IBX581FD685E3292

Tips Aman dan Nyaman Solo Traveling dengan Kereta Api

Tips Aman dan Nyaman Solo Traveling dengan Kereta Api

Trend solo traveling memang lagi hangat-hangatnya dilakukan untuk mengisi liburan. Nggak harus ke luar negeri, kok, ada banyak tujuan yang indah di tanah air untuk dikunjungi. Nah, untuk menghemat bujet, nggak jarang yang memilih untuk pesan tiket kereta ketimbang pesawat terbang. Biar tetap aman dan nyaman, terutama saat harus menempuh perjalanan panjang, ada baiknya kamu lakukan beberapa tips berikut ini:

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

KOREA TRIP: Backpackeran Di Korea!

Saat ini, pesan tiket kereta api nggak harus datang ke loket tapi bisa melalui online. Selain mudah dan praktis, terkadang ada promo yang bisa dimanfaatkan sehingga bisa menekan bujet perjalanan. Supaya liburan lebih nyaman, hindari melakukan perjalanan saat peak season alias musim liburan. Selain resiko penuh, harganya pun jadi lebih mahal.

Sebelum melakukan pemesanan tiket kereta api, matangkan dulu rencana perjalanan yang dimiliki. Buat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi lalu cari akses transportasi dari stasiun kereta api terdekat untuk menghemat biaya perjalanan melalui aplikasi pemesanan tiket online seperti Traveloka.

Packing dengan Cerdas

solo traveling putrikpm

Namanya juga solo traveling, urusan menenteng barang bawaan harus dilakukan seorang diri. Supaya nggak repot, jangan membawa terlalu banyak barang yang akan mengganggu mobilitas. Selain itu, risiko barang tertinggal atau dicuri pun jadi lebih besar karena sulit mengawasi banyaknya tas.

Sebaiknya, kemas pakaian dan barang-barang penting lainnya, seperti obat-obatan dan dokumen penting di ransel. Sedangkan uang tunai, ATM, tiket, ponsel, dan kamera disimpan dalam tas kecil yang lebih mudah dibawa.

Bawa Bekal Makanan Sendiri

solo traveling putrikpm

Urusan pesan tiket kereta api sudah beres, kini saatnya mempersiapkan solo traveling pertamamu. Mengingat perjalanan yang cukup panjang, bawa bekal makanan secukupnya agar terhindar dari perut yang kosong.

Hindari membawa nasi atau mie yang rentan bau, sebaiknya bekali diri dengan roti, biskuit gandum, dan kacang-kacangan yang ampuh mengganjal perut. Jangan lupa juga membawa air mineral agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga tubuh tetap segar.

Datang ke Stasiun Lebih Awal

KOREA TRIP_backpackeran di korea

Walau bisa pesan tiket kereta via online, tapi bukan berarti bisa datang mepet atau bahkan terlambat. Cek kembali jadwal kereta api dan sebaiknya datang 30 menit lebih awal. Selain dapat mempersiapkan hal-hal penting seperti check in dan mencetak boarding pass, kamu pun jadi lebih santai dan nggak terburu-buru.

Tetap Waspada

Tetap waspada merupakan kunci melakukan solo traveling dengan aman dan nyaman. Selain menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan, jangan lepaskan pandangan dari barang bawaan. Jika ingin meninggalkan kursi kereta api sejenak, jangan mudah percaya dengan orang-orang di sekitarmu. Bawa tas kecil berisi barang berharga dan jika perlu gembok ransel dan letakkan di bagasi yang ada di atas kepala.

Gunakan beberapa tips berikut ini yang akan mempersiapkanmu mengalami serunya solo traveling. Selamat mencoba!

Sakura Collagen Meiji Indonesia

 



27 thoughts on “Tips Aman dan Nyaman Solo Traveling dengan Kereta Api”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.