Gemini yang saat itu lagi hits-hitsnya.

Bosan jualan binder, saya memilih untuk memulai usaha jam tangan costumized. Hampir mirip seperti binder, bagian dalam jam tangannya bisa diubah-ubah gambar sesuai dengan keinginan. Hanya butuh waktu beberapa hari saja dagangan saya laris manis. Bahkan pernah ada pelanggan yang memesan 100 buah jam tangan sekaligus. Rasanya seneng banget saat bisnis e-commerce kecil-kecilan saya berkembang baik. Waktu itu, online shop saya bernama Trilodi yang diambil dari nama belakang saya dan suami – yang waktu itu masih berstatus sebagai pacar versi LDR. :’)

Baca cerita LDR saya di sini: 5 Alasan Kenapa LDR Itu Hubungan yang Spesial!

Dulu, jualannya via Facebook aja udah rame banget 😀

Lama kelamaan, jualan saya mulai nggak keurus. Terlalu banyak pesanan yang sejalan dengan semakin banyaknya tugas kampus membuat saya menyerah dan menutup permanen Trilodi Shop. Sedih banget. Rasanya separuh jiwa saya hilang saat itu juga. Namun, pendidikan masih menjadi hal nomor 1 yang saya utamakan saat itu. Jadinya ya mau nggak mau harus dikorbanin juga deh toko onlinenya.

Tapi, selama menjalani berbagai macam bisnis, beberapa kendala dasar yang saya alami adalah mahalnya biaya internet yang justru jadi sumber pendapatan saya. Paket internet sekian giga dengan harga sekian puluh ribu membuat saya harus putar otak dan menyisihkan sebagian hasil penjualan untuk biaya pulsa. Sedih sekaligus bingung, kalau hape saya nggak ada internet, bagaimana mau jualan? Mungkin perasaan yang sama juga dirasakan para pelaku UMKM di Indonesia yang usahanya bergantung dengan internet.

Doa-doa saya dan para pelaku UMKM seperti diiyain sama XL Axiata. Provider favorit yang sudah menemani saya 2 tahun terakhir semenjak akhirnya memutuskan pakai XL Prioritas ini punya gebrakan baru yang ngebuat hati para UMKM jadi agak lega. Soalnya, XL Business Solutions akhirnya resmi mengeluarkan Paket Biz yang diperuntukkan untuk yang butuh koneksi internet dan jaringan telekomunikasi demi mendukung bisnisnya lancar terus.

Paket BIZ ini adalah hasil gabungan antara XL Axiata dengan Office 365 dari Microsoft. Harga paketnya mulai dari Rp 49 ribuan dengan kuota 5 GB, unlimited telepon dan sms ke sesama XL hingga Rp 499 ribu untuk BIZ Infinity dengan kuota data internet unlimited dan gratis paket Office 365. Menurut Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Kirill Mankovski, produk Paket BIZ ini diharapkan mampu mendorong pemanfaatan layanan data di semua kalangan pelaku usaha bisnis yang secara tidak langsung akan meningkatkan roda perekonomian di tingkat daerah hingga pusat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by XL Business Solutions (@xlbusinesssolutions) on

XL Business Solutions nggak hanya kasih solusi Paket BIZ yang menyesuaikan kebutuhan para pelaku bisnis, tapi juga mengapresiasi UMKM yang memiliki ide dan konsep yang keren serta out of the box dengan membuat kompetisi #AsliJago. Kompetisi ini mengajak para pelaku industri kreatif Indonesia di sektor industri: kuliner, foto dan video, travel, kesenian, eCommerce, fashion, teknologi, otomotif serta event organizer untuk unjuk gigi dan berpartisipasi terhadap perkembangan bisnis kreatif. Dengan tema “Buktikan Bakat Bisnismu”, XL Business Solutions akhirnya memilih 9 finalis dari 100 submission yang sesuai dengan kriteria penilaian. Ke-9 finalis memang beneran jago sih, karena mereka sudah melewati serangkaian tahap yang dijuriin sama para juri kece yaitu ada Anton Ismael, founder Third Eye Space; Leonard Theosabrata, founder Bright Spot MRKT dan The Goods Dept, serta ada  Lucy Wiryono yang memiliki Holycow Steakhouse by Chef Afit.

Ke-9 finalis terpilih adalah Maharani Sabrina dari Sushi Kita (kategori kuliner), Fardi Yandi dari Social Kreatif (kategori foto dan video), Angela Asriana Kurniawan dari Bit’s and Bob’s (kategori fashion), Jasmine Ainal Muthia dari Lala Market (kategori EO), Muhammad Khoirul Anam dari Kun Anta (kategori eCommerce), Anak Agung Ngurah Indra Parameswara dari Puku Camper (kategori travel), Faisal Azmi Ardika dari Gulaliku (kategori kesenian), Budi Agus Santoso dari Prohr (kategori teknologi), dan Aji Supratman dari Vespa Fan Art (kategori otomotif).

PAKET BIZ DARI XL BUSINESS SOLUTIONS

Beruntungnya saya, kemarin sempat bertemu langsung dengan ke-sembilan finalis sekaligus mendengarkan sharing seru seputar bisnis bareng teman-teman dari XL Business Solutions di Kantorkuu Coworking & Space, Kuningan – Jakarta. Acara yang bertajuk business sharing siang itu cenderung santai dan informatif. Para finalis diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan masukkan demi peningkatan kualitas dari Paket BIZ. Oh ya, ke-9 finalis ini sudah mencoba menggunakan Paket BIZ dan menurut mereka memang ini solusi untuk kelancaran bisnis mereka. Bahkan para finalis juga berterima kasih sama XL Business Solutions karena berhasil meluncurkan paket BIZ dan bekerjasama dengan Office 365 dari Microsoft.

Oh ya, dari ke-9 finalis, saya langsung penasaran sama Kun Anta! yang berhasil menciptakan produk lokal dengan kualitas yang oke banget. Mereka ini punya premium body wash yang sudah mulai dijual di e-Commerce kenamaan. Yang bikin saya semakin penasaran dengan produknya, Kun Anta! mengutamakan kehalalan bahan baku yang digunakan. Dan salah satu wewangian yang bikin pengen punya itu es krim. Untung sudah gajian, langsung deh saya beli dan nanti bakalan saya review ya setelah pakai langsung produknya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kun Anta! (@kunantaid) on

Sungguh hari yang inspiratif dan membuat semangat berbisnis saya muncul lagi. Jadi penasaran mau cobain Paket BIZ untuk kerja sehari-hari, nih. Saya lagi scrolling lebih banyak di akun instagram XL Business Solutions supaya semakin yakin mau buka usaha lagi atau gimana. Misalnya nih Trilodi Shop muncul lagi. Enaknya saya jualan apa ya? Binder lagi atau jam tangan lagi?

Sakura Collagen Meiji Indonesia

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.