IBX581FD685E3292

Cewek Traveling Sendirian? Kenapa Enggak!

Cewek Traveling Sendirian Kenapa Enggak

Sering banget ada yang memicingkan sebelah mata saat saya sedang boarding di bandara atau stasiun. Mungkin banyak sih yang mikir, ngapain sih cewek pergi sendirian? Nggak takut diculik? Nggak takut nyasar? Nggak takut kenapa – kenapa? Kalau boleh jujur, traveling sendirian itu sebenernya seru banget! Bisa mengeksplor banyak tempat wisata, kuliner dan beli oleh – oleh sepuasnya sendiri. Sambil bawa tentengan, koper ataupun ransel, saya masih sempet – sempetin bawa kamera. Shoot sana, shoot sini, foto berbagai hal yang menarik sudah menjadi kebiasaan mengisi waktu luang sebelum keberangkatan. Walaupun emang sih, banyak banget ribetnya apalagi kalau mau bikin Vlog, makanya saya gagal mulu dan nggak pernah jadi Vlognya ahahaha.

Bagi saya, traveling sendirian itu bagian dari me time yang menyenangkan. Apalagi kalau traveling ke destinasi impian kayak beberapa bulan lalu yang akhirnya saya berhasil ke Gunung Bromo. Kalau misalnya teman – teman mau belajar traveling sendirian untuk pertama kalinya, saya punya tips penting yang harus dilakukan saat traveling sendirian!

Koper atau Ransel, Bawa Seperlunya Aja!

Dulu sih pertama kali traveling sendirian, saya selalu bawa koper. Maksudnya sih biar gampang nenteng kesana kemari dan nggak ribet. Padahal kenyatannya ukuran koper yang luas membuat saya jadi latah bawa apa aja, termasuk barang – barang yang nggak perlu. Jadi yang perlu dilakukan sebenernya memilah – milah barang penting yg harus dibawa. Ambil ransel atau koper yg ukurannya kecil atau sedang, terus masukkan barang – barang yang perlu dibawa. Kalau memungkinkan mencuci pakaian, mending bawa pakaian secukupnya aja. Misalnya mau pergi selama seminggu, mungkin bawa 3 helai atasan dan 2 celana panjang juga cukup. Asal nggak main kotor – kotoran aja sih hahaha.

In fact, kalau menggunakan koper atau ransel dengan ukuran besar, tangan jadi latah banget asal main masukin barang. Padahal sebenernya barangnya juga nggak diperluin, misalnya syal atau topi pantai. Kalau pergi sendirian mah bawa barang wajib aja biar nggak ribet.

Keep calm and stay awesome! 😛 Captured by the one and only, Bapak Abulsky @akbrod 😝

A photo posted by PUTRIKPM (@kpmputri) on

Buat Itinerary Sendiri

Siapa bilang traveling sendirian justru bikin management waktu berantakan? Sebelum pergi, siapin dulu daftar tempat wisata yang pengen dikunjungi. Kalau bisa, tulisnya pakai spidol warna supaya kita jadi semangat dan excited gitu hihihi. Dan selalu bikin rute perjalanan searah supaya nggak banyak waktu terbuang cuma karena muter – muterin jalan.

Beli Tiket Dari Jauh – Jauh Hari

Saya selalu beli tiket kereta atau tiket pesawat 60 hari sebelum pergi. Alasannya sih sederhana banget, semakin cepet beli tiket, kita bakalan dapet harga lebih murah dibanding beli tiket dadakan. Kalau saya sih lebih suka beli tiket di Tokopedia karena lebih cepat prosesnya. Jadi pas ke stasiun, saya cuma perlu cetak tiket dan boarding pass. Simpel kan?

Siapkan Rencana Cadangan

Pengennya sih setiap tempat wisata yang didatangin selalu bikin puas dan sesuai yang kita mau, ya nggak? Tapi ada kalanya kadang cuaca nggak mendukung atau ada banyak faktor yang bikin traveling sendirian jadi ribet. So, siapkan rencana cadangan. Misalnya hujan deres yang nggak memungkinkan untuk jalan ke pantai, terus pilih aja kafe lucu, unik dan makanannya enak di dekat pantai supaya tetep bisa menikmati suasana liburan hihihi.

Pilih Hotel Ramah Cewek

Kalau misalnya takut tidur sendirian, pilih aja hotel yang bersifat dormitory alias tidurnya rame – rame. Selain emang lebih murah, dorm hotel bisa menambah temen bahkan kadang bisa kenalan dengan wisatawan dari luar negeri. Seru ya? Tapi kalau mau nginep di hotel umum juga nggak apa – apa sih. Baiknya saat check-in bilang sama staff hotel kalau kamu traveling sendirian. Biasanya sih, hotelnya akan memilihkan kamar yang dekat dengan lift atau tangga atau dekat dengan kolam renang. Asyik, kan?

A photo posted by PUTRIKPM (@kpmputri) on

Beli Oleh – Oleh Secukupnya

Namanya juga traveling sendirian, jadi kapasitas bawa barang juga terbatas. Teman – teman dan keluarga juga maklum kalau kita pulang dengan oleh – oleh secukupnya. Saran saya sih, uangnya mending dipakai untuk mencoba berbagai kuliner khas tempat sekitar atau untuk dipakai mengunjungi berbagai destinasi favorit di daerah tersebut.

Selalu Waspada Dengan Sekitar

Karena traveling sendirian otomatis nggak ada orang yang kita kenal selama perjalanan. Jadinya ya harus pinter – pinter bawa diri. Membaur dengan lingkungan dan nggak menggunakan barang atau pakaian yang mencolok. Nggak perlu lah pakai perhiasan yang mencolok. Cukup pakai kaos biasa, celana jeans dan sepatu kets. Simpel tapi nyaman dipakainya.

Intinya selama traveling sendirian, kita harus dengerin hati sama badan. Mau pergi kemana aja selama sanggup ya sah – sah aja sih. Asal nggak memaksakan tubuh untuk bergerak berlebihan. Kalau mau mencoba, usahakan untuk cari info sebanyak – banyaknya tentang tempat wisata yang akan dikunjungi. Semoga tips di atas bisa diikuti dan bermanfaat bagi temen – temen ya! Anyway, temen – temen ada yang sudah pernag traveling sendirian? Share your thoughts and happy holiday!

putrikpm



49 thoughts on “Cewek Traveling Sendirian? Kenapa Enggak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.